Diperbaharui pada Jumat, 6 Januari 2023 | 09:58

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

cara mengatasi touchpad laptop rusakFoto: Pixabay

Pengguna laptop pasti sudah familiar dengan touchpad, salah satu komponen utama pada laptop yang bekerja dengan menerima respon sentuhan jari pengguna ini sangat penting, sehingga kehadirannya santa vital ketika laptop digunakan.

Beberapa orang ada yang mengganti touchpad dengan mouse, tetapi bagi beberapa orang lainnya, hal tersebut sangat merepotkan, terutama bagi pengguna laptop dengan mobilitas tinggi.

Apalagi, tidak semua orang punya waktu untuk mencari meja agar bisa menggunakan mouse, karena dengan touchpad, laptop yang diletakkan di pangkuan pun sudah bisa digunakan segera. Namun touchpad juga rentan mengalami masalah.

Cara Mengatasi Touchpad Tidak Berfungsi

Seperti peralatan elektronik lainnya, touchpad juga bisa mengalami berbagai masalah mulai dari yang kecil, bahkan hingga kerusakan yang menyebabkannya tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. 

Ada tiga masalah umum yang biasa terjadi pada touchpad laptop. Ketiga masalah ini sebenarnya bisa Anda atasi sendiri tanpa perlu membawa laptop ke tempat servis. Berikut cara memperbaiki touchpad laptop yang rusak.

1. Touchpad Tidak Sengaja Disable

Pada laptop biasanya ada tombol yang berfungsi untuk menonaktifkan touchpad. Tentunya pada tiap laptop, letak dan cara mengantifkan tombil ini bisa berbeda-beda.

Pada artikel ini, kami menggunakan laptop, dimana terdapat tombol F7 yang juga berfungsi untuk mengaktifkan / menonaktifkan touchpad. Saat kami mengakses tombol F7, touchpad pada laptop ini dapat berfungsi kembali dengan baik.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, letak tombol ini tidak selalu sama pada setiap produk laptop, namun pada umumnya memiliki gambar yang mirip, dengan ikon jari menyentuh touchpad, lalu ada simbol lingkaran dengan garis coret di tengahnya.

Bisa saja tanpa sengaja Anda menekan tombol ini, sehingga touchpad tidak bisa digunakan. Periksa dulu apakah benar ini yang terjadi, sebelum membawa laptop Anda ke tempat servis.

2. Driver Touchpad Corrupt atau Butuh Update

Driver juga bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada touchpad, karena memiliki andil penting di tiap hardware yang ada pada perangkat laptop. Bisa saja terjadi driver corrupt atau tidak update, yang membuat touchpad tidak bekerja.

Untuk mengecek status dan updatenya, Anda bisa ke Device Manager dengan cara klik kanan pada tombol start Windows, lalu klik 'Device Manager'.

Selanjutnya, pilih 'Mice and other pointing devices' dan klik pada sub kategorinya, lalu klik kanan dan pilih 'Update driver'. Tunggu sekitar 5 menit untuk membiarkan laptop melakukan update dan jangan matikan laptop.

Setelah selesai update driver, restart laptop Anda, lalu cek apakah touchpad sudah kembali bekerja dengan normal. Jika tidak memiliki koneksi internet, Anda dapat menggunakan CD atau DVD driver yang biasanya tersedia di dalam paket pembelian.

Browse CD tersebut dan temukan Touchpad Driver, lalu Install dan ikuti instruksi selanjutnya. Sama seperti di atas, setelah proses instalasi selesai, restart laptop Anda.

3. Hardware Touchpad Rusak

Kemungkinan yang terakhir adalah kerusakan pada hardware touchpad. Kerusakan ini dapat terjadi karena hardware yang sudah usang atau terlalu sering overheat.

Overheat biasanya terjadi karena kurangnya sirkulasi udara yang masuk pada perangkat laptop, yang menyebabkan perangkat keras touchpad ikut menjadi panas dan mengalami kerusakan.

Anda dapat mengatasi masalah ini denga membongkar pasang sendiri touchpad pada laptop, dan menggantinya dengan hardware baru. Namun cara ini tidak kami sarankan bila Anda tidak paham dengan komponen-komponen laptop.

Bila hal tersebut yang menjadi permasalahan utama, maka Anda bisa meminta bantuan orang yang lebih paham, atau membawa laptop tersebut ke tempat servis terdekat.

Cara Merawat Touchpad Laptop

Selain masalah-masalah umum di atas, touchpad laptop juga terkadang jadi tidak berfungsi karena ada masalah lain seperti permukaan yang kotor, atau kegagalan pada sistem.

Untuk mencegah terjadinya masalah-masalah timbul, maka touchpad laptop juga perlu dirawat. Berikut cara merawat touchpad laptop yang cukup mudah untuk dilakukan.

1. Bersihkan Permukaan Touchpad yang Kotor

Terlihat sepele, tapi sebenarnya hal ini cukup berpengaruh terhadap keberlangsungan touchpad di laptop Anda. Touchpad mengandalkan sensor motorik yang terdapat dipermukaannya.

Jika permukaan touchpad jarang dibersihkan, maka kemungkinan besar dapat menjadi penyebab utama touchpad Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Bersihkan touchpad laptop secara rutin minimal setiap habis pemakaian.

2. Scan Laptop dengan Anti Virus

Virus komputer memang yang paling berbahaya karena selain berisiko menginfeksi/merusak file system (yang dapat menyebabkan kegagalan system misalnya system tidak dapat booting).

Selain itu, virus pada komputer juga dapat menyebabkan kegagalan sistem operasi untuk mengendalikan perangkat keras, salah satunnya adalah touchpad.

Langkah paling umum yang diambil dalam menangani kerusakan sistem operasi yang disebabkan oleh virus komputer adalah dengan melakukan scanning menggunakan antivirus, pilihlah antivirus yang “top rated” misalnya AVG, Bitdefender, Avira dan lain sebagainya

Cara Mengganti Touchpad Laptop

Cara Mengganti Touchpad LaptopFoto: ifixit

Sebenarnya cara ini memiliki risiko yang cukup tinggi bila Anda belum terbiasa dan berpengalaman mengotak-atik laptop, namun walaupun begitu cara ini tetap dapat Anda lakukan. 

Hal yang pertama Anda harus pahami bahwa komponen touchpad berada di dalam bodi laptop Anda. Maka jika Anda ingin mengganti komponen tersebut Anda harus membongkar bodi laptop Anda secara keseluruhan. 

Dibutuhkan ketelitian serta kesabaran dalam melakukan hal ini, berikut adalah peralatan serta langkah-langkah apa saja yang Anda harus lakukan:

Siapkan komponen hardware yang diperlukan:

  • Pastikan bahwa laptop Anda dalam keadaan mati
  • Silakan lepas baterai laptop Anda
  • Lepaskan bingkai laptop bagian atas dengan melepas skrup yang ada pada bagian belakang, atau melepaskan klip pengaitnya.
  • Silakan lepaskan skrup keboard yang ada bagian atas kanan dan kiri
  • Angkat secara perlahan atau hati-hati (kesalahan awam yang sering dilakukan ketika Anda pertama kali membuka keyboard adalah terlalu kuat mengangkat keyboard sehingga menyebabkan putusnya kabel fleksibel keyboard dan trackpad)
  • Lepaskan kabel keyboard dari sirkuit board laptop
  • setelah selesai membongkar dan mengganti komponen touchpad maka pasang kembali seperti semula dan mulai coba hidupkan kembali.

Pastikan Anda mencoba beberapa tips dan cara memperbaiki touchpad laptop di atas sebelum membawanya ke tempat servis. Bila sedang terburu-buru untuk menyelesaikan sesuatu, alternatif dengan menggunakan mouse bisa Anda pilih.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1250 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.