Diperbaharui pada Selasa, 30 Mei 2017 | 15:02

10 Rekomendasi Harddisk Eksternal Populer Dalam Pencarian Pricebook

image via Seagate 

Terbatasnya memori penyimpanan di laptop membuat Anda harus menyimpan dan memindahkan sebagian data melalui flash disk.

Namun, kapasitas terbatas dari flash disk tentu membuat Anda lebih repot, terlebih jika data yang ingin dipindahkan berkapasitas besar sehingga memerlukan beberapa buah flash disk. Untungnya, sekarang terdapat harddisk eksternal, media penyimpanan serupa yang memiliki ukuran lebih besar dan kapasitas lebih luas. Meskipun harganya lebih tinggi dari flash disk, namun Anda akan leluasa menyimpan semua data dari perangkat laptop.

Untuk Anda yang ingin membeli harddisk eksternal, ini dia 10 rekomendasi harddisk ekternal yang paling populer dalam pencarian Pricebook.

1. Seagate Expansion 500GB


Dijual dengan harga termurah Rp462.400, harddisk eksternal dari Seagate ini memiliki kapasitas 500GB sehingga Anda bisa menyimpan file besar seperti TIFF, FHD 1080p Blueray dan juga FLAC data. Meskipun perilisannya sudah cukup lama, namun harddisk Seagate ini sudah disertai dengan port USB 3.0 sehingga cocok dipakai pada laptop keluaran terbaru.

SEAGATE EXPANSION 500GB terlahir dengan kabel koneksi USB 2.0 dan USB 3.0, sedangkan 6 tahun lalu, komputer yang menggunaka USB 3.0 di Indonesia belum ada. Inilah yang menjadi poin plus inovasi dari SEAGATE EXPANSION 500GB, dia maju lebih dulu ke masa depan dan sekarang sangat terbantu sama si SEAGATE EXPANSION 500GB ini”. (Fauzy Hilmi)

2. Western Digital My Passport Ultra 1TB


Selanjutnya adalah Western Digital My Passport Ultra 1TB yang dijual dengan harga termurah Rp765.000, hadir dengan desain ramping sehingga memudahkan Anda membawanya saat bepergian. Hadir dengan antarmuka USB 2.0 dan USB 3.0 untuk mempermudah aktivitas transfer file, harddisk ini, tersemat pula fitur keamanan 256-bit AES Hardware Encryption dengan WD Security Software.

3. Western Digital My Passport Ultra 2TB

Sama dengan harddisk diatas, varian Western Digital My Passport Ultra 2TB ini hadir dengan desain yang tipis dan ringan. Dijual dengan bandrol termurah Rp1.155.000, Western Digital My Passport Ultra 2TB disertai kemampuan untuk melakukan penyimpanan secara Cloud ataupun Local dengan menggunakan aplikasi WD SmartWare Pro, dimana Anda tinggal membuat jadwal untuk upload data ke cloud melalui DropBox.

4. Western Digital Elements 750GB


Produk lain dari Western Digital adalah seri Elements dengan kapasitas penyimpanan 750GB. Dijual dengan harga termurah Rp555.000, harddisk eksternal WD ini juga memiliki desain slim serta dukungan USB 3.0, kompatibel dengan OS Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Mac Os 10.6.5.

5. Western Digital Elements 1TB

Produk harddisk terpopuler di Pricebook selanjutnya adalah Western Digital Elements 1TB. Dibandrol termurah Rp695.000, WD Elements 1TB tampil kokoh dengan balutan polikarbonat solid yang juga bisa memberikan kenyamanan saat menggenggam. Soal kemampuan transfer data, Western Digital Elements 1TB didukung port USB 3.0 sehingga kemampuan transfer data bisa dilakukan dengan ekstra cepat.

6. Toshiba Canvio Basic 1TB

Nama Toshiba tak boleh dilupakan jika berbicara harddisk. Salah satu produk terbaik dan terpopuler di pencarian Pricebook adalah Toshiba Canvio Basic 1TB yang dijual dengan harga termurah Rp666.000. Toshiba Canvio Basic 1TB tampil solid dan disertai dukungan USB 3.0 untuk menjamin proses transfer data bisa dilakukan dengan cepat.

7. Seagate Backup Plus 1TB

Ada juga Seagate Backup Plus 1TB yang dijual dengan harga termurah Rp755.000. Memiliki desain compact dengan berat 198 gram, Seagate Backup Plus 1TB dapat dikoneksikan dengan perangkat melalui USB 3.0 yang menjamin transfer data bisa dilakukan dengan cepat, serta driver NTFS yang mempermudah Anda mengkoneksikan ke PC Windows sesudah mengkoneksikannya ke PC Mac.

“Kapasitasnya 1 tera, udah harganya yang terjangkau yaitu Rp.755.000. Beratnya aja 198 gram, kebayang nggak betapa entengnya itu.lebihnya lagi tahan terhadap goresan dan guncangan lho! lebih hotnya lagi kompatible antara windows dan mac OS”. (Lutfi Giantoro)

8. Seagate Backup Plus Slim 2TB

Sementara itu, Seagate Backup Plus Slim 2TB hadir dengan kapasitas penyimpanan lebih besar, yakni 2TB. Meskipun kapasitas harddisk ini besar, namun harganya cukup terjangkau, dimana penawaran termurah adalah Rp1.099.000. Disamping itu, harddisk terpopuler dalam pencarian Pricebook ini pun dilengkapi dengan driver NTFS, software backup Seagate Dashboard dan termasuk gratis langganan cloud storage 200GB dari Google Drive selama 2 tahun.

9. Seagate Backup Plus 4TB

Jika Anda memerlukan harddisk eksternal dengan kapasitas yang super besar, Anda bisa melirik Seagate Backup Plus 4TB. Dijual dengan harga termurah Rp1.700.000, harddisk 4TB ini dilengkapi interface USB 3.0, akses ke OneDrive gratis selama 2 tahun serta masa garansi selama 3 tahun lamanya.

10. Hitachi Touro 1TB

harddisk eksternal terakhir yang masuk dalam daftar pencarian terpopuler di Pricebook adalah Hitachi Touro 1TB. Meskipun perangkat ini memiliki kapasitas yang besar, namun harga jualnya yang hanya Rp609.000 membuatnya begitu populer. Dilengkapi interface USB 3.0, harddisk ini juga kompatibel dengan OS Windows, Linux dan Mac.

10 harddisk eksternal populer dalam pencarian Pricebook diatas umumnya dijual dengan harga murah dan disertai fitur canggih. Jika Anda ingin membelinya, pastikan harddisk eksternal tersebut sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda!

Baca juga artikel :

Mengenal Ciri Hardisk yang Rusak Serta Solusi Memperbaikinya

SSD atau HDD, Mana Yang Lebih Baik, Mengapa?

Western Digital Siap Produksi Chip 3D NAND 512 Gigabit 64-Layer Pertama di Dunia

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts