Diperbaharui pada Kamis, 9 Februari 2017 | 17:16

Berapa Harga Honda HR-V, Si Perebut Hati Pecinta SUV ?

Harga Honda HR-V termurah jatuh pada HR-V1.5 A MT yang berada dikisaran Rp254 jutaan. Sedangkan tahta tertinggi harganya ada pada Honda HR-V 1.8 CVT Prestige yang dibanderol Rp373.800 juta.

Saat ini model sport utility vehicle (SUV) menjadi trend masyarakat Indonesia karena bodinya yang besar dan macho, performanya yang dahsyat serta desain yang menawan. Masyarakat sangat menyukai SUV karena kemampuannya yang mampu melibas pelbagai medan, mengingat jalanan di Indonesia tidak semuanya mulus.

Pelan tapi pasti, penjualan SUV meningkat dan menunjukan tren positif. Saat ini fungsi SUV mengalami pergeseran, SUV yang mengandalkan ketangguhan kini beralih ke mobil keluarga yang memiliki daya angkut penumpang yang sama dengan MPV serta irit bahan bakar.

SUV terdiri dari banyak kelas ada yang kelas entry level dengan desain bodi yang compact atau crossover, SUV kelas menengah hingga kelas premium. Di Indonesia, Honda sebagai pabrikan mobil terbesar dunia mengandalkan crossover Honda HR-V untuk merebut hati pecinta SUV.

Honda pertama kali memamerkan Honda HR-V atau Honda Vezel pertama kali hadir pada ajang Tokyo Motor Show 2013. Kemudian, Honda resmi meluncurkan Honda HR-V di Indonesia pada 2014 dan sukses memimpin pasar SUV kelas entry-level serta mengalahkan pesaingnya yaitu Toyota Rush, Daihatsu Terios, dan Nissan Juke.

Sebagai bentuk komitmennya, Honda pun merakit SUV Honda HR-V di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Selain itu, produksi Honda HR-V di dalam negeri bisa menekan biaya operasional dan biaya produksinya.

Honda HR-V adalah SUV andalan Honda lainnya selain Honda CR-V yang sudah lebih dulu melenggang di pasaran. Di Indonesia sendiri, Honda meluncurkan Honda HR-V pada 2014 dan berhasil membuka pasar baru bagi Honda di Indonesia.

Honda HR-V langsung mencuri perhatian publik lewat desain yang gagah dan sporty. Yuk! Mari kita bahas satu persatu spesifikasi Honda HR-V:

Desain Eksterior Honda HR-V 2017

Jika dilihat dari tampilan fisiknya, desain Honda HR-V sangat gagah dan sporty. Honda HR-V mengusung konsep desain body "Dynamic Cross Solid" yang menampilkan desain mobil yang sporty, solid, kokoh dan berkarakter modern.

Meskipun, sepintas tampang Honda HR-V mirip dengan Honda CR-V. Honda HR-V memiliki headlamp berteknologi LED Projector plus DRL. Desain gril depannya, Honda HR-V mengusung tema Solid Wing Face dengan yang maskulin.

Sisi samping, Honda HR-V memiliki bodi siluet yag tajam pada body dan menandakan ketangguhan mobil serta Side Skirt berdesain kompak mengikuti alur body.

Untuk lampu bagian belakang, Honda HR-V mengusung sistem Rear Combination Lamp dengan LED. Tidak ketinggalan antena yang berbentu sirip hiu terbalik yaitu Shark Fin Antenna dan Sporty Tailgate Spolier dengan LED Mount Stop Lamp. Spion Honda HR-V sudah bergaya sporty berteknologi Power Retractable Door Mirror dengan LED Turning Signal.

Masalah kenyamanan ekstra, Honda HR-V mengusung sistem suspensi berkualitas tinggi. Untuk suspensi depan, Honda mengusung sistem suspensi MacPherson Strut. Sedangkan, suspensi belakangnya menggunakan sistem suspensi H-Shape Torsion Beam.

Honda HR-V mengusung teknologi Rack and Pinion with Electronic Power Steering yang membuat gaya berkendara semakin nyaman. Honda HR-V mengandalkan pengereman cakram berventilasi udara untuk rem depan dan solid disk untuk rem bagian belakang.

Honda HR-V juga memiliki teknologi pengereman ABS+EBD dengan Brake Override System dan Brake Assist (BA). Honda juga memasang seatbelt di setiap jok kursinya.

Berbicara ruang bagasi, ruang bagasi Honda HR-V cukup lega dan bisa menampung barang bawaan lebih banyak. Honda HR-V memiliki dimensi panjang 4.294 mm, lebar 1.722 mm dan tinggi 1.580 mm. Dimensi Honda HR-V sangat cocok untuk kebutuhan sehari-hari karena dimensinya tidak terlalu besar dan cocok untuk berkendara jarak jauh.

Desain Interior Honda HR-V 2017

Setelah eksterior, kini kita membahas desain interior. Untuk sektor interior, Honda HR-V memiliki bahan material bagus dan menampilkan kesan mobil elegan dan modern.

Desain interior Honda HR-V 2017 mempunyai warna hitam elegan dan beberapa tipe diberi sentuhan warna krem pada dashboardnya. Honda HR-V sangat terlihat eksklusif karena dashboardnya sangat minimalis dan elegan.

Dashboard Honda HR-V memiliki panel instrumen seperti MID LED display, Eco Asssit, Audio-Video System, Auto AC, serta desain setir kemudi yang sporty.

Honda HR-V 2017 mempunyai tombol One Touch Turning Signal, Audio Steering Switch, dan One Push Ignition System. Khusus Honda HR-V tipe 1.8L Prestige mempunyai jok material full leather berkualitas tinggi.

Mesin Honda HR-V 2017

Honda HR-V 2017 menawarkan dua pilihan mesin yaitu 1.5L SOHC dan 1.8L SOHC. Kedua mesin tersebut merupakan jenis mesin SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Untuk tipe mesin pertama, mesin 1.5L SOHC i-VTEC + DBW terpasang pada Honda HRV tipe A, HR-V tipe S, HR-V tipe S CVT, serta tipe E CVT.

Mesin 1.5L SOHC i-VTEC + DBW itu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm.

Mesin kedua yaitu mesin 1.8L SOHC i-VTEC dan terpasang pada Honda HR-V tipe Prestige dan HR-V Special Edition JBL Audio. Mesin itu berkapasitas silinder 1.8 cc mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi s169 Nm pada 4.300 rpm.

Honda HR-V itu menggunakan sistem suplai bahan bakar PGM-FI sehingga pembakaran di ruang mesin menjadi lebih sempurna. Kedua mesin itu sudah mengadopsi Honda HR-V yang menganut teknologi Drive By Wire untuk menghasilkan performa responsif namun tetap irit bahan bakar.

Untuk transmisi penggeraknya, spesifikasi Honda HR-V terbagi menjadi dua tipe yaitu manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan berpenggerak CVT.

Fitur dan Teknologi Honda HR-V 2017

Honda HR-V memiliki struktur rangka body G-CON+ACE yang memberikan perlindungan maksimal kepada penumpang Honda HR-V saat terjadi benturan. Honda HR-V juga memiliki fitur Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, Seatbelt with Pretensioner and Load Limiter, Seatbelt Reminder, jok ISOFIX, Hill Start Assist, dan Emergency Stop Signal.

Untuk fitur kenyamanan, Honda HR-V memiliki fitur Audio Double DIN untuk tipe (HR-V 1.5 A), layar sentuh LCD 6,1 untuk tipe (HR-V 1.5 S, 1.5 S CVT, dan 1.5 E CVT). Sedangkan untuk Honda HR-V tipe 1.5 E CVT Limited Edition dan Prestige terdapat juga Advanced LCD 7 inci.

Ada juga fitur penunjang Auto Door Loock, Power Windows dan Paddle Shift dan Cruise Control hanya tersedia untuk empat tipe teratas Honda HRV.

Terakhir, spesifikasi terdapat juga Advanced 7 inchi pada fitur keamanan juga sudah cukup lengkap dengan adanya fitur Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System untuk semua tipe.

Perbedaan Tipe Honda HR-V 2017

Honda menghadirkan empat tipe Honda HR-V yaitu Honda HR-V 1.5 A MT, Honda HR-V 1.5L S M/T dan CVT, Honda HR-V 1.5L E CVT dan terakhir Honda HR-V 1.8L CVT Prestige.

1. Honda HR-V 1.5 A MT

Honda HR-V 1.5 A MT adalah tipe Honda HR-V yang paling standar tetapi eksteriornya terlihat lebih sporty dengan lampu utama halogen dengan fitur auto off. Ke-empat rodanya sudah mengusung pelek berukuran 17 inci, micro antenna, tailgate spoiler dengan high mount stop lamp LED untuk mempertegas kesan sportynya.

Masuk ke dalam interior, model itu memiliki interior bernuansa hitam dan beige. Sistem audio menggunakan double din, bagian panel instrumen dengan floating illumination ring, fitur ECO assist, tampilan MID, one touch turning signal, pengaturan kursi simple yaitu ultra seat, day/night rear view mirror, fitur kemudi sudah tilt & telescopic steering, pengaturan bangku pengemudi bisa naik turun serta kaca dengan heat rejecting green tinted.

Fitur keselamatan standar yang sudah tersemat adalah G-CON + ACE, dual SRS airbag, pretensioner with load limiter seatbelt, seatbelt reminder,emergency stop signal, ABS+EBD+BA, hill start assist, motion adative EPS+vehicle stability assist, ISOFIX+tether. Ditambah lagi dengan fitur keamanan yang lengkap seperti wave key, keyless entry, auto door lock by speed dan immobilizer.

2. Honda HR-V 1.5L S M/T dan CVT

Honda HR-V 1.5L S M/T dan CVT memiliki semua fitur pada tipe A dengan penambahan fitur power retracable door mirror, LED turning signal dan foglamp. Bagian interior dilengkapi dengan audio layar 6,1 inci, vanity mirror, seatback pocket, map and cargo light dan security alarm. Untuk tipe CVT sudah didukun oleh Earth Dream Technology dari Honda.

3. Honda HR-V 1.5L E CVT

Memiliki semua fitur tipe 1.5L S CVT, perbedaan terdapat pada handle pintu dibalut dengan aksen, fitur smart entry, one push ignition system. Untuk Interior menggunakan jok dibalut dengan half leather seat berwarna hitam, AC otomatis dengan dengan smart touch, tombol AC berlapis chrome, paddle shift, cruise control, audio steering switch, tweeter speaker, rear center arm rest dan vanity mirror dengan lampu.

4. Honda HR-V 1.8L CVT Prestige

Ini adalah tipe tertinggi, Honda HR-V 1.8L CVT Prestige mempunyai tampilan lebih menawan dengan LED projector headlight dengan LED Day Running Light (DRL), auto headlight adjuster. Antena model sirip hiu, kamera parkir mundur dan chrome exhaust pipe. Tipe ini dilengkapi dengan Panoramic sunroof, body color side sill garnish dan velg 17 inci yang memiliki desain kokoh.

Bagian dalamnya terlihat mewah dengan tema warna putih gading dan hitam dengan leather seat and door lining material, bagian kemudi dan shift knob dibalut kulit. Bagian entertainment dilengkapi dengan Audio layar 7 inci, USB port dan HDMI port. Fitur keselamatan pun mengalami peningkatan yaitu dengan side curtain dan side airbag, seatbelt reminder untuk penumpang.

Harga Honda HR-V

Sebagai salah satu mobil mewah Honda, harga Honda HR-V ditawarkan dalam berbagai pilihan. Harga Honda HR-V termurah jatuh pada HR-V1.5 A MT yang berada dikisaran Rp254 jutaan. Harga Honda HR-V tersebut terbilang masih terjangkau untuk konsumen menengah ke atas di Indonesia.

Sementara itu, jika Anda punya kocek lebih dan ingin mobil Honda HR-V yang lebih kaya fitur, Kamu bisa memilih Honda HR-V 1.8 CVT Prestige (Two Tone Colour Putih). Harga Honda HR-V tipe tersebut berada dikisaran Rp373.800 juta dan merupakan harga Honda HR-V yang paling mahal dari semua tipe.

Nama Harga di Pasaran
Honda HR-V 1.5L E CVT Rp 51.390.000
Honda HR-V 1.5L S CVT belum ada harga
Honda HR-V 1.5L S MT Rp 301.450.000
Honda HR-V 1.5L E CVT Mugen belum ada harga
Honda HR-V 1.8L Mugen CVT belum ada harga
Honda HR-V 1.8L Prestige CVT Rp 420.250.000

Baca juga artikel:
Paling Laris di 2016, Ini Harga Honda Mobilio Terbaru di 2017
Mau Beli Mobil Honda? Kenali Tipe dan Harga Mobil Honda Terbaru 2017
New Honda Mobilio 2017 Terbaru dengan Harga Rp189 Juta
Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts