Tips Merawat Earphone Agar Awet

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 16 Jun 2017 | 12:33

Image via Fortune.com

Earphone merupakan salah satu aksesoris yang biasa digunakan oleh pengguna smartphone untuk mendengarkan musik ataupun audio lainnya tanpa mengganggu orang lain di sekitarnya. Sayangnya karena bentuknya yang kecil, banyak pengguna mengabaikan untuk merawat earphone. Alhasil banyak earphone yang rusak.

Padahal merawat earphone itu susah-susah gampang. Memang perlu perlakukan khusus agar earphone tidak cepat rusak. Sering kali pengguna hanya membersihkan earphone saja, padahal tidak hanya itu cara merawat aksesoris ini.

Berikut sejumlah cara dan tips merawat earphone, agar aksesoris ini bisa digunakan dalam jangka lebih lama.

1. Simpan Earphone Pada Tempat yang Layak

 
Image via organizeit

Hampir kebanyakan sebab rusaknya earphone ialah faktor penyimpanan yang salah, yang membuat kabel mudah putus. Ingat tidak semua earphone memiliki kabel yang kuat. Untuk itu, pengguna earphone harus tahu tempat menyimpan earphone yang baik dan benar.

Kesalahan utama pengguna ialah sering menyimpan earphone di dalam saku celana, kantong kemeja dan di dalam tas, bersatu dengan benda yang lainnya. Maka untuk merawat earphone agar awet sebaiknya simpan earphone di dalam wadah khusus. Dengan tersimpan di wadah khusus, earphone lebih rapi dan aman serta tidak melilit benda lainnya.

2. Jangan Gulung Kabel Sembarangan

Image via designandtech

Kebanyakan earphone bawaan smartphone memiliki kabel yang tidak kuat atau ringkih. Maka dari itu coba menggulung kabel dengan lebih rapi. Tujuan lain dari menggulung kabel yang lebih rapi ialah agar kabel earphone tidak melilit ke benda-benda lainnya dan menghindari putus kabel akibat kelilit benda lain.

3. Bersihkan Earphone

Image via YouTube

Kamu juga harus membersihkan earphone dari debu-debu halus yang menempel pada sumber suara. Hal ini memang terlihat sangat sepele namun perawatan ini sangat berguna. Gunakan kain kering atau tisu untuk membersihkan bagian sumber suara. Untuk hasil yang lebih baik, gunakan cotton bud yang dicelupkan ke alcohol, kemudian bersihkan ujuang earphone agar bebas bakteri dan kuman sehingga aman untuk telinga.

4. Jangan Sampai Terkena Air

Resiko kerusakan earphone ialah terkena air sebenarnya sangat minim, namun untuk menghindari kerusakan dan kualitas audio menurun, sebaiknya earphone jangan sampai terkena air sedikitpun. Sebaiknya bila earphone terkena air langsung lap earphone agar kering.

5. Gunakan Earphone dengan Normal

Image via Fortune.com

Tips merawat earphone berikutnya ialah gunakan earphone dengan normal termasuk dengan volume yang normal agar performa earphone tetap terjaga dan lebih awet. Ingat volume yang keras dapat merusak speaker dan komponen internal earphone.

Semoga tips merawat earphone ini bermanfaat.

Baca juga artikel:
Mengulas AirPods, Earphone Wireless Pertama dari Apple
Headphone dan Earphone Wireless Terbaru Sony di Pasar Indonesia
Infinix X-Band dan X-Earphone Sudah Mulai Dipasarkan!

Artikel Lainnya

Komentar