Diperbaharui pada Selasa, 18 September 2018 | 11:20

Xiaomi Redmi 6 vs Samsung Galaxy J6, Tawarkan 2 Sisi Keunggulan yang Berbeda

xiaomi redmi 6 vs samsung galaxy j6

Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap hp kelas mid end atau menengah di harga Rp2 jutaan membuat persaingan vendor di sektor ini bergitu ketat. Mereka berlomba untuk memberikan smartphone dengan spesifikasi terbaik dengan harga terjangkau dengan harapan akan dilirik oleh masyarakat.

Kamu semua mungkin sudah mengetahui kalau salah satu pemain besar yang selalu bermain di sektor hp kelas menengah adalah Xiaomi. Bahkan mereka cukup punya banyak produk yang menonjol di pasar ini. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi 6 yang baru-baru ini mereka bawa ke Indonesia.

Selain Xiaomi, Pabrikan asal Korea Selatan, Samsung juga ikut dalam persaingan dengan membawa Galaxy J6 untuk dijual di Indonesia. Hp murah Samsung dulu sering dianggap sebelah mata karena punya spesifikasi ala kadarnya, namun sekarang sudah tidak bisa diremehkan lagi karena mereka sudah melakukan banyak perbaikan dari sisi ini.

Baik Xiaomi Redmi 6 dan Samsung Galaxy J6 sendiri punya spesifikasi yang cukup bersaing di pasar hp Rp2 jutaan. Seperti apa spesifikasi dari dua pabrikan besar smartphone dunia ini? Berikut kami ulas perbedaan spesifikasi Xiaomi Redmi 6 dan Samsung Galaxy J6:

Desain

samsung galaxy j6

Dari sisi desain, Xiaomi Redmi 6 sudah hadir dengan desain yang cukup bezel less dengan rasio bodi ke layar 18:9. Dari sisi belakang, terdapat konfigurasi dual kamera yang disusun secara horizontal dan membuat hp ini terlihat berkelas meski tidak berstatus sebagai hp mahal.

Sedangkan Samsung Galaxy J6 menawarkan desain Infinity Display dengan bezel yang lebih tipis dari Redmi 6 melalui rasio layar 18,5:9. Tentu hp ini akan menawarkan pengalaman menonton lebih nyaman dan tak terbatas, khususnya saat menonton tayangan video online.

Untuk urusan bodi, kedua hp ini menggunakan bodi berbahan plastik yang umum dipakai di hp-hp harga Rp2 jutaan.

Layar

samsung galaxy j6

Untuk bagian layar, rupanya Xiaomi melakukan downgrade ukuran layar pada Redmi 6 dibanding pendahulunya menjadi 5.45 inch IPS LCD dari 5.7 inch pada Redmi 5. Walau begitu, ukurannya masih sesuai standar hp berharga terjangkau masa kini serta resolusi yang ditawarkan sama 720 x 1440 pixel.

Dari sisi ini, Samsung kembali unggul karena menawarkan layar yang ukurannya lebih besar yaitu 5.65 inch beresolusi 720 x 1480 pixel. Di samping itu, panel yang dipakai sudah Super AMOLED yang terkenal mampu menawarkan tampilan warna lebih baik dari IPS.

Software

android oreo

Dari sisi OS, sebenarnya kedua hp ini sama-sama menggunakan Android Oreo sebagai basis OS-nya. Namun Xiaomi sudah menggunakan Android Oreo versi 8.1 dengan sentuhan MIUI 9 yang dianggap lebih update dari Galaxy J6 yang masih menggunakan Android Oreo 8.0.

Performa

mediatek helio p22

Dari sisi performa, kedua hp menggunakan chipset dari dua pabrikan berbeda. Di mana Xiaomi Redmi 6 menggunakan chipset Mediatek Helio P22 Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 yang punya performa bagus dan menggunakan teknologi 12nm, sehingga membuat konsumsi dayanya dijamin sangat hemat.

Sedangkan Samsung Galaxy J6 menggunakan chipset buatan Samsung yaitu Exynos 7870 Octa 1.6 GHz Cortex-A53. Dari sisi kecepatan, terlihat kalau performa dari Helio P22 lebih baik dari Exynos 7870. Selain itu, Exynos 7870 masih menggunakan pabrikasi 14nm yang membuat konsumsi dayanya masih kalah dari Helio P22.

Namun, kedua pabrikan sudah memberikan dua varian RAM dan ROM sama, masing-masing 3GB 32GB dan 4GB 64GB. Selain itu turut disediakan slot microSD sampai 256GB.

Fitur Keamanan

face unlock

Walau berstatus sebagai hp berharga terjangkau, baik Xiaomi dan Samsung tidak setengah-setengah dalam memberikan fitur keamanan pada kedua smartphone-nya ini. Di mana keduanya sudah mendukung fitur Face ID dan masih diberikan sensor sidik jari di bagian belakang.

Kamera

xiaomi redmi 6

Untuk urusan kamera, Xiaomi Redmi 6 menggunakan konfigurasi dual kamera belakang beresolusi 12MP (f/2.2, 1.25 μm) + 5MP (f/2.2,1.12 μm). Sedangkan untuk kamera depannya menggunakan sensor beresolusi 5MP.

Sedangkan Samsung Galaxy J6 masih menggunakan single kamera utama beresolusi 13MP namun punya aperture lebih baik f/1.9 yang membuatnya unggul dalam memotret di lingkungan minim cahaya. Selain itu, resolusi kamera depan Galaxy J6 juga lebih baik yaitu 8MP f/1.9 yang sudah dilengkapi LED Flash.

Baterai

samsung galaxy j6

Dari sisi baterai, Baik Xiaomi Redmi 6 dan Samsung Galaxy J6 menggunakan baterai berkapasitas sama yaitu 3000mAh. Namun, Xiaomi Redmi 6 dianggap punya keuntungan lebih melalui penggunaan chipset Mediatek Helio P22 yang membuat ketahanan daya hp ini bisa lebih baik dari pesaingnya.

Kesimpulan

Penjabaran spesifikasi kedua hp di atas hanya di atas kertas saya, sebab untuk mengetahui performa aslinya diperlukan tes secara langsung. Walau begitu, terlihat kedua pabrikan memberikan pendekatan berbeda pada kedua hp andalannya ini.

Xiaomi lebih menonjolkan sisi performa dengan mengandalkan chipset Helio P22 yang baru diluncurkan di tahun ini dan berteknologi 12nm. Sedangkan Samsung memberikan penawaran lebih dari sisi entertainment melalui ukuran layar yang lebih besar dan kamera yang lebih baik.

Pada akhirnya, kamulah yang harus memilih, karena pemilihan mana yang lebih baik sejatinya harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Jadi, semoga penjabaran di atas bisa memberikan kamu gambaran mana hp yang harus dipilih ya!

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts