Diperbaharui pada Selasa, 26 Januari 2021 | 20:20

Samsung Galaxy S21 Ultra vs iPhone 12 Pro Max, Pilih Mana?

samsung galaxy s21 ultra vs iphone 12 pro max

Kalian pasti kenal istilah perang dunia? Yap, anggap saja head to head yang kami sajikan kali ini bertajuk "perang dunia smartphone". Ini dikarenakan kami mempertemukan dua model smartphone terbaru berbeda alam dan ekosistem.

Sebut saja Android dan iOS berperang saling beradu dalam head 2 head kali ini. Model smartphone teratas untuk pengguna iOS saat ini adalah iPhone 12 Pro Max, sedangkan untuk Android memang masih memiliki banyak opsi jika bicara hp Android terbaik.

Tapi kali ini pricebook tergelitik untuk membandingkannya dengan salah satunya hp terbaru dari negeri Drakor yakni Samsung Galaxy S21 Ultra yang baru-baru ini diumumkan.

Samsung Galaxy S21 Ultra vs iPhone 12 Pro Max

samsung galaxy s21 ultra vs iphone 12 pro max

Perbandingan ini akan menampilkan lembar spesifikasi mendetail dari kedua smartphone tersebut. Kami juga turut membahas aspek utama kedua perangkat ini secara ringkas.

Namun, kembali lagi kalianlah yang akan menjadi juri terakhir jika harus ada pemenangnya.

DESAIN

Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki tampilan persegi secara keseluruhan meskipun ujungnya agak membulat. Ponsel ini membawa punch hole kecil di tengah yang membuat rasio layar ke tubuh hampir 90%.

Di sisi lain, iPhone 12 Pro Max lebih membulat dan masih menggunakan notch yang besar. Ini sedikit mengakibatkan rasio layar ke tubuh hanya berkisar di angka 87%.

Tapi jangan salah, model baru berjenis flagship menjadikan kedua smartphone ini memiliki nuansa yang ramping dan tampilan yang premium.

samsung galaxy s21 ultra vs iphone 12 pro max

Di bagian belakang, ada perbedaan besar antara kedua perangkat ini. IPhone 12 Pro Max menggunakan modul kamera bulat biasa dengan tiga sensor dan lampu kilat di dalamnya.

Berbeda dengan Galaxy S21 Ultra, hp Samsung terbaru ini hadir dengan sesuatu yang lebih unik. Untuk pertama kalinya, modul kamera persegi terpasang dengan sendirinya di tepi ponsel.

Modul ini dibulatkan di dua sisi dan rata di dua sisi lainnya. Desain ini memberikan tampilan baru pada ponsel ini karena kami rasa tidak umum.

Meskipun kedua smartphone ini memiliki berat sekitar 229 gram, iPhone 12 Pro Max secara signifikan terlihat lebih tipis.

Bahkan lebih tipis 1,5 mm dari Samsung Galaxy S21 Ultra. Kedua smartphone juga sudah menggunakan Gorilla Glass di kedua sisinya dengan balutan bingkai aluminium pada Samsung Galaxy S21 Ultra dan stainless steel pada iPhone 12 Pro Max.

LAYAR

samsung galaxy s21 ultra vs iphone 12 pro max

Masuk ke tampilan layar dan performa penampilan gambarnya, kami rasa sedikit lebih ketat di bagian ini karena keduanya menghasilkan warna yang elok.

Meski demikan, Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki resolusi, kecerahan, HDR, kerapatan piksel, dan rasio layar yang lebih tinggi. Namun, masih sulit untuk penyesuaiannya karena masih bergantung pada fitur penggunaan, jadi semua tergantung pengguna.

Di sisi lain, iPhone 12 Pro Max membanggakan Dolby Vision, Wide color gamut, dan True-tone. Ini merupakan langkah yang baik dari sebuah pengoptimalan yang tidak digunakan Galaxy S21 Ultra.

PERFORMA

samsung galaxy s21 ultra vs iphone 12 pro max

Sementara Galaxy S21 Ultra menggunakan Snapdragon 888 / Exynos 2100, iPhone 12 Pro Max hadir dengan chip Apple Bionic A14.

Kedua chip dibuat dengan proses manufaktur 5nm. Perbedaanya adalah Snapdragon 888 dan Exynos 2100 menggunakan solusi Samsung, atau racikan sendiri. Sedangkan Bionic A14 menggunakan solusi TSMC, masih menggunakan pihak ketiga.

Pada AnTuTu V8, chip Bionic A14 mampu mencapai angka performa 638.584. Seolah tak mau kalah gahar, Snapdragon 888 menunjukkan skor lebih dari 700.000 poin dalam banyak kasus untuk mengalahkan Bionic A14.

Sedangkan untuk Galaxy S21 Ultra yang menggunakan Exynos 2100, skor AnTuTu V8 nya mendekati 700.000 yakni 670.000.

Kedua smartphone menawarkan memori yang sama tanpa opsi untuk ekspansi. Namun, Galaxy S21 Ultra menawarkan lebih banyak RAM, yakni 12GB / 16GB sedangkan iPhone 12 Pro Max menggunakan RAM 6GB.

Masuk ke perangkat lunak, kami rasa ini jadi segmen lain yang sepenuhnya bergantung pada pengguna, biasanya kami katakan fanboy.

Jika kalian terbiasa dengan perangkat lunak tertentu, kalian mungkin tergoda untuk mengatakan itu yang terbaik. Satu hal yang harus kita ketahui adalah bahwa kedua smartphone sama-sama menggunakan perangkat lunak terbaru yang tersedia di kedua sisi.

Secara spesifikasi kalian bisa langsung liat perbandingan data spek disini

KAMERA

samsung galaxy s21 ultra vs iphone 12 pro max

Di bagian kamera, kedua smartphone menggunakan sensor lebar, ultra lebar, dan telefoto. iPhone 12 Pro Max mendapat poin lebih dengan kehadiran pemindai TOF 3D LiDAR, sedangkan Galaxy S21 memilih mencuri poin dengan lensa telefoto periskop yang memberinya lebih banyak kapasitas zoom.

Jika dibandingkan, kapasitas zoom maksimum iPhone 12 Pro Max adalah 2,5x, sedangkan Galaxy S21 Ultra mampu mencapai 10x.

Iming-iming soal kualitas zoom, kita tahu selama ini sebagian besar memberikan gambaran palsu tentang kamera yang bagus. Namun, kedua hp ini berhasil menepis anggapan tersebut.

Galaxy S21 Ultra datang dengan sensor utama 108MP f/1.8, sedangkan iPhone 12 Pro Max hadir dengan resolusi 12 MP, f/1.6. Kedua smartphone sama-sama mendukung Optical Image Stabilization (OIS).

Namun, di departemen video, Galaxy S21 mampu unggul dengan kemampuan 8K serta 24fps nya. IPhone 12 Pro Max hanya menawarkan kemampuan 4K namun dengan fleksibilitas pilihan frame rate 24/30/60fps.

Samsung tampaknya juga memiliki kamera depan yang lebih baik. Tapi, kamera depan Apple hadir dengan gyro-EIS yang tidak dimiliki Samsung.

BATERAI

samsung galaxy s21 ultra vs iphone 12 pro max

Dalam aspek baterai, Samsung Galaxy S21 Ultra mampu meraih kemenangan langsung. Baterainya tidak hanya lebih besar, tetapi juga mendukung pengisian yang lebih cepat.

Galaxy S21 Ultra menggendong baterai 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 25W. Untuk iPhone 12 Pro Max, hadir dengan baterai 3687 mAh yang mendukung pengisian cepat 20W.

Namun, dengan pengisian nirkabel, iPhone 12 Pro memiliki kapasitas 20W, ini dipastikan lebih tinggi dibanding Galaxy S21 Ultra yang hanya mendukung 10W.

Poin lain kami berikan pada Galaxy S21 Ultra yang juga mendukung pengisian nirkabel terbalik, dan ini tidak dimiliki iPhone 12 Pro Max.

KELEBIHAN

SAMSUNG GALAXY S21 ULTRA

Rp 8.550.000
Kriteria Spesifikasi
RAM 12 GB
Typing
Dimensi 165.1 x 75.6 x 8.9 mm
Berat 227 g
Ukuran Layar 6.8 inch
Screen Resolution 3200 x 1440 Pixel
Resolusi Kamera Belakang 108 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
OS Version 11
Detail Prosesor 2100
GPU Mali-G78 MP14
Dual Kamera Belakang Ya
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

  • Perangkat keras yang bagus
  • Pengisian nirkabel
  • Membalikkan pengisian nirkabel
  • Desain asli
  • Baterai Bagus

IPHONE 12 PRO MAX

Rp 17.899.000
Kriteria Spesifikasi
RAM 6 GB
Typing -
Dimensi 160.8 x 78.1 x 7.4 mm
Berat 228 g
Ukuran Layar 6.7 inch
Screen Resolution 2778 x 1284 Pixel
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Kapasitas Baterai -
OS Version 14
Detail Prosesor A14 Bionic
GPU Apple GPU
Dual Kamera Belakang Ya
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

  • Chip yang bagus
  • Lebih tipis
  • Peringkat tahan air yang lebih baik

KEKURANGAN

SAMSUNG GALAXY S21 ULTRA

  • Terlalu tebal

IPHONE 12 PRO MAX

  • Baterai lebih kecil
  • Desain Biasa

KESIMPULAN

Samsung Galaxy S21 Ultra secara harga mungkin lebih murah daripada pendahulunya tetapi menjadi salah satu ponsel terbaik yang dapat dibeli dengan uang seharga iPhone 12 Pro Max.

Samsung jelas meningkatkan permainannya untuk tahun ini setelah upaya yang tidak bersemangat dengan Galaxy S20 Ultra tahun lalu. Tentu saja iPhone 12 Pro Max lebih unggul dalam beberapa hal, terutama performa dan desainnya yang lebih tahan lama.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1672 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.