Diperbaharui pada Kamis, 11 Januari 2024 | 11:51

7 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik di 2024, Mulai 1 Jutaan

harga mesin cuci terbaikFoto: Pixabay

Saat ini, mesin cuci adalah salah satu alat yang sangat meringankan pekerjaan rumah tangga. Anda bisa menghemat banyak tenaga dan waktu apabila mencuci baju dengan mesin. 

Selain lebih singkat karena bisa membersihkan dan mengeringkan, mesin cuci juga menjadi jawaban bagi Anda yang kulitnya sensitif terhadap sabun. 

Jika dulu mesin cuci terdiri dari 2 tabung, sekarang ada mesin cuci 1 tabung dengan bukaan depan maupun bukaan atas. Salah satu alasannya kenapa mesin cuci 1 tabung lebih populer adalah karena kepraktisan dalam penggunaannya.

Dengan menggunakan mesin cuci 1 tabung, Anda tidak perlu repot-repot lagi memindahkan cucian basah ke mesin pengering. Selain itu, mesin cuci jenis ini juga lebih hemat ruang.

Meski begitu, mesin cuci dengan 2 tabung juga memiliki kelebihannya sendiri, terlebih bagi Anda yang mencari solusi untuk kebutuhan mencuci dengan kapasitas besar.

Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik

Banyaknya produk mesin cuci yang ada di pasaran terkadang membuat kita kesulitan untuk memilih mana produk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, harga mesin cuci juga turut menjadi faktor penentu pilihan.

Agar memudahkan dalam menentukan mana mesin cuci terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut beberapa rekomendasi mesin cuci dengan 1 dan 2 tabung yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum membeli.

1. Polytron Primadona Giant PWM 03 Series

harga mesin cuci terbaru

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari mesin cuci 2 tabung dengan kapasitas besar, maka salah satu rekomendasi kami adalah Polytron Primadona Giant PWM 03 Series yang terdiri dari 2 model, yaitu Primadona Giant PWM 1403B dan Primadona Giant PWM 1403X.

Mengusung konsep “BIG AND RELIABLE”, kedua model mesin cuci Polytron ini adalah solusi yang tepat untuk kebutuhan mencuci dengan kapasitas super besar. Polytron Primadona Giant PWM 03 Series menawarkan kapasitas 14 kg, dan dilengkapi dengan teknologi terkini.

Polytron Primadona Giant PWM 03 Series dilengkapi dengan teknologi Mega Pulsator yang dapat mencuci pakaian hingga 30% lebih banyak, dan Magic Gear yang memiliki putaran motor lebih kuat.

Kedua teknologi tersebut memastikan mesin cuci Polytron Primadona Giant PWM 03 Series untuk bekerja dengan lebih efisien dan ekonomis, sehingga tagihan listrik di rumah tidak akan membengkak.

Selain itu, Polytron Primadona Giant PWM 03 Series memiliki kapasitas dryer yang jauh lebih besar dari kebanyakan dryer pada mesin cuci yang ada di pasaran saat ini. Dengan banderol harga Rp 2 jutaan, Polytron menawarkan garansi selama 3 tahun untuk motor dan sparepart.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Top Loading
Kapasitas 14 Kg
Konsumsi Daya 360 Watt
Kecepatan Putar 120 rpm
Fungsi Mencuci, Mengeringkan
Ukuran 600 x 1020 x 1150 cm
Berat 40 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Samsung WW65J3033LW

harga mesin cuci terbaik

Samsung menjadi salah satu produsen elektronik raksasa dunia yang memiliki berbagai produk, salah satunya adalah mesin cuci. Banyak orang memilih Samsung karena kualitas produk yang awet dan berkualitas. 

Samsung WW65J3033LW merupakan mesin cuci 1 tabung bukaan depan. Mesin cuci ini mampu menampung pakaian kotor hingga 6,5kg.

Ada berbagai fitur modern dan kekinian yang membuat pakaian dapat dibersihkan dengan maksimal dalam waktu yang singkat. 

Penampakan mesin cuci ini juga begitu elegan dan mewah. Bagi Anda yang ingin ruang cuci tampak cantik, mesin cuci ini bisa menjadi pilihan tepat. 

Selain itu, terdapat control panel modern yang ditayangkan lewat layar digital, anda bisa mengoperasikan mesin cuci ini dengan mudah. Harga mesin cuci Samsung WW65J3033LW di pasaran berkisar di angka Rp 4 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Front Loading
Kapasitas 6.5 Kg
Konsumsi Daya 80 Watt
Kecepatan Putar 1000 rpm
Fungsi Mencuci
Ukuran 60 × 85 × 55 cm
Berat 54 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Sharp ES-FL1082

harga mesin cuci terbaik

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Sharp, brand elektronik dari negeri Sakura yang selama ini dikenal berkualitas dan tahan lama ini juga memproduksi produk mesin cuci, salah satunya adalah Sharp ES-FL1082.

Fitur paling menarik dari mesin cuci ini adalah child lock, di mana proses mencuci menjadi lebih aman dari gangguan anak-anak yang mungkin penasaran ingin pencet-pencet atau membuka pintu mesin cuci saat sedang bekerja. 

Desain dan ukurannya yang ramping sangat cocok untuk rumah tangga dengan ruang cuci mungil. Mesin cuci ini sendiri mampu menampung pakaian kotor hingga 8kg, sangat pas bagi Anda yang memiliki lebih dari 1 anak. 

Fitur lain yang mungkin akan membuat Anda tertarik adalah Eco Logic System dan Quick Wash System yang dapat mencuci baju dan selesai dalam waktu cepat.

Dengan waktu mencuci yang menjadi lebih singkat, Anda bisa langsung menjemur dan melakukan aktivitas lainnya. Harga Sharp ES-FL1082 saat ini ada di kisaran Rp 4 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Front Loading
Kapasitas 10 Kg
Konsumsi Daya 200 Watt
Kecepatan Putar 800 rpm
Fungsi Mencuci, Mengeringkan
Ukuran 52.7 x 59.7 x 84.5 cm
Berat 25 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Polytron Zeromatic Laguna PAW 8028 Series

harga mesin cuci terbaru

Apakah anggota keluarga Anda ada yang bekerja di lapangan sehingga setiap pakaian kotor yang ditumpuk memiliki noda yang sulit dibersihkan? Jika jawabannya iya, maka mesin cuci Polytron Zeromatic Laguna PAW 8028 Series adalah jawabannya.

Mesin cuci Polytron yang hadir dalam 2 model yaitu Zeromatic Laguna PAW 8028W dan Zeromatic Laguna PAW 8028Y ini, merupakan mesin cuci bukaan atas. Desainnya cukup mewah dengan fitur Easy to Access yang membuat Anda semakin mudah mencuci berbagai macam pakaian.

Salah satu fitur unggulan dari mesin cuci Polytron ini adalah fitur Ultra Clean Plus with Turbo Mix yang dapat memastikan detergen larut sempurna dalam air. Mesin cuci Polytron Zeromatic Laguna PAW 8028 Series ini dibanderol di kisaran harga Rp 2 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Top Loading
Kapasitas 8 Kg
Konsumsi Daya 330 Watt
Kecepatan Putar 145 rpm
Fungsi Mencuci, Mengeringkan
Ukuran 580 x 620 x 960 cm
Berat 35 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Aqua AQW-89XTF

harga mesin cuci terbaik

Rekomendasi mesin cuci terbaik selanjutnya adalah Aqua AQW-899XTF, yang merupakan merek rebranding dari Sanyo, brand yang sudah lama malang melintang di Indonesia.

Aqua AQW-89XTF adalah sebuah produk mesin cuci dengan bukaan di bagian atas (top loading) dan memiliki kapasitas mencuci hingga 8kg. 

Anda tidak perlu khawatir jika tekanan air di rumah ternyata kecil, karena mesin cuci ini memiliki fitur Low Water Pressure yang mampu menuntaskan pakaian kotor menjadi bersih meski tekanan air kecil. 

Mesin cuci ini berwarna putih keabuan dengan sentuhan berwarna biru di bagian bukaan ini tersedia di pasaran dengan kisaran harga Rp 2 jutaan.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Top Loading
Kapasitas 8 Kg
Konsumsi Daya 420 Watt
Kecepatan Putar -
Fungsi Mencuci, Mengeringkan
Ukuran 92 x 55 x 53 cm
Berat 28 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

6. Aqua QW-781XT Twin Tub

harga mesin cuci terbaik

Bila Anda mencari mesin cuci terbaik di harga Rp 1 jutaan, maka kami merekomendasikan Aqua QW-781XT Twin Tub yang memiliki 2 tabung. 

Mesin cuci jenis ini memang user friendly, karena mudah dioperasikan terutama bagi para orang tua atau yang tidak paham dengan control panel digital.

Selain itu, mesin cuci Aqua ini memiliki tombol putar yang pengoperasiannya sangat familiar untuk mayoritas pengguna mesin cuci di segala usia. Warnanya yang terdiri dari putih dan biru akan membuat ruang cuci Anda semakin semarak.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Top Loading
Kapasitas 7 Kg
Konsumsi Daya 350 Watt
Kecepatan Putar -
Fungsi Mencuci, Mengeringkan
Ukuran 89 x 74 x 42 cm
Berat 19 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

7. Electrolux EWT0H88H1WB

harga mesin cuci terbaik

Electrolux tidak diragukan lagi menjadi brand elektronik yang sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Terutama karena kualitasnya yang baik. 

Membahas rekomendasi mesin cuci terbaik, rasanya kurang afdol jika belum memasukkan Electrolux ke dalam daftar, salah satunya adalah Electrolux EWT0H88H1WB.

Mesin cuci harga Rp 5 jutaan ini memiliki fitur Cyclonic Care yang diklaim mampu membuat pakaian tidak melar atau mengkerut ketika dicuci. Selain itu, teknologi yang dimiliki mampu menghemat energi hingga 40%.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Top Loading
Kapasitas 10.5 Kg
Konsumsi Daya 520 Watt
Kecepatan Putar 850 rpm
Fungsi Mencuci, Mengeringkan
Ukuran 580 x 596 x 968 cm
Berat 44.3 Kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Nah, itu lah rekomendasi mesin cuci terbaik pilihan kami. Semoga dapat membantu Anda yang saat ini masih belum bisa menentukan pilihan, ya. Jangan lupa untuk selalu pilih yang terbaik.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.