Diperbaharui pada Senin, 8 Juni 2015 | 09:19

Smartphone Murah Terbaik RAM 2GB: Pilih Xiaomi Redmi Note atau Lenovo A7000

Untuk ponsel harga 2 jutaan, Xiaomi memiliki Xiaomi Redmi Note RAM 2 GB yang cukup menyita perhatian publik. Pasalnya meski dilepas untuk pasar kelas menengah, ponsel ini mengusung spesifikasi mesin yang cukup gahar hingga kamera yang mumpuni. Hal ini tentu menjadi daya tarik bagi pengguna yang mendambakan perangkat terjangkau.

Namun, memasuki tahun 2015 ini, beberapa produsen gadget sudah mulai menghadirkan pesaing tangguh untuk menghadang produk Xiaomi. Sebut saja Lenovo yang maret lalu memperkenalkan Lenovo A7000 yang juga hadir dengan harga 2 jutaan. Berikut perbandingan antara Xiaomi Redmi Note dan Lenovo A7000.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note atau Lenovo A7000

Xiaomi Redmi Note Spesifikasi Lenovo A7000
GSM/LTE Jaringan GSM/LTE
Android OS, v4.4.4 (KitKat) OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Chipset Mediatek MT6752m
Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 CPU/GPU Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
8GB/2GB Internal/RAM 8GB/2GB
13MP/5MP Kamera 8MP/5MP
3100mAh Baterai 2900mAh

Desain                                                                           

Untuk desain, kedua perangkat hadir dengan desain yang tak jauh berbeda. Lenovo dan Xiaomi hadir dengan desain bentuk bodi mengkotak dengan sudut membulat. Perbedaan terletak pada letak tombol dan kamera. Ponsel Xiaomi hadir dengan kamera utama di tengah, sementara ponsel Lenovo hadir dengan kamera berada di sudut atas.

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Untuk dimensi, kedua produk tak jauh berbeda. Namun, Lenovo tampil lebih tipis dan ringan dibandingkan Xiaomi. Alhasil ponsel milik Lenovo lebih nyaman digenggam.

Layar

Untuk bagian layar, kedua ponsel Android Rp 2 jutaan ini sudah menggunakan layar sentuh berukuran 5,5 inci. Produsen juga menghadirkan teknologi IPS hingga resolusi layar HD 1280 x 720 pixelsl. Untuk melindungi layar, Xiaomi sudah menggunakan fitur Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Lenovo hanya fitur anti gores biasa. Meski memiliki ukuran yang sama, layar Lenovo tampak lebih besar dibanding Xiaomi.

Mesin

Pada bagian mesin, Lenovo berusaha menghadang laju Xiaomi dengan mengandalkan mesin Octa core Mediatek MT6752m berkecepatan 1,5 GHz  dengan dukungan GPU Mali T760MP2. Sedangkan, Xiaomi hanya menggunakan prosesor Octa-core MT6592 berkecepatan 1,6 GHz dari MediaTek dengan dukungan Mali 450MP4. Kedua perangkat juga menggunakan RAM yang besar 2GB. Kedua mesin di ponsel ini tak jauh berbeda, namun Lenovo lebih unggul dibagian pengolah grafis.

Sistem operasi

Redmi Note sedikit tertinggal dengan menggunakan OS Android 4.4 KitKat dengan balutan Mi UI. Untuk A7000 sudah menggunakan OS Android 5.0 Lollipop dengan balutan Lenovo Vibe Ui. Tentu saja Lenovo lebih menawarkan pengalaman navigasi yang lebih menarik dengan sistem yang lebih update.

Media Penyimpanan

Kedua produsen menyadari kebutuhan penyimpanan data pengguna saat ini, maka kedua perangkat hadir dengan memori internal 8 GB dan slot microSD.

Baca jugaMuncul Di GFXBench, Samsung Galaxy A8 Berlayar 5,5 Inci Dipastikan Meluncur

Kamera

Vendor Xioami lebih unggul disektor ini dengan hadirnya kamera utama 13 MP, sementara Lenovo hanya mengandalkan kamera utama 8MP. Untuk kamera depan, kedua ponsel dengan harga Rp 2 jutaan ini dibekali kamera depan 5MP.

Harga

Dari data Pricebook, Xiaomi Redmi Note dan Lenovo A7000 dijual dengan harga 2,2 jutaan.

Kesimpulan

Kedua ponsel harga 2 jutaan ini hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing – masing. Namun, untuk urusan mesin dan kamera, Lenovo A7000 lebih unggul dibanding Xiaomi Redmi Note. Kini semua kembali ke selera Anda dalam memilih ponsel untuk harian.

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts