Diperbaharui pada Senin, 2 Januari 2023 | 17:47

Cara Ngecas Gopro dan Tanda Baterai Gopro Penuh

Kenapa charger GoPro cepat rusak? Banyak orang yang menyepelekan cara men-charge atau mengisi ulang pada suatu perangkat. Kebanyakan orang berpikir bahwa cukup dicolokan pada charger dan dibiarkan selama beberapa waktu maka baterai akan penuh. Memang hal ini ada benarnya, namun pernahkan kamu berpikir bahwa cara charging yang salah bisa mengurangi umur baterai kamu dan bahkan bisa merusak perangkat.

Kita ambil contoh kasus pada smartphone di mana banyak ditemukan smartphone dengan baterai yang menggelembung karena terlalu lama di-charge. Hal yang sama bisa juga terjadi pada baterai kamera GoPro kamu, yang tentu saja kamu tak ingin hal tersebut terjadi bukan?

1. Charger Harus Asli

Sebenarnya untuk proses charging yang aman bagi kamera GoPro sangat mudah. Yang pertama, pastikan charger yang kamu pakai adalah charger asli/bawaan dari kamera GoPro yang kamu beli. Sebaiknya jangan menukar-pakai charger satu sama lain, karena walau sama-sama produk GoPro, belum tentu chargernya sama (kecuali kamu mempunyai 2 kamera GoPro yang sama model dan serinya). Biasanya mereka berbeda dalam besaran output yang dinyatakan dalam Volt dan mAh (micro Ampere Hour). Kalau perlu kamu beli GoPro dual charger dari toko online untuk charging baterai terpisah dari kamera GoPro.

2. Baterai Harus Original

 

Yang kedua, pastikan baterai yang kamu pasang pada kamera GoPro adalah baterai original dan bukan baterai KW dari pihak ketiga. Begitu pula dengan baterai cadangan yang kamu beli, sebaiknya kamu beli baterai asli yang sama persis serinya dengan baterai kamera GoPro yang kamu miliki. Hal ini mencegah terjadinya kerusakan pada kamera karena dipasangi dua baterai dengan kualitas yang berbeda.

3. Cara Ngecas Gopro

  • Pastikan kamera GoPro kamu dalam keadaan mati
  • Pasang kabel charger, lihat LED berkedip menandakan proses charging berlangsung dan tunggu sampai baterai penuh
  • Bila charging dengan PC/lappy, colokan kabel USB hingga LED berkedip dan biarkan sampai Full Charged
  • Jika sudah penuh, harus langsung dicabut agar tidak overcharged

Memang baterai saat ini sudah dilengkapi dengan chip untuk mencegah overcharged, namun jika baterai dibiarkan tersambung dengan sumber listrik terlalu lama dan terlalu sering, tentu saja akan mengurangi umur pakainya. 

4. Tanda Baterai Gopro Penuh

via Gopro.com

Tanda baterai Gopro penuh masih menjadi pertanyaan banyak orang. Menurut situs resmi Gopro, untuk mengetahu baterai sudah penuh cukup melihat lampu LED yang ada dibagian depan. Awalnya ketika ngecas baterai Gopro, lampu akan menyala. Lalu ketika baterai sudah penuh lampu LED tersebut akan mati.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.