Diperbaharui pada Rabu, 10 November 2021 | 11:34

Spesifikasi Minimum Rakit PC Editing untuk Pemula

Foto: VideoBlock

Seperti kita ketahui, fungsi komputer kini tidak hanya digunakan untuk mengetik atau mengolah data saja. Komputer sekarang telah menjadi sebuah perangkat yang sangat penting di berbagai bidang profesional, termasuk editing video dan gambar.

Komputer untuk desain dan editing yang direkomendasikan harus mempunyai prosesor yang mampu bekerja dengan cepat. Kartu grafis juga turut andil menjadi fondasi utama sebuah komputer desain dan editing.

Satu lagi yang tidak bisa dilupakan adalah pemilihan monitor yang tepat. Monitor untuk komputer desain dan editing idealnya mampu menghasilkan warna yang nyata dan tajam.

Rekomendasi Rakit PC Editing Pemula

Editor pemula pasti berpikir kalau merakit PC editing akan menghabiskan biaya yang sangat mahal. Namun sebenarnya, PC editing dapat di rakit menggunakan komponen-komponen yang ada di pasaran, dan tidak harus keluaran terbaru.

Selain harganya lebih murah, komponen-komponen keluaran lama, masih mengusung teknologi dan fitur yang bisa diandalkan untuk mengerjakan berbagai aktivitas editing video dan desain grafis.

Sebagai pemula, berikut komponen penting yang kami rekomendasikan. Bila tidak menemukannya di pasaran, Anda bisa mencari alternatif merek atau jenis lain dengan spesifikasi yang sama.

1. Prosesor - Intel Core i7-8700K

komputer untuk desain editing

Prosesor rekomendasi minimum untuk komputer desain dan editing adalah Intel Core i7-8700K. Prosesor Intel ini sangat mumpuni untuk menjalankan software-software desain dan editing seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, AutoCAD dan software editing lainnya.

Performa baik ini dihasilkan karena prosesor Intel ini memiliki 6 core dan 12 thread dengan kecepatan maksimal sampai dengan 4,7 Ghz dan mempunyai cache sebesar 12MB. Jadi, menjalankan software-software editing bukanlah persoalan sulit bagi prosesor ini.

2. Motherboard - Gigabyte Z370 HD3

komputer untuk desain editing

Motherboard yang kami rekomendasikan untuk merakit sebuah komputer untuk desain dan editing adalah Gigabyte Z370 HD3. Motherboard Intel ini memiliki spesifikasi yang sudah cukup mumpuni.

Motherboard ini mempunyai 4 slot RAM DDR4 dengan kapasitas maksimal 64GB dan slot SSD M.2 yang di zaman sekarang ini sudah banyak orang menggunakannya untuk meningkatkan performa.

Yang paling penting adalah ketahanannya, karena motherboard ini dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas dan anti karat.

Motherboard ini juga memiliki fitur-fitur penting seperti voltage detection, temperature detection, fan speed detection, overheating warning, fan fail warning dan fan speed control.

3. RAM - Corsair Vengeance 16GB DDR4 PC21000

komputer untuk desain editing

Menjalankan software pada sebuah komputer tidak hanya membutuhkan prosesor yang cepat. Tapi juga RAM yang memiliki kapasitas besar. Untuk untuk RAM yang direkomendasikan untuk komputer desain dan editing adalah Corsair Vengeance 16 GB (2X8GB) DDR4 PC21000.

Memory DDR4 dual-channel ini memiliki kapasitas total 16 GB yang cukup untuk menjalankan software-software editing.

RAM ini mempunyai kecepatan 2666 Mhz dan mempunyai profile XMP 2.0 Yang terakhir, RAM ini mempunyai heat spreader yang terbuat dari aluminium. Alhasil, suhu panas akan dengan cepat dibuang.

4. HDD/SSD - Seagate 1TB / Samsung Evo 850 250GB

Untuk performa yang maksimal kami menyarankan untuk menggunakan SSD sebagai tempat menyimpan sistem operasi dan software-software desain / editing.

Karena dengan menggunakan SSD dapat mempercepat kinerja komputer berkali-kali lipat dibanding harddisk konvensional. SSD yang tepat untuk dibeli adalah Samsung 850 EVO MZ-75E250BW 250GB.

SSD Samsung ini memiliki write speed sampai dengan 520 MB/s dan read speed sampai dengan 540 Mb/s. Berikutnya, untuk menyimpan data-data desain dan editing bisa menggunakan harddisk dari Seagate Barracuda 1TB.

Dengan 2 kombinasi antara SSD dan harddisk maka Anda akan mendapatkan performa dan kapasitas penyimpanan yang maksimal.

5. VGA - ASUS ROG STRIX-GTX 1060-O6G

Komponen yang juga memiliki peranan sangat penting pada komputer desain dan editing adalah kartu grafis (VGA). ASUS ROG STRIX-GTX 1060-O6G menjadi jawaban yang tepat untuk Anda.

Memang kartu grafis ini bukan murni untuk desain atau editing yang biasanya harga untuk kartu grafis desain dijual dengan harga selangit. ASUS ROG STRIX-GTX 1060-O6G dapat menghandle berbagai task multimedia dengan sangat baik.

Jika Anda seorang video editor, kartu grafis ini mampu menghemat waktu Anda sewaktu me-render video. ASUS ROG STRIX-GTX 1060-O6G memiliki memory 6GB GDDR5 dengan memory bus 192 bit.

6. Power Supply (PSU) - Cooler Master MasterWatt Lite 600W

Untuk menyuplai daya maka Anda akan membutuhkan sebuah PSU pada komputer Anda. Cooler Master MasterWatt Lite 600W saja sudah cukup untuk menjadi Andalan.

Dengan daya yang 600 watt maka tiap komponen yang ada di dalam komputer Anda akan berjalan dengan baik. Walau belum modular, PSU ini memberikan performa yang baik dan stabil dikarenakan sudah memiliki sertifikat 80 Plus.

7. Monitor - ASUS PA249Q

Pemilihan monitor untuk komputer desain dan editing tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Monitor yang akan digunakan harus dapat menghasilkan warna yang akurat. Jika tidak, maka Anda bisa kerepotan sendiri nantinya.

Banyak monitor keluaran terbaru di pasaran, namun kalau budget Anda terbatas, maka kami rekomendasikan ASUS PA249Q. Monitor Full HD ini dapat menghasilkan warna yang akurat, warna konsisten dengan 99% Adobe RGB, 100% sRGB, dan 120% NTSC.

Monitor berukuran 24 inci ini juga hadir dengan konektivitas yang lengkap diantaranya, DisplayPort, HDMI, DVI, port D-sub ditambah dengan built-in USB 3.0 hub.

8. Casing

Komponen yang terakhir adalah casing. Memilih casing perlu mendapat perhatian khusus, terutama dalam hal saluran udara. Pilih casing yang mempunyai sistem airflow baik, contohnya casing Nanotron T1X dari Armaggeddon.

Memang ini casing model lama, tapi jangan salah, karena model ini memiliki air flow yang baik ketimbang model murah yang kualitasnya dipertanyakan.

Selain pas untuk budget yang terbatas, casing ini juga sudah mendukung sampai dengan 5 buah fan berukuran 120mm. Desainnya juga terlihat modern, jadi masih cukup oke untuk digunakan saat ini.

Rakit PC Editing Terbaik

Demikian rekomendasi spesifikasi komputer untuk desain dan editing. Spesifikasi minimum yang kami rekomendasikan ini sengaja dibuat dengan mempertimbangkan budget yang tidak terlalu besar, khususnya untuk editor pemula.

Walau begitu, memang perlu diakui kalau merakit komputer dengan spek mumpuni itu tidak murah. Dengan spek yang memadai, semua pekerjaan desain dan editing pastinya akan dapat dikerjakan dengan baik. Selamat merakit!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1148 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.