Kembali ke Indonesia, Proton Boyong Produk City Car Bernama Iriz

Oleh Daynis updated Kamis, 09 Mar 2017 | 15:53

Setelah lama tak terdengar suaranya di pasar automotif Indonesia, PT Proton Edar Indonesia (PEI), akhirnya kembali meramaikan kancah industry automotif nasional dengan memboyong produk city car terbarunya bernama Iriz. Namun sayangnya Iriz sendiri merupakan produk yang sudah cukup lama beredar di Malaysia yang menjadi markas besar Proton.

Hadirnya Iriz di Indonesia sendiri diprediksi akan menjadi magnet baru di tengah sepinya peluncuran produk baru jenis city car yang dilakukan produsen automotif Tanah Air. Kehadirannya sendiri tak hanya membawa desain dan tampilan khas yang menjadi andalan pabrikan Proton, namun Iriz juga menawarkan pengalaman berkendara yang tak kalah hebat dengan pesaingnya di Indonesia seperti Daihatsu Sirion.

Proton mengungkap, telah membekali Iriz dengan berbagai macam teknologi canggih, baik dari sisi kemampuan untuk mendukung pengendalian kendaraan, hingga perangkat keselamatan yang seluruhnya menjadi standar pabrikan bagi jajaran produk Proton yang ditawarkan di beberapa negara  lain.

Proton Iriz sendiri merupakan produk yang disiapkan bagi konsumen kendaraan low cost green car (LCGC) yang ingin naik kelas. Selain harga yang ditawarkannya sedikit di atas harga kendaraan LCGC, Proton Iriz juga akan menyasar konsumen Indonesia yang membutuhkan kendaraan yang dapat menunjang aktifitas di perkotaan.

Desain Proton Iriz

City car terbaru yang didatangkan langsung atau biasa disebut completely built up (CBU) dari Malaysia ini dirancang dengan desain yang sporti. Fasia depan sangat menonjolkan kesan sporty baik dari desain grille bilah vertical dengan aksen krom yang menjadi perisai bagi logo Proton, air dam berukuran besar di bawah grille juga sangat mendukung kesan sporti pada Iriz.

Headlamp juga di desain bergaya sporti dengan tambahan system pencahayaan lampu LED, membuat Iriz semakin menegaskan kendaraan yang sangat dinamis. Bagian belakang, Proton memperkuat karakter sporti dengan tailamp yang mengintegrasikan fungsi sein dan lampu mundur. Sedangkan bumper belakang dirancang sedikit lebih tinggi untuk menunjukkan karakter gagah pada sebuah kendaraan city car.

Interior Proton Iriz

Dibagian interior sendiri, Iriz terbilang cukup menyajikan tata letak instrument yang cukup nyaman di pandang mata, kesan mewah juga tampak pada panel instrument di dasbor depan. Secara keseluruhan segala informasi mengenai kendaraan dapat dengan mudah dijangkau dan terkontrol oleh pengemudi.

Fitur Proton Iriz

Meski terlahir sebagai kendaraan perkotaan, fitur yang disematkan Proton pada Iriz termasuk yang cukup modern dan tak bisa dipandang sebelah mata. Seluruh teknologi tersebut disebut Proton sebagai vehicle Dynamic Control (VDC) yang memberi kenyamana dan keselamatan pengemudi dan penumpang selama berkendara.

Beberapa fitur yang tersemat antara lain electronic stability control (ESC) yang memiliki fungsi untuk memberikan pengendalian maksimal saat kendaraan mengalami under ataupun over steer.  Adapula fitur Traction Control System (TCS) yang memungkinkan tenaga putar roda tetap maksimal, meski salah satu sisi roda berada di jalan licin, teknologi ini mencegah terjadinya spin roda secara berlebih karena karakter jalan kedua roda berbeda.

Fitur lain yang juga tersemat yakni system antilock braking system, brake assist yang membantu system pengereman ketika terjadi pengereman darurat.  Teknologi yang cukup menarik yakni Hill-hold Assist yang biasanya hanya bisa ditemui pada kendaraan jenis SUV. Fitur ini akan membantu pengemudi saat mobil berada di tanjakan, dimana mobil tidak akan mundur meski pengemudi tidak menginjak rem. Fitur lain yakni dual airbag yang tersedia bagi pengemudi dan penumpang depan.

Mesin Proton Iriz

Untuk pasar automotif Indonesia, Proton Iriz hanya ditawarkan dengan satu pilihan mesin berkapasitas 1.300 Cc yang menghasilkan tenaga mencapai 70 kW pada 5.700 rpm, sedangkan putaran tenaga bawahnya sebesar 120 Nm. Seluruh tenaga disalurkan dengan dua pilihan girbox lima percepatan manual dan CVT pada matiknya.

Kecepatan maksimum mobil perkotaan ini mencapai 165 kilometer per jam, karenanya  wajar jika  Proton Iriz bisa berakselerasi dari posisi diam hingga 100 kilometer perjam dapat dicapai dalam waktu 12 detik  saja.  

Harga Proton Iriz 

Proton Iriz dibanderol Rp175,25 juta untuk varian bertransmisi manual dan Rp185,34 juta untuk transmisi otomatis, on the road Jakarta. Harga ini jauh lebih murah disbanding Daihatsu Sirion yang mencapai Rp 160.525.000 untuk varian terendahnya sedangkan varian tertingginya Rp 180.025.000.

Proton Iriz
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1332 cc
Tenaga Maksimal 94 hp
Bahan Bakar Bensin
Mesin 40 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 4
Katup per Silinder 4
Gearbox -
Steering Gear Type Rack & Pinion
Konfigurasi Katup DOHC

Baca juga artikel:
Mobil Murah Buat Keluarga Daihatsu Sigra, Berapa Harganya?
Cari Harga Mobil Daihatsu? Ini Daftar Harga Terbarunya
Harga Toyota Calya 2017, Mobil MPV Murah Meriah Toyota

Artikel Lainnya

Komentar