Diperbaharui pada Rabu, 17 Januari 2018 | 16:18

Ini Harga dan Spesifikasi dari Yamaha Lexi

yamaha lexi
Yamaha Lexi pada saat diluncurkan via bmspeed7.com

Persaingan pasar matic kelas 125cc makin kompetitif semenjak Yamaha Indonesia memperkenalkan secara Internal kepada jaringan dealernya sebuah scooter matic dengan spesifikasi dan fitur premium bernama Yamaha Lexi 125 VVA Bluecore.

Yamaha Lexi 125 VVA Bluecore dirakit di pabrik Yamaha di daerah Pulo Gadung ini merupakan motor produksi anak bangsa. Scooter matic berdimensi bongsor ini membesut satu suspensi pada bagian belakang body, yang membuatnya bukan termasuk anggota keluarga Motor Max Series seperti Yamaha Tmax, Yamaha Nmax, dan Yamaha Xmax.

Pada kemunculannya di internal meeting produsen berlogo garputala pada Senin, 15 Januari 2018 di Jakarta, Yamaha Lexi sepertinya memang dipersiapkan untuk berebut pangsa pasar dengan Honda Vario 125.

Mesin Yamaha Lexi

yamaha lexi
Mesin Yamaha Lexi dibekali 4 klep via otorider.com

Dipastikan dapur pacu 125cc VVA milik Lexi dipastikan akan membuatnya berkompetisi pada pasar yang sama dengan Honda Vario 125 yang lebih dulu merebut hati konsumen di Indonesia. Vario 125 sendiri terjual sebesar 609.556 unit selama periode 2017, lebih besar dari Vario 150 yaitu sebesar 466.204 unit.

Apabila dilihat dari mesinnya, scooter matic ini satu tingkat lebih unggul dengan menggunakan mesin 125 cc berteknologi VVA Bluecore radiator yang irit bahan bakar. Mesin ini dibekali 4 klep pada head silindernya dengan akselerasi yang mirip dengan Yamaha NMAX.

Hal ini membuat teknologi mesin Honda Vario 125 selangkah tertinggal karena masih memakai 2 klep di kepala silindernya. Selain itu, teknologi VVA (variable valve actuation) yang disematkan memungkinkan klep masuk memiliki dua buah bubungan yaitu low rpm pada putaran rendah dan high rpm yang dapat menyesuaikan durasi kem.

Teknologi ini membuat Yamaha Lexi memiliki torsi yang maksimal pada putaran low rpm dan tenaga yang besar di putaran high rpm berkat bukaan klep yang dapat menyesuaikan kebutuhan. Kenyamanan scooter matic ini dimodali dengan joknya yang panjang serta memiliki filosofi riding style yang elegan dan santai mirip Yamaha NMAX.

Desain Yamaha Lexi

yamaha lexi
Yamaha Lexi berdesain ergonomis via elangjalanan.net

Fitur mesin yang bagus dari Yamaha Lexi masih ditambah dengan pijakan kaki yang nyaman dan rata serta tanpa adanya tangki yang dapat menghalangi tangki. Keunggulan ini membuat Yamaha Lexi menjadi ergonomis dan cocok digunakan para kaum hawa.

Pada kaki-kakinya juga nampak mirip seperti Yamaha Aerox 155 berkat pelek 14 incinya yang juga didukung dengan ban tubeless di bagian depan dan belakang. Tak lupa produsen motor ini menjejalkan konsep subtank suspension untuk memberikan kenyamanan pada pengendaraan untuk bepergian jauh.

Fitur bawaan Yamaha Lexi pun tidak main-main, banyak sekali fitur canggih yang membuatnya mampu menghadirkan decak kagum banyak orang, seperti penggunaan panel speedometor yang full digital LED, berikut dengan tachometer berbentuk bar danindikator VVA plus jam digital di sisi kanan panel.

Panel ini mengusung desain negative display berwarna latar kombinasi biru dan gelap serta warna huruf putih, mirip Yamaha Aerox 155 yang diperkaya cover segi enam dikelilingi list silver yang elegan dengan desain front lamp berbentuk 'U' menyatu bersama windshield.

Fitur Yamaha Lexi


Image via Oto

Yamaha Lexi dilengkapi Electric power socket, jadi dipastikan motor ini dapat mengakomodir kebutuhan pengguna masa kini yang tidak bisa lepas dari gadget untuk mengisi ulang daya baterai gadgetnya.

Fitur smartkey immobilizer dan keyless system juga tak lupa dibenamkan pada Yamaha Lexi, sehingga pemilik kendaraan dapat menghidupkan dan mematikan engine motor tanpa harus memasukkan batang kunci kedalam soket kunci.

Oleh sebab itu batang kunci besi dapat ditiadakan agar dapat menambah kesan canggih nan futuristik sekaligus sebagai pengaman ekstra karena kendaraan tidak dapat dicuri dengan kunci palsu atau duplikat.

Answer back system Yamaha Lexi akan memudahkan pemilik kendaraan untuk menemukan lokasi motornya ketika berada di lahan parkir dengan memberikan respon suara dan kedipan lampu sein.

Tidak hanya itu, mesin Yamaha Lexi juga dilengkapi dengan fitur stop start system (SSS) atau lazimnya kita kenal dengan idling stop system. Fitur ini bisa membuat mesin motor secara otomatis mati dalam keadaan menganggur atau idle dalam beberapa detik. Meskipun begitu, motor dapat dinyalakan kembali dengan memutar gas sehingga efektif untuk menghemat BBM saat berhenti di traffic light  atau di jalanan macet.

Harga Yamaha Lexi


harga jual Yamaha Lexi tak sampai Rp20 juta via kricom

Kabarnya Yamaha akan memasarkan Yamaha Lexi dengan harga kompetitif dengan varian Keyles dengan sekitar Rp20 jutaan dan varian non keyles dengan harga di patok di bawah Rp20 jutaan. Menyoal fitur lain dan harga pastinya, Yamaha masih enggan membeberkan harga resminya.

Yang jelas Yamaha Lexi akan dijual di bawah saudara sulungnya yaitu Yamaha Aerox yang versi termurahnya dijual Rp22.850.000,-. Sehingga beredar desus bahwa Yamaha Lexi akan dilepas di pasar pada level harga Rp19 juta. Jadi, kita tunggu saja saat motor ini meluncur ke pasaran nanti.

Baca juga artikel:

Jenis Oli Motor yang Perlu Diketahui dan Kapan Harus Diganti

5 Motor Trail Terbaik yang Tangguh di Segala Medan

Deretan Mobil 2000cc Paling Irit BBM

Like us!
Raditya Manggala

Contributor

2 Posts