Fungsi dan Jenis-jenis RAM Beserta Ciri-cirinya yang Harus Kamu Tahu

Fungsi dan Jenis-jenis RAM Beserta Ciri-cirinya yang Harus Kamu Tahu

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 06 Des 2016 | 11:12

Saat ini sudah sudah beredar begitu banyak jenis RAM dengan kapasitas dan kecepatan akses data yang berbeda-beda. Mulai dari yang namanya DRAM, SDRAM, RDRAM, SRAM, EDORAM, FPM DRAM RAM, dan masih ada lagi.

Pengertian RAM sendiri singkatnya merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori sementara ketika komputer tengah digunakan.

Penyimpanan RAM bersifat sementara, ini artinya setelah komputer mati, RAM akan kembali kosong dan diisi data baru yang dibutuhkan saat komputer digunakan kembali. Menariknya, isi dari RAM dapat diakses secara acak atau random sehingga RAM lebih cepat daripada harddisk atau media penyimpanan lainnya.

RAM sendiri memiliki fungsi yang cukup vital dalam perangkat komputer. Fungsi utama dari RAM ialah mempercepat pemprosesan data pada komputer. Tak heran, semakin besar RAM yang dipasang, semakin cepat komputer bekerja.

Selain itu, RAM juga berfungsi sebagai media penyimpanan disaat komputer atau laptop dalam keadaan hidup. Misalkan, ketika kamu mengetik sebuah dokumen di Microsoft Word, kemudian kamu tutup tanpa menyimpan terlebih dahulu, dokumen yang kamu ketik akan tersimpan di memori RAM. Maka, kamu bisa membuka dokumen tersebut melalui history terakhir dari Microsoft word tadi.

Berikut jenis RAM dan fungs beserta ciri-cirinya yang mesti kamu tahu.

DRAM (Dynamic Random Access Memory)DRAM

Jenis RAM ini merupakan memori semikonduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding EDO RAM. Namun, lebih rendah dibandingkan SRAM.

DRAM menggunakan satu transistor dan kapasitor per bit dalam strukturnya. Hal ini membuat RAM ini memiliki kepadatan yang cukup tinggi. DRAM memiliki frekuensi kerja yang bervariasi antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)SDRAM

SDRAM menjadi RAM yang memiliki kecepatan cukup tinggi dibanding jenis-jenis RAM lainnya yakni kecepatan sampai 100 - 133 Mhz. RAM ini banyak digunakan pada tahun 1996 hingga 2003 dan merupakan jenis RAM yang memiliki 168 Pin saluran transfer data. Ciri-ciri RAM ini terdapat dua celah dibagian kakinya. RAM ini akan diletakkan pada slot DIMM/SDRAM di motherboard yang mampu menampung memori mulai 16 MB hingga 1GB.

Baca juga Harga RAM Komputer Terbaru

RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)RDRAM

Komponen ini diperkenalkan pada tahun 1995 dengan kecepatan 600 Mbytes/sec. Pada tahun 1997, kecepatan RDRAM meningkat hingga 700 MBps, dan tahun 1998 menjadi 1,6 GBps. Tak heran, RAM ini awalnya dikembangkan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4 atau untuk keperluan perangkat gaming. Slot memori untuk RDRAM ialah 184 pin.

SRAM (Static Random Acess Memory)

Jenis RAM ini terbuat dari semacam semi konduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga kinerja bisa lebih cepat. Hal ini disebabkan komponen ini hanya menggunakan transistor tanpa kapasitor. SRAM didesain menggunakan desain cluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi. Sayangnya, SRAM memiliki kekurangan yakni biaya produksinya yang mahal. Tak heran, RAM ini hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan digunakan untuk bagian yang benar-benar penting. Chip ini sering digunakan untuk chace memori. Kecepatan SRAM mampu mengimbangi kecepatan prosesor 500 MHz atau lebih.

EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)EDORAM

RAM ini dikembangkan tahun 1995 dan memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan jenis-jenis RAM lain. Slot memori untuk EDORAM ialah 72 pin. Bentuk komponen ini lebih panjang daripada RAM SIMM. Tak heran RAM ini sangat cocok dipasang pada semua komputer Pentium. Selain itu, komponen ini juga cocok untuk dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 Mhz.

Baca juga Pemula: Berapa Besar RAM Ideal untuk komputer?

FPM DRAM (First Page Mode DRAM)FPM DRAM

Jenis RAM ini merupakan bentuk asli atau bentuk awal dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per detik. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16 MHz hingga 66 MHz dengan akses waktu hingga 50ns.

Flash RAMFlash RAM

Flash RAM merupakan jenis memori berkapasitas rendah yang digunakan pada perangkat elektronika seperti TV, VCR, hingga ponsel lama. Momori ini dipasang pada perangkat yang memerlukan refresh dengan daya yang kecil.

VGRAM (Video Graphic Random Access Memory)

VGRAM biasanya digunakan untuk menyimpan kandungan pixel bagi sebuah paparan grafik. Penggunaan chip ini akan memberikan performa video yang baik dan mengurangi tekanan pada CPU.

DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)

DDR SDRAM

Jenis RAM ini menjadi salah satu yang memiliki kecepatan sangat tinggi diantara jenis-jenis RAM. Tak heran, RAM ini digunakan diberbagai perangkat saat ini. RAM ini mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satuan waktu yang sama. Memori ini memiliki 184 pin. RAM jenis ini juga mengonsumsi daya listrik yang lebih rendah.

Jenis-jenis RAM berikutnya seperti DDR2 RAM hingga DDR3 RAM merupakan pengembangan dari DDR SDRAM. Kedua jenis RAM ini digunakan dibanyak komputer saat ini karena lebih menghemat daya dan lebih optimal dengan kecepatan tinggi. Untuk kapasitas memori jenis ini pun cukup besar hingga 4 GB per chipnya.

SO – DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)SODIM

Memori ini merupakan jenis memori yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya cukup ringkas, kira-kira setengah dari besaran DDR RAM sehingga lebih menghemat ruang. Jenis memori ini biasanya mengikuti perkembangan RAM untuk komputer desktop.

Demikian, penjelasan singkat jenis-jenis RAM dan fungsinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Baca juga artikel:
HyperX Savage DDR4, Buat Kalangan Gamer dan Overclocker
5 Laptop RAM 4GB Pilihan Terbaik dengan Harga di Bawah Rp 5 juta
Tipe-tipe RAM DDR yang Digunakan pada Komputer

Artikel Lainnya

Komentar