Diperbaharui pada Selasa, 7 Agustus 2018 | 14:14

Huawei Nova 3i vs ASUS Zenfone 5, Adu Spesifikasi Hp 4 Jutaan Terbaru

Tahun 2018, pabrikan smartphone tampaknya cukup gencar dalam melakukan terobosan produk. Di Indonesia sendiri, pasar smartphone terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Karena pilihan produk yang hadir resmi di tanah air makin lama makin beragam.

Ada dua pabrikan yang tahun ini cukup gencar mengambil hati konsumen dari Indonesia, yaitu Huawei dan ASUS. Huawei sudah menghadirkan banyak produk dari berbagai lini mulai dari low end sampai kelas flagship, begitu juga dengan ASUS yang tahun ini melakukan terobosan cukup baik melalui beberapa produknya.

Di Huawei, baru-baru ini mereka meluncurkan smartphone Nova 3i, yang merupakan smartphone pertama yang memakai chipset Kirin 710. Kemudian dari ASUS datang Zenfone 5 yang hadir dengan desain cantik dan punya fitur kamera yang mengagumkan.

Menariknya, kedua hp ini dijual dengan harga yang mirip, yaitu sekitar Rp4 jutaan yang masih cukup terjangkau oleh kantong masyarakat Indonesia. Seperti apa perbedaan dari kedua smartphone ini? Berikut ini adalah ulasannya:

Desain

desain asus zenfone 5

Dari segi desain, kedua hp cukup mirip. Di mana keduanya mengusung desain layar full view ditambah notch. Penempatan kamera belakang juga mengikuti desain ala iPhone X yang juga banyak diikuti oleh pabrikan lain.

Huawei memberikan 3 varian warna mencolok pada Nova 3i, yaitu Black, Pearl White, Iris Purple. Sementara ASUS, walau tidak memberi warna seheboh Nova 3i pada Zenfone 5, tapi panel belakang mereka yang terbuat dari kaca memiliki desain melingkar yang tidak dimiliki oleh produk smartphone lain.

Kedua hp ini juga masih memiliki jack headphone 3.5mm yang sudah banyak ditinggalkan oleh cukup banyak pabrikan smartphone.

Layar

Dari sisi layar, perbedaan dari kedua hp sangat tipis. Di mana Huawei Nova 3i hadir dengan layar ukuran 6.3 inch beresolusi 1080 x 2340 pixel berteknologi IPS LCD. Sedangkan ASUS Zenfone 5 menggunakan teknologi layar yang sama ukuran 6.2 inch beresolusi 1080 x 2246 pixel.

Walau begitu, layar milik Zenfone 5 sudah dilindungi oleh Gorilla Glass agar tidak mudah lecet. Di bagian atas layar, kedua pabrikan memberikan tambahan notch atau poni yang difungsikan untuk menempatkan speaker, kamera depan, dan sejumlah sensor.

OS

Dari sisi OS, Huawei Nova 3i berjalan dengan OS Android 8.1 Oreo yang dikustomisasi menggunakan EMUI 8.2. User Interface miliki Huawei ini menawarkan banyak fitur baru yang menarik dari versi sebelumnya.

Di sisi lain, ASUS masih mengandalkan versi sedikit lebih lama yaitu Android 8.0 Oreo yang dikustomisasi menggunakan ASUS ZenUI 5.0.

Performa

Kedua pabrikan tidak main-main dalam mengembangkan dapur pacu dari kedua hp ini. Di mana Huawei Nova 3i sudah menggunakan chipset terbaru yaitu Kirin 710 yang merupakan penerus dari Kirin 659. Chipset ini dilengkapi dengan RAM 4GB dan ROM 128GB yang masih bisa diperluas sampai 256GB dengan memori eksternal.

Sementara ASUS Zenfone 5 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan RAM 4GB/6GB dan ROM 64GB. Walau di atas kertas chipset ini masih kalah dari Kirin 710, tapi ASUS sudah melengkapi Zenfone 5 dengan fitur AI Boost. Fitur tersebut berfungsi untuk mengoptimasi performa CPU hp ini menjadi lebih baik.

Kamera

Huawei Nova 3i menonjolkan kekuatan kamera dengan menempatkan empat buah kamera yang terdiri dari dual kamera depan dan dual kamera belakang. Untuk dual kamera utama sudah beresolusi 16 MP (f/2.2) + 2 MP dengan fitur PDAF, Contrast Detection Auto Focus (CDAF). Sedangkan dual kamera depan beresolusi 24 MP + 2 MP dengan fixed focal length. Semua kamera pada Nova 3i sudah dilengkapi teknologi Ai.

Lalu, bagaimana dengan ASUS Zenfone 5? Hp ini sudah dilengkapi dengan dual kamera belakang dengan konfigurasi 12MP + 8MP. Untuk kamera pertama dengan sensor 12MP memiliki aperture f/1.8, ukuran sensor 24mm, 1/2.55", 1.4µm, dan sudah dibekali fitur Phase Detection Auto Focus (PDAF).

Sedangkan kamera kedua menggunakan resolusi 8MP memiliki aperture f/2.0, sensor size 12mm, 1/4", 1.12µm, PDAF, gyro EIS, dual-LED (dual tone) flash. Kemampuan kamera dari Zenfone 5 sudah terbukti dengan mencatat skor tinggi di DxOMark sebesar 90 dan menjadikannya smartphone kelas menengah dengan skor DxOMark tertinggi saat ini.

Baterai

Dari sisi baterai, Huawei Nova 3i sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 3340 mAh, dan ASUS Zenfone 5 menggunakan baterai berkapasitas 3300mAh. Dari angka, Nova 3i memang sedikit lebih unggul.

Tapi perbedaan 40mAh sejatinya tidak akan banyak terasa ketika dipakai. Selain itu, gaya pemakaian smartphone tiap orang berbeda, jadi nilai ini tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan mana yang lebih unggul.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Huawei Nova 3i RAM 4GB ROM 128GB Rp 3.075.000 6.3 inch Kirin 710 8.1 4 GB 128 GB Mali-G72 MP12 16 MP 3340 mAh
ASUS Zenfone 5 ZE620KL RAM 4GB ROM 64GB Rp 3.275.000 6.2 inch Snapdragon 636 8 4 GB 64 GB Adreno 509 12 MP 3300 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Dari gambaran di atas, kedua hp cukup seimbang dengan mengandalkan fitur yang disiapkan oleh vendor mereka masing-masing. Di mana Nova 3i unggul dari segi dapur pacu, sementara ASUS Zenfone 5 memiliki kamera yang sudah diakui kemampuannya. Perlu dicatat, apa yang kami paparkan di atas hanyalah di atas kertas saja, sebab kami harus melakukan tes secara langsung untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan kedua hp.

Sejauh ini, kami sudah melakukan review terhadap ASUS Zenfone 5 yang videonya bisa kamu lihat di bawah ini

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts