Diperbaharui pada Jumat, 29 Desember 2023 | 16:57

Perbedaan Soundbar dan Speaker Home Theater, Mana yang Terbaik?

Soundbar vs speaker home theaterFoto: Bose

Bagi penikmat musik dan film, pastinya speaker adalah salah satu perangkat audio yang wajib dimiliki. Seperti yang kita ketahui, beberapa orang mungkin menggunakan speaker home theater untuk mendampingi televisi di rumahnya, agar mendapatkan kualitas audio yang jauh lebih baik.

Namun kini muncul inovasi teknologi audio baru yang secara perlahan telah menggantikan fungsi speaker home theater sebagai perangkat penghasil audio untuk TV. Perangkat ini dinamakan soundbar. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Soundbar vs Speaker Home Theater

Soundbar vs speaker home theaterFoto: Bose

Pertama-tama, kita akan membahas tentang speaker home theater. Alat ini sudah menjadi andalan bagi para penikmat musik maupun film. Teknologinya yang canggih memberikan kualitas suara yang sangat jernih, sehingga saat menonton film, akan terasa seperti di dalam bioskop.

Speaker home theater ini juga biasanya didesain sangat elegan dengan sepasang speaker yang diletakan pada kanan dan kiri TV, yang secara tidak langsung juga membuat tampilan ruang keluarga semakin menarik.

Beralih ke soundbar, alat ini termasuk teknologi baru di jajaran perangkat audio. Sama halnya seperti speaker home theater, soundbar juga berfungsi sebagai pendamping televisi untuk mendapatkan kualitas audio yang lebih baik.

Jika home teater memiliki beberapa pasang speaker yang dipasang di kiri, kanan, depan, belakang, bahkan di atas langit-langit, dengan ukuran yang cukup besar, soundbar didesain lebih kecil dengan bentuk memanjang dan biasanya diletakan di bawah televisi layaknya perangkat DVD Player.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk memilih speaker mana yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut perbedaan soundbar dan speaker home theater.

1. Bentuk Fisik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, speaker home theater memiliki bentuk fisik yang lebih rumit. Biasanya speaker ini memiliki beberapa jenis speaker di dalam satu paketnya, sehingga pemasangan kabelnya pun akan jauh lebih rumit

Jika Anda menyukai tampilan yang simpel, mungkin Anda lebih cocok menggunakan soundbar. Tampilannya yang simpel dan kecil membuatnya lebih praktis.

Selain itu, soundbar juga sudah didukung teknologi wireless sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak kabel untuk menghubungkannya ke televisi.

2. Kapasitas Tempat

Sesuai dengan bentuk fisiknya, penggunaan speaker home theater tentu akan memakan banyak tempat di ruang keluarga Anda. Berbeda halnya dengan Soundbar yang didesain minimalis dan tidak memakan banyak tempat.

Jika pada speaker home theater, Anda harus meletakkannya di berbagai lokasi tertentu, soundbar memberikan kemudahan karena hanya cukup meletakan speaker di bawah maupun di depan televisi Anda.

Soundbar vs speaker home theaterFoto: Pinterest

3. Kualitas Suara

Hal terpenting dalam memilih speaker tentunya adalah kualitas suara. Pada perbandingan dua speaker ini sudah jelas bahwa speaker home theater lebih unggul dalam memberikan kualitas audio dibanding soundbar.

Hal ini karena speaker home theater terdiri dari beberapa unit dan fungsi tertentu. Sehingga, kualitas audio yang disajikan mampu membuat para penontonnya seperti sedang ada di dalam studio.

Sedangkan untuk soundbar, cocok untuk digunakan hanya sekedar menonton televisi dan mendengarkan musik, karena suara yang dihasilkan tidak sebesar dan semegah speaker home theater.

4. Harga

Untuk harga sebenarnya tidak bisa bandingkan mana yang lebih terjangkau. Apakah lebih mahal speaker home theater atau soundbar. Ini karena beberapa produk menawarkan harga yang berbeda tergantung bentuk, material yang digunakan, spesifikasi, dan teknologinya.

Terkadang harga soundbar bisa lebih mahal, terutama yang mendukung fasilitas wireless dengan sideward and upward firing speaker. Walau begitu, bila dilihat secara umum, rata-rata harga speaker home theater memang perlu diakui lebih mahal bila dibandingkan dengan harga soundbar, karena memiliki beberapa unit dalam paket pembeliannya. 

Kesimpulan

Dari penjabaran dan perbandingan yang telah dijelaskan di atas, sepertinya akan lebih banyak penikmat audio yang akan tetap memilih home theater, karena kualitas suara yang dihasilkan belum bisa ditandingi oleh jenis perangkat audio lainnya.

Namun bila yang dicari adalah keringkasan, desain minimalis, dan tidak terlalu memerhatikan kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker, maka soundbar adalah pilihan tepat. Apalagi kalau yang dibeli adalah soundbar premium dengan spesifikasi tinggi, tentu kualitas suaranya juga jauh lebih baik.

Pada akhirnya, pilihan memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan besar ruangan yang akan dipakai untuk meletakkan home theater atau soundbar tersebut.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1500 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.