5 Hal Keren yang Bisa Dilakukan Pada Smartphone Jadul

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 29 Des 2015 | 16:07

Semakin menjamurnya produk gadget terbaru, secara tak sadar membuat banyak pengguna terus membeli produk terkini. Alhasil, beberapa smartphone keluaran lama menjadi tidak keren lagi dipakai. Lebih parah, smartphone lama tersebut tergeletak begitu saja hingga rusak terkena debu.

Padahal, kamu bisa memberikan ponsel lamamu sebagai hadiah pada seseorang atau menjualnya di beberapa toko online. Namun kalau kamu masih ingin mempertahankan smartphone lamamu, mungkin karena ada kenangan tertentu dismartphone itu, Kamu bisa melakukan 5 hal keren di bawah ini agar smartphone lamamu kembali berguna.

Gunakan sebagai Remote ControlSudah menjadi hal yang umum bahwa smartphone memiliki berbagai fungsi, salah satunya menjadikan ponsel sebagai remote control. Namun, masih sedikit pengguna smartphone yang memanfaatkan fitur ini. Kamu bisa memanfaatkan smartphone lamamu untuk pengganti remote control dengan mengunduh beberapa aplikasi di Google Play store. Kamu bisa menggunakan aplikasi Retune atau Power DVD. Kedua aplikasi ini bahkan bisa mengontrol perangkat elektronik lainnya.

Retune (iTunes Remote)

PowerDVD Remote

Baca juga: 4 Aplikasi Milik Sony yang Bisa Digunakan di Smartphone Lain

Memanfaatkan untuk Jam dan AlarmJika smartphone milikmu memiliki RAM yang kecil sehingga tidak bisa memainkan game atau aplikasi berat, kamu bisa memfungsikan smartphone lamamu sebagai jam. Kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi jam dan menyeting tampilan jam yang unik. Kami bisa menampilkan cuaca hingga foto sebagai background jam.

Aplikasi Timely Alarm Clock

My Alarm Clock

Memanfaatkan sebagai kamera pengintai

Kebanyakan smartphone lama memiliki kamera yang cukup berkualitas bahkan resolusi yang tinggi dibanding kamera pengintai atau kamera CCTV biasa. Jadi, kamu bisa memanfaatkan smartphone kamera milikmu untuk pengganti kamera pengawas dalam mengawasi rumah. Kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi CCTV dengan fitur menarik seperti akan mengirim SMS atau email bila ada gerakan yang terpantau saat kamu di luar rumah.

Aplikasi Keamanan Alarm untuk Rumah

Video Pengawas IP Kamera

Gunakan untuk MP3 Player

Kamu mungkin sering mengeluh smartphone lamamu kekurangan memori sehingga tidak bisa menyimpan lagu terlalu banyak. Jadi, kenapa tidak menghapus semua data dan aplikasi yang tidak berguna di smartphone lamamu. Setelah itu, kamu bisa mengisi lagu sepenuhnya dalam smartphone lamamu sehingga smartphone lamamu bisa menjadi MP3 Player atau pengganti Walkman.

Manfaatkan sebagai GPS Offline

Kalau kamu sering berpergian, kamu bisa menjadikan smartphone lamamu sebagai GPS. Ini cukup murah. Kamu cukup mengunduh aplikasi navigasi seperti Navitel, Waze dan lainnya.

Baca juga artikel
9 Tips Mudah Merekam Video Berkualitas di Android
4 Smartphone Terbaik Berlayar Kecil yang Bisa Kamu Miliki
Diskon Game di Play Store Jelang Tahun Baru

Artikel Lainnya

Komentar