(Pemula) Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Naksir Kamera DSLR

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 04 Jun 2015 | 14:22

Kamera Digital Single Lense Reflex atau sering disebut DSLR merupakan salah satu kamera yang disukai banyak fotografer professional. Kamera ini bahkan menjadi pilihan utama para fotografer dalam membidik gambar yang lebih berkualitas tajam dan jelas.

Menyadari hal tersebut, beberapa pengguna awam mulai melirik perangkat ini sebagai kamera harian. Apalagi harga jual kamera jenis ini sudah mulai bersahabat. Namun, Sayangnya, masih banyak pengguna baru kamera DSLR yang belum memahami penggunaan kamera DSLR sebenarnya. Untuk itu, berikut 5 Hal yang harus diketahui pengguna baru kamera DSLR agar memudahkan dalam pengoperasian

Kamera DSLR adalah satu paket

Ketika Anda hendak membeli kamera DSLR, pengguna wajib memahami bahwa kamera jenis ini hadir dalam satu paket yakni bodi kamera, lensa, lampu kilat hingga asesoris tambahan. Ini menjadi kelebihan tersendiri dibanding kamera jenis lainnya. Sayangnya, harga per item khususnya harga lensa masih cukup tinggi. Untuk itu, ketika membeli atau menggunakan DSLR, Anda harus bersiap untuk membeli tambahan lensa atau item lainnya agar pengoperasian lebih maksimal.

Baca juga: Fujifilm X-T10, Kamera Bergaya Retro Segera Hadir

Kamera DSLR Memiliki Jendela bidik Optik

Berbeda dengan kamera pocket atau smartphone yang menampilkan bidikan melalui layar LCD, Kamera jenis ini memiliki jendela bidik optik meskipun beberapa tipe kamera sudah menghadirkan live view di layar LCD. Dengan fitur ini, pengguna akan mengintip lubang kecil untuk melihat bidikan objek. Mungkin terlihat aneh bagi Anda yang tidak terbiasa. Namun, cara ini lebih baik dan lebih nyata daripada harus melihat dari layar LCD.

Kamera DSLR memiliki sensor gambar besar

Satu hal yang membuat kamera DSLR memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dan jernih dibanding kamera lainnya ialah adanya sensor gambar yang besar. Setidaknya, ada dua jenis sensor pada kamera tipe ini yakni sensor CMOS (Complementary metal Oxide Semiconductor) dan Sensor CCD (Charge Coupled Device). Kedua sensor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca jugaSony Cybershot WX500, Kamera Mungil dengan 30x

Kamera DSLR memiliki resolusi atau megapiksel yang beragam

Tak jauh berbeda dengan kamera saku atau kamera lainnya, kamera DSLR memiliki pilihan resolusi atau megapiksel yang beragam. Namun, perlu diingat kualitas kamera tidak ditentukan oleh besarnya resolusi yang diusung. Bahkan, kamera DSLR kelas entry – level resolusi dibawah 10 MP nyatanya lebih baik dalam menghasilkan gambar dibanding kamera saku dengan resolusi 20 MP. Ingat juga semakin besar resolusi, semakin detail dan jelas gambar yang dihasilkan.

Kamera DSLR adalah perangkat yang sensitive

Kualitas kamera yang tinggi terkadang dibekali dengan banyak teknologi. Maka tak heran, beberapa produsen kamera sudah membekali produknya dengan berbagai fitur termasuk fitur anti debu. Walaupun demikian, Pengguna tetap harus hati-hati dalam menggunakan kamera ini. Apalagi saat mengganti lensa, debu-debu bisa masuk beresiko merusak sensor kamera.

Baca juga artikel

Berdesain Retro, Olympus Stylus SH-2 Mempunyai Fitur 24x

Panasonic Lumix G7 Hadir Juni Kisaran Harga Rp 10,5 Jutaan

Harga Kamera Canon EOS 5DS dan EOS 5DSR dengan 50MP

Artikel Lainnya

Komentar