Beli Mouse Gaming Jangan Asal, Perhatikan 5 Hal Ini

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 18 Peb 2016 | 10:39

Bermain game, baik game online maupun game offline, memang mengasyikan dan sering sekali membuat kita lupa waktu dan bahkan lupa makan tidur. Namun keasyikan bermain game sering kali terganggu ketika mouse yang dipakai ngadat ataupun tidak kompatibel dengan game yang sedang dimainkan.

Perlu kamu tahu bahwa mouse untuk gaming berbeda dengan mouse yang biasa kamu pergunakan untuk mengetik dan browsing internet. Mouse biasa hanya punya tiga tombol, yaitu kiri, kanan dan  tengah dan DPI (sensitivitas) yang rendah. Namun sebuah mouse untuk gaming punya beragam tombol yang jumlahnya bisa lebih dari 4 dan punya DPI yang tinggi.

Mouse game didesain untuk menunjang beragam game agar gamer bisa mengeluarkan seluruh kemampuan bermain game yang ia miliki. Tak jarang sebuah mouse gaming bisa diprogram agar dengan sebuah klik saja maka karakter game melakukan gerakan yang diinginkan. Ada pula tombol yang diset untuk cheat agar mudah menang. Maka tak heran jika ada mouse game yang harganya jutaan.

Kamu juga perlu tahu bahwa mouse gaming bisa dibedakan menjadi tiga yaitu game tembak-tembakan atau FPS, mouse untuk game RPG dan MMORPG dan mouse yang bisa keduanya (Hybrid). Nah, karena mouse gaming bermacam-macam, kamu harus memperhatikan lima hal berikut ini agar game yang kamu mainkan semakin terasa mengasyikkan.

Kebiasaan Kamu Saat Memegang Mouse

Kebiasaan atau cara memegang mouse yang sering kamu lakukan menjadi faktor penting memilih jenis dan desain mouse  yang paling cocok. Ada tiga kebiasaan gamer dalam memegang mouse, yaitu memegang dengan cara digenggam dengan keseluruhan telapan tangan, memegang seperti mencakar dan memegang mouse hanya dengan ujung-ujing jari saja. Dari cara kamu memegang mouse, maka kamu bisa mengira-ngira desain mouse yang seperti apa yang kamu butuhkan.

Keagresifan Kamu Mempergunakan Mouse

Keaktifan atau keagresifan kamu mempergunakan mouse juga mempengaruhi jenis mouse yang harus kamu beli. Hal ini berkaitan dengan sensitivitas mouse atau yang lebih keren disebut tingkat DPI. Jika kamu sangat efektif dalam menggerakkan mouse, yaitu bergerak sedikit-sedikit saja namun pointer mouse bergerak dengan cepat, maka kamu butuh mouse dengan DPI atau sensitivitas paling tinggi. Namun jika kamu memainkan mouse seperti orang yang sedang bersilat, bergerak sana-sini, maka mouse dengan DPI sedang sudah cukup untuk kamu.

Untuk mengetahui ukuran DPI sebuah mouse, kamu bisa lihat pada kemasan ataupun pada bawah mouse. Perlu kamu ketahui, sebuah mouse gaming punya tombol yang bisa dipergunakan untuk mengatur tingkat DPI  yang paling pas untuk kamu. Tombol ini biasanya berbentuk kecil dan mudah dijangkau dengan jari, cek saja mouse.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Mouse Optical dan Mekanik

Jenis Game Yang Sering Kamu Mainkan

Ketika memilih sebuah mouse, perhatikan pula jenis game yang paling sering kamu mainkan. Seperti dikatakan diatas ada beberapa macam game yaitu FPS (First Person Shooting) atau tembak-tembakan dan game RPG/MMORPG. Keduanya membutuhkan jenis mouse yang berbeda.

Mouse yang dibutuhkan ketika kamu suka bermain game FPS adalah mouse dengan DPI sedang atau DPI yang bisa dirubah-rubah sesuai kebutuhan game dan juga mouse yang punya 1 atau 2 tombol makro (tombol yang bisa disetting untuk memasukkan perintah yang terdiri dari kombinasi beberapa tombol). Selain itu mouse untuk game FPS biasanya memakai sensor laser.

Namun ketika kamu bermain game RPG/MMORPG, maka mouse kamu tak hanya punya DPI yang bisa diatur, namun juga memiliki banyak tombol. Tombol-tombol tersebut mewakili fungsi-fungsi di dalam game seperti mengisi peluru, mengaktifkan fitur tertentu, melemparkan bom, dan lain-lain. Mouse jenis ini biasanya menggunakan sensor optik.

Ada pula mouse Hybrid. Mouse hybrid mirip dengan mouse RPG namun memiliki pula tombol makro yang bisa diisi dengan berbagai perintah yang berbeda-beda. Mouse hybrid biasanya juga banyak dipilih bagi mereka yang ska bermain game RTS/Real Time Strategy.

Pastikan Baca Review dan Ulasan Gamer Lain Mengenai Mouse Yang Baik

Di internet banyak sekali ulasan mengenai jenis dan merk mouse  yang bagus. Para gamer yang sudah profesional biasanya suka membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam bermain game, termasuk mouse terbaik yang mereka pakai. Kamu bisa langsung saja membeli mouse seperti yang mereka pakai atau memilih mouse yang paling cocok dengan kebutuhan kamu. Namun jangan lupa, jika telah memilih sebuah mouse, cari dulu ulasannya. Jangan terburu-buru membelinya, nanti menyesal.

Beli Mouse Sesuai Budget

Jika sudah mendapatkan incaran mouse seperti apa yang hendak dibeli, segera saja meluncur ke toko untuk membelinya. Jangan lupa bawa uang yang cukup banyak karena mouse gaming sudah pasti jauh lebih mahal dari mouse biasa. Saat ini mouse biasa dengan kualitas sedang dibanderol dengan harga 150 ribuan, sementara mouse gaming bisa dijual hingga jutaan rupiah, seperti Mouse Saitek Cyberg Rat 9 yang dijual seharga 1,8 juta.

Happy Hunting!!

Baca juga artikel
Daftar Mouse Gaming Terbaik November 2015
SteelSeries Rival 100, Mouse Gaming Sensor PixArt
4 Mouse Wireless Canggih untuk Penggunaan Windows 10

Artikel Lainnya

Komentar