5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 22 Mei 2015 | 17:26

 

Dengan adanya handphone dalam genggaman, informasi lebih mudah didapat, rasa bosan bisa hilang dengan mudah lewat bermain game atau ngobrol di media sosial. Sayangnya kita sering terjebak dan lebih banyak menghabiskan waktu menatap layar dibandingkan menatap lawan bicara.  

Dikutip mashable.com, penelitian dari Universitas Derby tentang “Kecanduan Smartphone dan Karakteristik Psikologis” menyatakan bahwa semakin banyak waktu orang main handphone maka semakin tinggi resiko kecanduan smartphone. Saat ini rata-rata orang 3,6 jam per hari menghabiskan waktu dengan teleponnya. Ada sebanyak 13 persen dari mereka yang diteliti sudah kecanduan ponsel.

Baca jugaHugo Barra Yakinkan Kualitas Mi 4i Lahir Dengan Komponen Terbaik

Psikolog Dr. Deepika Chopra melihat ada hubungan yang kuat antara media sosial dengan waktu yang dihabiskan bermain smartphone. Semakin banyak aplikasi media sosial banyak dikorbankan dan bukan hanya waktu. “Kecanduan smartphone juga dapat mencuri kebahagian Anda, mengganggu perkembangan anak dan menurunkan nilai akademik siswa,” ujarnya.

Bermain di media sosial seperti Facebook juga dapat meningkatkan perasaan kesepian sehingga Anda ingin selalu terhubung dengan orang lain.

Jadi bagaimana kita dapat membatasi penggunaan smartphone. Berikut beberapa hal yang disarankan.

Matikan Pemberitahuan/notifikasi

Seberapa sering Anda mengecek pemberitahuan yang datang ke ponsel Anda. Bahkan jaraknya tak lebih dari setengah jam. Kadang malah tak sampai 15 detik. Mematikan suara notifikasi dapat membantut Anda mengurangi keinginan untuk mengecek ponsel.

Mengetahui waktu yang dihabiskan bersama handphone

Dengan mengetahui waktu yang Anda habiskan bersama smartphone, mungkin Anda akan terkejut melihat hasilnya. Aplikasi yang bisa dicoba ialah aplikasi Quality Time untuk smartphone Android dan untuk pengguna iOS bisa mengunakan aplikasi Moment. Dengan aplikasi ini kita bisa mengecek berapa lama waktu yang dihabiskan dalam sehari untuk handphone Anda.

Baca jugaOppo R7 Plus dengan Octa Core 64 Bit dan 4G Siap Meluncur

Buat waktu “bebas” dari ponsel dalam sehari

Penggunaan smartphone sudah masuk ke dalam hal-hal yang seharusnya tidak perlu, misalnya di meja makan, di ruang rapat, di kamar mandi, atau sedang baca buka serta nonton film. Dengan membuat smartphone dalam mode airplane, akan lebih banyak fokus kita dalam satu momen.

Jangan gunakan telepon sebagai alarm

Sebisa mungkin menjauhkannya dari ruang tidur Anda. Dengan membuat alarm Anda akan melihat ponsel Anda lagi sebelum tidur, dan ketika bangun karena alarm, hal pertama yang Anda lihat adalah smartphone. Menjauhkan ponsel dari ruangan kamar tidur akan menjauhkan Anda dari godaan.

Melatih diri untuk menjauh sejenak dari teknologi

Jika tips di atas tidak berfungsi Dr. Larry D Rosen, profesor psikologi dari California State University menyarankan untuk istirahat sejenak dengan teknologi. Caranya adalah dengan memberikan jeda waktu untuk melihat smartphone. Awalnya mulai dari 1 menit, kemudian berlanjut, ke 5 menit dan seterusnya untuk mengecek ponsel Anda. Hal ini menjauhkan diri Anda dari ketergantungan ponsel.  

Baca juga artikel

Harga Asus ZenFone 2 di Indonesia: Ada 4 Varian, Spesifikasi Beda di RAM, Storage dan Jenis Prosesor

7 Langkah Sederhana ini Buat Hasil Foto Kamera Smartphone Lebih Menarik

Tips Aman Membeli Zenfone 2: Berikut Daftar Onlineshop yang Menjual Zenfone 2

Artikel Lainnya

Komentar

Kheysuma Nhazty 22 Mei 2015 - 19:21
Tips menarik, gampang tapi susah untuk dilakukan.. Terutama bagi saya Smartphone Udah lebih dari segalanya, bisa dibilang Udah kecanduan banget. Mau bangun atau tidur yang dilihat Smartphone Dulu, makan sering lupa jamnya tapi giliran liat smartphone gada absennya & tak ada kata lupa.
Jaya Egianta Sembiring 23 Mei 2015 - 07:56
Saya pikir mudah melakukan tips menarik ini, ternyata susah banget. Saya sudah terlalu bergantung sama Handpone saya, rasanya kalau gak megang HP ada yang kurang. Tapi saya berusaha terus agar tidak terlalu bergantung dengan Smartphone.
PomadeMan 23 Mei 2015 - 08:50
Yoi gan, emang susah banget untuk jaman sekarang. Apa-apa mesti cek handphone dulu
Yenīçerī Māsenārīzu No Yāmī 23 Mei 2015 - 11:20
Tips ini sungguh-sungguh sangat menarik gan,, setelah saya membaca trik ini saya jadi sadar bahwa saya harus mengurangi main Handphone saya,,
Ogay Osbourne 23 Mei 2015 - 20:47
Gw juga nih udah kena sindrom nomophobia,,,ga bisa jauh dari ponsel,thanks tipsnya
Bima Satria 25 Mei 2015 - 15:02
Jangan terlalu terperangkap teknologi deh, ga baik juga :)
ajengputrip 17 September 2015 - 19:50
Asliiii ketergantungan parah nih hiks dikit2 kangen sama hp dikit2 ngeliat hp😓😓 dicoba nih tips ya semoga berhasill