Diperbaharui pada Senin, 31 Juli 2017 | 14:04

Tips Mengatur Kontak Pewaris Pada Akun Facebook

Image via YouTube

Facebook masih menjadi salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna. Terhitung jutaan akun mengakses media sosial ini untuk berkomunikasi atau sekadar membagikan update status maupun video dan foto.

Sayangnya, banyak akun Facebook yang tidak digunakan lagi akibat lupa password atau karena sang pengguna sudah meninggal. Untuk kasus pengguna yang meninggal memang menjadi permasalah tersendiri. Pasalnya kita tidak tahu apakah akun Facebook tersebut memang masih aktif penggunanya atau memang penggunanya sudah meninggal. Menyadari hal tersebut, beberapa waktu lalu, Facebook melakukan update kecil agar akun pengguna bisa terhapus sendiri bila penggunanya meninggal. Ada juga pilihan akun Facebook yang meninggal menjadi akun kenangan.

Dalam pengaturan baru di Facebook, pengembang menghadirkan pilihan kontak pewaris untuk berjaga-jaga bila pemilik akun meninggal atau tidak bisa dibuka. Dalam kontrak ini, pengguna bisa memilih teman untuk bisa dipercaya mengurus akun bila terjadi hal-hal darurat. Nantinya, teman yang kamu tunjuk bisa melakukan update, mengganti profile, hingga menerima pertemanan. Lebih jauh lagi, pengguna juga bisa meminta Facebook untuk menghapus akun bila tidak diakses dalam waktu tertentu.

Sebagai catatan, bila kronologi dan pengturan akun kamu tidak mengizinkan siapapun selain kamu untuk mengirimkan kronologi, maka kontak pewaris tidak bisa menambahkan kiriman di profil kamu.

Untuk mencoba pengaturan penghapusan akun, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Masuk ke akun Facebook milikmu
  • Klik pengaturan atau setting, lalu pilih bagian umum
  • Pilih kontak pewaris
  • Pilih penghapusan akun atau teman yang hendak dijadikan pewaris
  • Setelah selesai, Facebook akan mengirim email pemberitahuan, sedangkan teman yang ditunjuk pewaris akan mendapat pesan dalam inbox bahwa sudah ditunjuk sebagai pewaris.

Bila kamu ditunjuk menjadi kontak pewaris seorang teman yang meninggal, kamu tetap tidak bisa mengelola akun kenangan hingga 100%. Pasalnya, kontak pewaris tidak bisa menghapus atau mengubah foto lama, menghapus kiriman lama, tidak bisa membaca pesan, tidak bisa menghapus teman dari akun tersebut. Tidak hanya itu, kontak pewaris juga harus berusia 18 tahun atau lebih. Bila kamu tidak ingin ditunjuk sebagai kontak pewaris, maka kamu bisa mengirimkan pesan pada teman yang menunjuk.

Bila kamu memilih akun untuk terhapus otomatis bila dalam keadaan darurat atau sang pemilik akun meninggal, maka akun akan benar-benar terhapus selamanya dan tidak bisa dipulihkan kembali.

Semoga tips Facebook diatas bermanfaat.

Baca juga artikel:

Video Facebook Makin Keren Usai Update Facebook Terbaru

Facebook Stories Dirilis, Lagi-Lagi Mirip Fitur Snapchat

Buka Facebook Lebih Hemat Data Dengan Update Opera Max 3.0 Terbaru

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts