Cara Memilih Powerbank Berkualitas untuk Mudik Lebaran

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 26 Jun 2015 | 14:21

Memilih powerbank berkualitas untuk mudik lebaran mungkin cukup penting bagi kamu yang hendak pulang kampung dan harus menempuh perjalanan yang jauh dengan mobil, kereta api ataupun bus. Jadi selama perjalanan kamu tak akan bosan karena ada gadget yang menemani dan ketika baterai habis, tinggal colok ke powerbank saja. Namun ketika kamu bepergian dengan powerbank yang buruk kualitasnya, sama saja akan membuat bete, oleh sebab itu berikut hal yang perlu diperhatikan saat membeli powerbank.

Kapasitas Baterai

Hal pertama yang perlu diperhatikan tentu saja adalah kapasitas baterai. Powerbank dengan kapasitas baterai kecil tidak akan berguna banyak jika kamu melakukan perjalanan yang jauh dengan transportasi darat. Powerbank yang saat ini beredar biasanya berkapasitas mulai dari 1.500 mAh, 20.000 mAh, hingga 80.000 mAh.semakin mahal harga yang kamu bayar, biasanya kapasitas baterai juga semakin besar (dengan satu merek yang sama). Jika kamu hanya membawa satu smartphone, powerbank dengan kapasitas 5.000 mAh sudah mencukupi, namun jika yang kamu bawa adalah tablet atau phablet, maka paling tidak kamu harus membeli powerbank dengan kapitas 15.000mAh, supaya bisa dua atau tiga kali isi ulang.

Baca juga: Microsoft Meluncurkan 3 Powerbank Baru

Merek

Merek juga pertimbangan yang cukup penting saat membeli sebuah powerbank. Tentunya kamu sudah tahu bahwa merek terkenal (yang asli, bukan KW) adalah jaminan mutu. Memang banyak powerbank murah dengan kapasitas baterai besar buatan Tiongkok, namun keawetanya jangan tanya, mudah menggelembung baterainya. Untuk brand terkenal pilih saja buatan Xiaomi, Panasonic, Delcell, Philips atau yang lain. Jika budget terbatas, beli produk lokal yang cukup terjamin kualitasnya seperti Advan, Probox (dengan baterai Sanyo), dan V-Gen (dengan baterai Samsung)

Kelengkapan

Powerbank bukan sekedar baterai yang dibungkus. Kamu harus pandai memilih powerbank yang menyertakan kelengkapan seperti kabel USB dan juga konektor yang sesuai dengan perangkat kamu. Hampir semua powerbank mempunyai konektor USB, disarankan kamu memakai kabel USB charger kamu sendiri agar pengisian maksimal. Cek juga pada box dan pastikan powerbank yang kamu beli mempunyai output yang sesuai dengan perangkat    kamu dan ada fitur overcharging protection.

Baca juga: CulCharge, Hadirkan PowerBank 3-in-1 Terkecil di Dunia

Oh ya, jangan lupa kamu membeli juga case atau tas khusus powerbank tersebut agar powerbank kamu tidak tercecer dan yang lebih penting melindungi powerbank kamu dari lembab yang bisa bikin konslet.

 

Baca juga artikel

Asus ZenPower, Powerbank Ringan, Berkapasitas Besar

Powerbank Xiaomi dan Yoobao: Kapasitas 5200mAh Harga di Bawah Rp100 Ribu

Daftar Harga Powerbank Xiaomi Maret 2015

Artikel Lainnya

Komentar