Diperbaharui pada Jumat, 9 Oktober 2020 | 10:16

5 Kekuatan Baru Samsung Pelengkap Galaxy Ecosystem

galaxy ecosystem

Galaxy Note20 Series adalah pembangkit tenaga produktivitas yang bekerja seperti komputer dan memungkinkan Anda bermain game seperti seorang profesional.

Seri ini hadir dalam dua versi yakni, Galaxy Note20 Ultra, dirancang untuk penggemar Note yang menginginkan daya dan produktivitas tertinggi.

Serta Galaxy Note20, untuk pengguna Note yang lebih luas yang ingin memaksimalkan waktu mereka untuk bekerja dan bermain.

Keduanya dibangun untuk efisiensi, sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk tetap terhubung dengan orang yang Anda cintai. Seri Note terbaru dari Samsung mengubah cara Anda bekerja menjadi lebih nyaman dan mudah.

Perkuat Galaxy Ecosystem

Bicara soal memperkuat lini produk, setelah sebelumnya mulai membangun Galaxy Ecosystem di setiap lini flagshipnya, kini saatnya bagi raksasa teknologi Samsung melakukan peningkatan yang mengesankan di seluruh jajaran perangkat Galaxy.

Kehadiran 5 lini produk Galaxy Note20 series, Galaxy Z Fold 2, Galaxy Buds Live, Galaxy Tab S7 dan Galaxy Watch 3 semakin memperkokoh ekosistem Samsung di ranah gadget dan teknologi.

Galaxy Z Fold 2

galaxy z fold 2

Galaxy Z Fold 2 merupakan generasi kedua smartphone 'layar lipat' Samsung Galaxy Fold. Galaxy Z Fold 2 baru yang mengesankan hadir dengan layar 6,2 inci (terlipat) di bagian depan, dan kemudian layar utama 7,6 inci (tidak dilipat).

Uniknya, Galaxy Z Fold 2 lebih tipis dari pendahulunya terlihat dari keberadaan bezel ramping yang cantik.

Fold2 mengalami peningkatan di hampir semua lini. Jarak antara engsel lebih tipis seperti Galaxy Z Flip. Selain itu, hp foldable Samsung ini juga turut mengadopsi teknologi kaca tipis dari Galaxy Z Flip.

Hal ini jadi peningkatan termewah jika dibandingkan tampilan Galaxy Fold tahun lalu. Layar depan 6,2 inci penuh seolah memperbaiki kekurangan dari tampilan depan yang mungil pada Galaxy Fold bahkan sudah mengusung layar 120Hz.

Kami pikir Samsung menyadari bahwa tampilan depan bukanlah tampilan sekunder, karena beberapa pengguna tidak ingin membuka perangkat setiap saat.

Hp Samsung Galaxy Z Fold 2 terbaru ini sudah hadir dengan kehebatan 5G dan memiliki spesifikasi sebanding dengan komputer atau laptop terbaru saat ini.

Kriteria Spesifikasi
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Dimensi 159.2 x 128.2 x 6.9 mm
Berat 279 g
Ukuran Layar 7.6 inch
Screen Resolution 1768 x 2208 Pixel
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 10 MP
Kapasitas Baterai 4500 mAh
Detail Prosesor SM8250 Snapdragon 865+
GPU Adreno 650
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Galaxy Note 20 Ultra

galaxy note 20 ultra

Seperti Note20 standar dengan pembaruan teknologi, Note 20 Ultra baru tentunya miliki performa lebih cepat dan lebih halus.

Dilengkapi dengan 3 kamera di bagian belakang serta layar 6,9 inci yang sangat user-friendly serta S-Pen stylus. Bisa dibilang ini adalah salah satu smartphone paling kuat di planet ini saat ini.

Kriteria Spesifikasi
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Dimensi 164.8 x 77.2 x 8.1 mm
Berat 208 g
Touch Screen -
Ukuran Layar 6.9 inch
Resolusi Kamera Belakang 108 MP
Resolusi Kamera Depan 10 MP
Kapasitas Baterai 4500 mAh
Detail Prosesor SM8250 Snapdragon 865+
GPU Adreno 650 - USA
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Galaxy Watch 3

galaxy watch 3

Dalam semua aspek, Galaxy Watch 3 terbaru hadir dengan peningkatan yang lebih dari model sebelumnya. Mulai dari prosesor yang lebih tipis, lebih ringan dan spesifikasi lebih baik.

Artinya, smartwatch Samsung ini bisa dibilang sebagai jam tangan pintar dengan perlengkapan terbaik untuk menantang dominasi Apple di pasar meskipun harganya lebih mahal.

Datang dengan semua jenis sensor built-in standar, termasuk GPS dan memiliki kemampuan terhubung ke jaringan tanpa smartphone.

Kabarnya, Galaxy Watch 3 terbaru tidak menjalankan Google Andriod Wear meskipun menggunakan Tizen, benarkah? Tunggu hasil ujinya di Pricebook!

Kriteria Spesifikasi
Screen Size 1.4 inch
Screen resolution -
RAM 1 GB
ROM 8 GB
Processor Tizen OS 5.5
Dimension 45 x 46.2 x 11.1 mm
Weight 43 g
Battery Capacity 340 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Galaxy Buds Live

galaxy buds live

Galaxy Buds Live memiliki desain 'Bean' baru yang aneh tapi menarik. Buds Live baru hadir dengan harga lebih murah daripada Airpods Apple.

Samsung membekali Buds Live dengan fitur Noise Cancelling Active dan masa pakai baterai hingga 21 jam.

Kriteria Spesifikasi
Frequency Range -
Weight 5.6 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Galaxy Tab S7 Series

galaxy tab s7

Samsung telah meningkatkan Galaxy Tab S7 Series dan hadir untuk menggungguli Apple iPad Pro dengan beragam fitur menarik yang ditawarkan.

Mulai dari dukungan stylus presisi dan case praktis yang membuatnya tetap aman, serta keyboard dan mouse yang presisi dan akurat.

Tersedia dalam 2 varian, yakni 11 dan 12,4 inci. Stylusnya gratis loh atau sudah built-ini, tidak dijual secara terpisah seperti sang kompatitor.

Selain itu, desainnya pun hadir lebih tipis ketimbang iPad. Menurut kami bisa jadi para Apple Lovers kedepan akan mulai berhianat karena keberadaan Tab S7 ini.

Hal yang membedakan lainnya dari Tab S7 Series dengan iPad resolusi layar. Tab S7 memiliki layar dengan resolusi 2.560x1.600, sedangkan Tab S7+ memiliki layar dengan resolusi 2.800x1.752.

Keduanya hadir dengan kecepatan refresh 120Hz serta membawa pengalaman DeX yang lebih baik dengan dukungan keyboard dan mouse untuk pengalaman desktop yang ultra-mobile.

Kriteria Spesifikasi
RAM 8 GB
Internal 256 GB
Chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+
Weight 575 g
Dimensions 285 x 185 x 5.7 mm
Screen Size 12.4 inch
Screen Resolution 1752 x 2800 Pixel
Resolusi Kamera 13 MP
Battery 10090 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Galaxy Ecosystem Bersatu dengan Microsoft?

samsung dan microsoft

Apa yang membuat ekosistem Samsung lebih menarik adalah kemitraan yang berkelanjutan dengan Microsoft. Segala jenis aktifitas pada gadget Samsung Anda dapat dengan mudah terjalin atau ditransmisikan ke dalam Windows, pun begitu sebaliknya.

Seperti Samsung Notes disinkronkan dengan OneNote, Samsung Reminders disinkronkan dengan Microsoft ToDo, dan sinkronisasi lintas platform ini dapat diakses di aplikasi produktivitas seperti Outlook dan Kalender.

Aplikasi Windows YourPhone sekarang dapat membuka dan mengakses aplikasi Note20 langsung dari PC Windows pengguna.

Kami pikir fitur ini adalah faktor pembeda dalam ekosistem Samsung yang memberikan keunggulan dibandingkan ekosistem lain seperti ekosistem Apple.

Meskipun Apple melakukan pekerjaan yang bagus untuk mempersatukan ekosistemnya, kemampuan YourPhone untuk mengakses aplikasi Note20 menjadi pengubah permainan dari produktivitas antar perangkat.

Tak hanya itu, hal menarik bagi penggemar game Xbox juga patut diketahui. Kemitraan Samsung dengan Microsoft meluas lebih jauh ke dalam platform game Xbox dengan kemampuan bagi pengguna Note20 untuk memainkan game Xbox dari cloud ke perangkat Samsung dengan Xbox Game Pass.

Seperti yang sudah umum diketahui, game cloud Xbox dari Microsoft ini mampu menyaingi platform lain seperti NVIDIA's GeForce Now bahkan Google Stadia.

Terlebih saat ini sedang trending keberadaan dari game terpopuler seperti Destiny 2, Gears 5, dan Minecraft Dungeons.

Kesimpulan

samsung galaxy ecosystem

Sebagian besar peningkatan Note 20 dan 20+ ini juga dibawa ke Galaxy Z Fold 2. Mungkinkah kelebihan ini juga didapatkan dari hp flasghip Samsung lainnya yang termasuk ke dalam Galaxy Ecosystem?

Jika menilik dari kata Ecosystem, kemungkinan besar iya. Bagi kalian pengguna Galaxy S10 series dan Note 10 series mungkin mendapatkannya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1147 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.