Diperbaharui pada Selasa, 26 September 2017 | 22:55

Xiaomi Redmi Note 4 VS Wiko UPulse, Duel Hp Rp2 Jutaan Terbaik

Punya budget Rp2 jutaan? sekarang ada banyak pilihan hp terbaik yang ada di pasaran. Namun, umumnya hp tersebut hanya dilengkapi dengan layar seluas 5 inch saja.

Buat kamu yang memerlukan hp berlayar besar, saat ini terdapat dua kandidat kuat, yakni Wiko UPulse dan Xiaomi Redmi Note 4. Kedua hp ini tawarkan spesifikasi bersaing satu sama lain, serta diproduksi oleh merek kenamaan yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Buat kamu yang bingung memilih Wiko UPulse atau Xiaomi Redmi Note 4 untuk dijadikan sebagai daily driver, yuk simak komparasinya berikut ini!

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4 VS Wiko UPulse

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Xiaomi Redmi Note 4 RAM 3GB ROM 32GB Rp 1.800.000 5.5 inch Helio X20 6 3 GB 32 GB Mali-T880 MP4 13 MP 4100 mAh
Wiko Upulse RAM 3GB ROM 32GB belum ada harga 5.5 inch MT6737 7 3 GB 32 GB - 13 MP 3100 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Desain

Di sektor desain, kedua hp ini tampil kekinian. Keduanya tawarkan konsep premium yang sangat nyaman di genggam. Pada Xiaomi Redmi Note 4, ia tawarkan desain unibody berbahan metal dengan dimensi berukuran 151 x 76 x 8.5 mm dan bobot seberat 165 gram.

Memiliki penampilan yang cukup mirip, perbedaan pada Wiko UPulse adalah penggunaan material plastik dengan brushed metal. Hadir dalam empat varian warna, hp ini memiliki dimensi bodi berukuran 153.5 x 77.5 x 8.5 mm dan berat 167 gram. Menariknya, hp ini memiliki cover belakang yang bisa dilepas pasang, berbeda dengan Redmi Note 4 yang mengharuskan kamu mengakses slot SIM card dan microSD dari bagian luar.

Layar

Sama-sama mengusung panel kaca 2.5D seluas 5,5 inch, kedua hp terbaru ini menyediakan sarana optimal untuk memuaskan kamu saat menonton konten multimedia. Perbedaannya, Xiaomi Redmi Note 4 mengusung resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 401 ppi, sedangkan Wiko UPulse menggunakan resolusi HD 1280 x 720 piksel yang sanggup hasilkan kerapatan hingga 267 ppi.

Hardware

Perbedaan lain pada kedua hp ini terletak di sektor performa. Dijalankan pada OS Android 7.0 Nougat, Wiko UPulse andalkan prosesor MediaTek MT6737 dengan prosesor empat inti berkecepatan 1.3 GHz yang sudah dipadukan dengan pengolah grafis Mali-T72.

Sementara pesaingnya, Xiaomi Redmi Note 4, ia andalkan chipset kelas menengah Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dengan prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU dari Adreno 506.

Untuk pemakaian standar termasuk gaming, kedua hp ini mampu mengerjakan tugasnya dengan baik. Bahkan, kamu bisa menjalankan game HD sekelas Asphalt 8 dan Modern Combat 5 tanpa mendapatkan hambatan. Khusus untuk Xiaomi Redmi Note 4, ia memiliki keunggulan tersendiri karena chipset yang dipakai tergolong irit baterai.

Baik Wiko UPulse ataupun Xiaomi Redmi Note 4, keduanya menyematkan RAM 3GB dan memori internal 32GB yang bisa diperluas melalui microSD. Bedanya, Xiaomi Redmi Note 4 menggunakan slot hybrid yang mengharuskan kamu memilih untuk menggunakan dua buah SIM card atau satu SIM card dan satu kartu microSD. Sementara itu, Wiko UPulse menyediakan slot terpisah sehingga kamu bisa mengaktifkan fitur dual SIM secara bersamaan tanpa harus mengorbankan penggunaan memori eksternal.

Kamera

Hasil foto kamera Xiaomi Redmi Note 4

Mengenai kemampuan fotografi, kedua hp ini memiliki kamera belakang dengan kemampuan setara. Masing-masing tawarkan sensor berukuran 13 MP yang sudah dilengkapi LED flash, mampu hasilkan gambar dengan kualitas sama bagusnya, bahkan sudah terintegrasi dengan fitur-fitur fotografi lain seperti HDR, Panorama dan Night Mode.

Hasil foto kamera Wiko UPulse

Menilik ke bagian depan, terdapat perbedaan yang sangat signifikan. Xiaomi Redmi Note 4 hanya menawarkan sensor berukuran 5 MP saja, sedangkan Wiko Upulse tampil menonjol dengan kamera beresolusi 8 MP. Bahkan, kamera depan pada Wiko Upulse juga dilengkapi fitur LED flash sehingga tidak akan mengganggu aktivitas selfie di tempat gelap.

Baterai

Perbedaan signifikan juga terletak di sektor baterai. Pada Xiaomi Redmi Note 4, kamu bisa memanfaatkan baterai berkapasitas jumbo, 4.100 mAh. Sayangnya, Wiko Upulse hanya disertai baterai berkapasitas lebih minim, 3.000 mAh saja.

Tampil membawa layar berukuran besar, kedua hp ini menjadi pilihan terbaik. Jika kamu  mementingkan layanan purna jual, harga dan kemampuan kamera selfie, Wiko Upulse merupakan produk terbaik yang bisa kamu pilih, dijual dengan budget Rp1,899,000 saja.

Namun jika sektor hardware menjadi pertimbangan utama kamu, lebih bijak untuk memilih Xiaomi Redmi Note 4 yang dijual Rp2,399,000 untuk produk resminya atau Rp1.820.000 untuk produk distributor.

Baca juga artikel:

Tarung Hp Dual Kamera: Xiaomi Mi A1 VS Moto G5S Plus

Infinix Note 4 VS Note 3, Adu HP Layar Besar dengan Baterai Jumbo

Samsung J3 Pro 2016 vs 2017: Perbedaan Harga, Fitur, dan Spesifikasi

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts