Diperbaharui pada Jumat, 20 Juli 2018 | 10:53

Xiaomi Redmi 6 Pro vs Vivo Y83, Perbandingan Dua Smartphone Hemat Baterai

Tak ada habisnya memang bila kita membicarakan persaingan hp kelas menengah. Banyak produsen besar yang ikut persaingan di pasar ini, kebanyakan dari mereka adalah produsen asal China yang cukup sukses menghasilkan banyak smartphone mumpuni tapi dijual di harga murah.

Ada dua produsen hp asal China yang cukup kuat memegang pasar kelas mid end smartphone, terutama di Indonesia yaitu Xiaomi dan Vivo. Xiaomi sudah semakin dikenal sebagai salah satu produsen yang selalu rajin membawa produk hp murah spek tinggi yang sangat menarik perhatian.

Sementara Vivo dalam beberapa tahun terakhir selalu menghadirkan kehebohan melalui serangkaian launching produk V Series secara besar-besaran. Namun di sini, kami tidak akan membicarakan V Series, melainkan Y Series melalui Vivo Y83, mungkin belum banyak yang mengenal hp ini di Indonesia, tapi hp ini cukup menarik perhatian dengan spesifikasi bagus yang diusungnya.

Sementara Xiaomi tak mau kalah karena mereka baru meluncurkan Redmi seri terbaru yaitu seri 6. Salah satu diantaranya adalah Redmi 6 Pro, walau beum masuk ke Indonesia, tapi hp ini diprediksi akan masuk karena Xiaomi rajin memasukkan produk Redmi ke Indonesia.

Untuk mengetahui apa saja keunggulan dari Vivo Y83 dan Xiaomi Redmi 6 Pro, berikut kami sajikan head to head spesifikasi dari kedua hp tersebut:

Desain

Vivo Y83 sendiri tampil mempesona dengan desain unibodi yang cukup ramping mirip V7+ yang dilengkapi notch di atas layar. Balutan bodi metal yang dihadirkan juga cukup solid dan kuat. Pengguna bisa mengoperasikan ponsel dengan satu tangan mengingat dimensinya yang tidak terlalu besar untuk sebuah phablet.

Sedangkan Xiaomi Redmi 6 Pro tak mau kalah karena memiliki desain kekinian juga dengan menggunakan notch pada layarnya. Tambahan notch ini membuat tampilan perangkat terlihat lebih menarik dan berbeda dari seri sebelumnya yaitu Redmi 5.

Layar

Redmi 6 Pro mengusung layar yang cukup besar berukuran 5.84 inch IPS LCD rasio 19:9. Resolusi layar yang diusung juga sangat baik yaitu 1080 x 2280 pixels. Tapi layar ini lebih kecil dari yang dimiliki Vivo Y83.

Di mana Vivo memasang layar berukuran 6,2 inci IPS LCD rasio 19:9 yang sangat ideal untuk smartphone saat ini. Layarnya kian apik dengan dukungan sudah disokong fitur eye protection mode yang membuat smartphone bisa menyaring cahaya biru dari layar sehingga mata pengguna tidak lelah kala menatap smartphone dalam waktu lama. Tapi resolusi layar ini lebih kecil sebesar 720 x 1520 pixel.

Performa

Untuk urusan performa, Xiaomi Redmi 6 Pro masih ditenagai prosesor lawas hemat daya Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core 2.0 GHz, sama seperti yang digunakan oleh beberapa produk lainnya seperti Xiaomi Mi A1 atau Xiaomi Redmi S2. Ditambah dukungan memori RAM 3GB atau 4GB, tentu makin memanjakan kinerja prosesornya.

Sementara Vivo Y83 mengandalkan chipset kelas menengah terbaru yaitu Mediatek Helio P22 Octa-core 2.0 GHz. Walau terlihat seimbang, tapi prosesor octa-core ini menggunakan pabrikasi 12nm yang lebih unggul dari Snapdragon 625 yang masih memakai 14nm. Chipset ini akan disokong RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB.

OS

Sebagai hp Xiaomi terbaru, Redmi 6 Pro menawarkan pengalaman user interface teranyar melalui MIUI 9 yang bergerak dengan basis OS Android 8.1 Oreo. Fitur-fitur di MIUI 9 memiliki sejumlah peningkatan dan tambahan ketimbang seri terdahulu.

Sedangkan Vivo Y83 juga sama-sama menggunakan sistem Android yang update yakni Android 8.1 Oreo dengan kustomisasi dari Funtouch OS 4. Tentu dari sisi ini kedua hp bisa dibilang cukup seimbang.

Kamera

Xiaomi Redmi 6 Pro sudah menempatkan fitur dual kamera di bagian belakang beresolusi 12MP ukuran 1.25 micron pixel dan aperture f/2.2 + 5MP yang terbilang standar untuk ukuran dual kamera. Di bagian depan, terdapat kamera 5MP yang dibekali modus portrait dengan teknologi AI serta mendukung fitur HDR.

Sementara Vivo Y83 hanya menggunakan satu kamera belakang beresolusi 13MP aperture f/2.2. Sementara kamera depannya, Vivo Y83 punya resolusi lebih baik dari Redmi 6 Pro yaitu sebesar 8 MP aperture f/2.2. Kehadiran chipset Helio P22 juga membuat kamera bisa menangkap fokus dan exposure lebih baik.

Fitur Keamanan

Xiaomi telah menambahkan fitur keamanan terbaru dengan teknologi face unlock. Fitur keamanan ini sudah disokong teknologi AI untuk keakuratan pemindaian, sehingga jauh lebih efisien dan terjaga keamanannya. Face unlock ini akan berdampingan dengan fitur keamanan lain yakni sensor fingerprint.

Sementara untuk Vivo juga sudah menghadirkan tombol on screen yang responsif untuk membantu pengoperasian. Sayangnya, Vivo menghilangkan fitur sidik jari dalam seri ini, tapi sebagai gantinya Vivo menghadirkan fitur face recognition yang canggih.

Baterai

Xiaomi Redmi 6 Pro sudah ditanamkan baterai berkapasitas besar yaitu mencapai 4,000mAh. Baterai dengan kapasitas ini tentu saja sangat optimal untuk penggunaan harian dan main game dalam waktu yang lama.

Sementara Vivo hanya menawarkan baterai berkapasitas 3260 mAh. Meski begitu, penggunaan chipset Helio P22 yang berteknologi 12nm tentu akan membuat konsumsi daya di hp ini menjadi sangat hemat.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Vivo Y83 32GB Rp 2.199.000 6.22 inch Helio P35 8.1 4 GB 32 GB PowerVR GE8320 13 MP 3260 mAh
Xiaomi Redmi 6 Pro RAM 4GB ROM 64GB Rp 2.359.000 5.84 inch Snapdragon 625 8.1 4 GB 64 GB Adreno 506 12 MP 4000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Perbandingan spesifikasi di atas hanya di atas kertas saja, untuk mengetahui kemampuan asli dari kedua hp perlu tes lebih lanjut. Walau begitu, dari perbandingan keduanya terlihat jelas kalau kedua hp ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Untuk harga jualnya, Vivo Y83 dijual di kisaran harga 3 jutaan, sementara Redmi 6 Pro kemungkinan dijual tak jauh berbeda dari Y83. Jadi, kamu lebih pilih yang mana?

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts