7 Cara Kreatif Biar Hasil Rekam Video Gopro Makin Keren

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 21 Okt 2015 | 10:22

GoPro adalah action camera paling keren saat ini dengan segudang fitur dan kemampuan merekam di bawah air. Namun tak semua pemilik GoPro bisa memanfaatkan fitur-fitur keren tersebut secara maksimal.  

Kebanyakan pemilik GoPro mempergunakan action camera ini selayaknya kamera digital biasa dan jarang yang menggunakanya di bawah air, padahal dengan sedikit kreativitas dan imaginasi, kamera GoPro bisa menciptakan banyak foto dan video keren, baik dalam kondisi biasa, di dalam air, maupun dalam kondisi ekstrim seperti saat panjang tebing atau arung jeram.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengambil gambar keren lewat kamera GoPro.

Cari Sudut Pandang yang Unik

Yang unik sudah  tentu menarik. Hal yang sama bisa juga diaplikasikan pada penggunaan GoPro. Dengan fitur daya  tahan yang dimiliki GoPro dan puluhan aksesoris pasangan GoPro, kamu bisa meletakkan kamera ini di mana saja tanpa ada batasan. Kamu bisa meletakkanya di papan surfing kamu, di bagian dada dengan strap atau bahkan di atas helm kamu sehingga apapun yang kamu lakukan bisa terekam dengan unik dan luar biasa. Bahkan bisa juga kamu letakan di retakan batu dan merekam momen di mana kamu memanjat tebing curam. Dengan mencari sudut-sudut pandang yang unik, sudah tentu hasil rekaman kamu akan semakin keren.

Baca juga: Cara Mudah Koneksikan Kamera Gopro ke HP Android dan iOS

Timelapse

Ya, saat ini fitur timelapse sangat-sangat digemari dan cepat sekali menjadi trend. Hasil perekaman dengan timelapse sangat bagus, apalagi disatukan dengan kehebatan GoPro yang bisa dipasang di mana saja. Namun saat melakukan perekaman dengan fitur Timelapse, perhatikan level baterai GoPro kamu karena Timelapse sangat cepat menghabiskan baterai. Ingat, untuk mendapatkan video timelapse sepanjang 10 detik, kamu perlu merekam selama 20 menit dengan 24fps.

Coba GoPro di Bawah Air

Jika punya kamera GoPro namun tidak pernah dipergunakan menyelam atau merekam di bawah air, maka rugi membeli GoPro. Kamera ini memang didesain untuk bisa dipergunakan di bawah air. Jangan pernah takut untuk membawa GoPro berenang, snorkling dan bahkan menyelam di air (bahkan air asin) ada banyak hal indah yang bisa kamu explore di bawah air yang akan membuatmu ketagihan. Pasang GoPro di atas kacamata snorkling kamu dan dapatkan rekaman video yang luar biasa di bawah laut.

Bird-View dan Carterpillar-View

Jika kamera lain mempergunakan wide lens untuk menangkap gambar dengan sudut yang lebih besar dari sudut yang bisa dipandang oleh mata normal, maka GoPro punya fitur Bird-View dan Caterpillar-View. Bird-view adalah gambar aerial ( dari udara seperti seekor burung) dengan GoPro, kamu tak membutuhkan Drone mahal.

Baca juga: 10 Aksesoris Kamera Gopro Terbaik 2015, Lengkap dengan Harganya!

Yang kamu perlukan hanyalah sebuah tongsing yang sangat panjang. GoPro yang sudah mempunyai wide lens dipadukan dengan tongsing yang panjang (min 3m) sudah bisa menciptakan efek aerial video. Jika ingin merekam dari bawah (caterpillar-view) cukup kamu letakkan GoPro di bawah (di tanah atau di manapun dengan sudut pandang ke atas) dan biarkan ia merekam saat kamu melakukan hal-hal keren.

First Person View

Mungkin fitur ini yang paling banyak dipergunakan oleh para pemilik GoPro. Cukup pasang kamera GoPro pada helm, dada, atau dimanapun yang membuat kamera ini merekam dari sudut pandang kamu sendiri. Dengan sudut pandang orang pertama, kegiatan surfinig, balapan, diving, ataupun climnbing menjadi luar biasa, seperti ketika kamu melempar kail pancing dan kemudian kamu buat menjadi slowmotion.

Third Person View

Sudut pandang orang ketiga adalah kebalikan dari nomor lima di atas. Jika kamu memasang kamera GoPro untuk merekan pemandangan atau objek di depan kamu seolah-olah rekaman itu adalah yang terlihat dari mata kamu sendiri maka sudut pandang orang ketiga adalah seolah-olah rekaman itu adalah orang lain yang sedang memandang kamu melakukan sesuatu, sehingga kamera GoPro dihadapkan pada kamu saat melakukan atraksi. Sebagai contoh kamu sedang bermain biola, kamera GoPro kamu pasang di ujung Biola sehingga atraksi kamu menggesek senar biola dan memainkan jari serta ekspresi wajahmu terlihat.

Fisheye

Fisheye juga salah satu trik menciptakan rekaman video GoPro yang sangat indah. Dengan lensa Fisheye kamu bisa mendapatkan background yang lebih luas dengan bentuk lengkung yang indah. Untuk mempergunakan fisheye, sebaiknya pergunakan tongsis yang agak panjang agar wajah kamu tak tampak terlalu dekat.

 

Baca juga artikel

Kini Kamu Bisa Edit Video Langsung dari Kamera Gopro

SLICK Stabilizer, Aksesoris Terbaru untuk Kamera GoPro

Xiaomi Buat Kamera Pesaing GoPro

Artikel Lainnya

Komentar