Diperbaharui pada Selasa, 21 Februari 2017 | 16:48

Harga Toyota Calya 2017, Mobil MPV Murah Meriah Toyota


Nama Calya merupakan perpaduan antara Agya dan Ayla. Menurut bahasa sansekerta, nama Calya bisa diartikan sebagai kesempurnaan. Toyota Calya bisa menjadi penyempurnaan mobil dari generasi terdahulu.

Respon masyarakat yang menyukai mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) Toyota Agya dan multi purpose vehicle (MPV) Toyota Avanza menginspirasi Toyota Indonesia untuk mengisi segmen mobil di tengahnya.

Toyota Indonesia pun meluncurkan low multi purpose vehicle (LMPV) Toyota Calya berada di tengah-tengah antara Toyota Avanza dan Agya. Toyota meluncurkan Toyota Calya dalam ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus di Tangerang, Banten, tahun lalu.

Toyota Calya mampu mengangkut tujuh penumpang mirip Toyota Avanza, tetapi memiliki harga yang murah mirip Toyota Agya. Tak heran banyak orang yang menyebutkan Toyota Calya adalah MPV paling murah meriah dari Toyota dan sebagai adik dari Toyota Avanza. Keputusan Toyota itu pun menuai sukses, terbukti penjualan Toyota Calya mencapai 8.832 unit pada September 2016.

Nama Calya merupakan perpaduan antara Agya dan Ayla. Menurut bahasa sansekerta, nama Calya bisa diartikan sebagai kesempurnaan. Toyota Calya bisa menjadi penyempurnaan mobil dari generasi terdahulu.

Toyota Calya pun bisa menjadi alternatif pemilik mobil yang mengincar mobil murah dengan harga murah. Berikut, spesifikasi Toyota Calya 2017 yang perlu diketahui sebelum membelinya.

Desain Eksterior Toyota Calya 2017

Toyota Calya 2017 menawarkan desain yang simpel dan mengusung konsep "keen look" seperti keluarga Toyota yang lain. Lampu utama Toyota Calya 2017 memiliki sudut yang tajam mirip dengan Toyota Avanza. Kemudian, ada lampu kabut yang terdapat di sebelah kanan dan kirinya.

Toyota Calya 2017 memiliki grille depan dengan logo "Burung Garuda" di tengahnya dan memiliki lubang udara berbentuk trapesium. Logo "Burung Garuda" itu memang harus digunakan agar dapat memenuhi standard regulasi pemerintah . 

Beralih ke samping, Toyota Calya 2017 memiliki garis lurus yang selara dengan pintu mobil. Kerennya, desain lampu belakang Toyota Calya 2017 berbentuk huruf "L" terbalik mirip dengan Toyota All-new Kijang Innova.

Tempat plat nomor Toyota Calya 2017 mirip dengan dengan plat nomor Toyota Agya yang terlihat keren. Lalu untuk lekuk tubuhnya di bagian pintu bagasi ini, lebih terlihat sama dengan apa yang ada di toyota Avanza.

Desain Interior Toyota Calya 2017

Setelah eksterior, mari kita bahas interiornya. Toyota Calya 2017 memiliki dashboard yang simple dan memiliki sistem multi layer. Di bawah audio, ada switch AC yang berada di samping tuas transmisi. Di roda kemudinya, ada finger rest tepat disamping stir dengan logo Toyota di bagian tengahnya. Tepat di bawah logo Toyota, ada logo SRS Airbag.

Ada pun bisa menyimpan beberapa barang di ruang penyimpanan yang terdapat di depan. Kabin Toyota Calya 2017 bisa menampung hingga 7 penumpang dan baris ke 2 serta ke 3 sangat luas dan nyaman. Jika dilihat dari samping, kabin bangku memiliki warna yang mirip dengan model "kakaknya" Avanza.

Dimensi Toyota Calya 2017

Toyota Calya 2017 memiliki dimensi dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu rodanya 2.525 mm. Toyota Calya 2017 juga memiliki ground clearance 180 mm sehingga mampu melibas jalan-jalanan berlubang atau terjal bahkan menerjang banjir.

Untuk kenyamanan, Toyota Calya 2017 mengusung suspensi MacPherson pada suspensi depan. Untuk bagian belakangnya, Toyota Calya 2017 mengandalkan Semi Independent Torsion Beam. Toyota memasang kedua suspensinya dengan perulir yang membuat peredaman lebih lembut dan nyaman. Untuk sistem pengereman, Toyota Calya 2017 menggunakan rem ventilated disc untuk roda depan dan rem drum untuk roda belakang. Toyota Calya 2017 menggunakan pelek alloy 14 inci.

Mesin Toyota Calya 2017

Toyota Calya mengusung mesin 3NR berkapasitas 1.197 cc dengan 4 silinder. Mesin 4-silinder segarisnya mengusung teknologi Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 88 ps setiap putaran 6.000 rpm dan mencapai torsi maksimum hingga 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm. Toyota Calya 2017 menawarkan sistem transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Toyota Calya 2017 dapat menghabiskan 1 liter bahan bakar minyak (BBM) untuk 20 km, mengingat Toyota Calya 2017 harus memenuhi regulasi LCGC untuk mendapatkan potongan pajak. Jadi, Toyota Calya 2017 dijamin irit seperti Agya, Ayla, Karimun Wagon R, Brio Satya, dan Datsun Go+.

Fitur Toyota Calya 2017

Untuk fitur kenyamanannya, Toyota Calya 2017 mengusung Rear AC Circulator yang mampu menjaga suhu dalam kabin tetap stabil dari panasnya terik matahari ketika siang hari, sekaligus membuat udara tetap segar ketika berkendara dalam waktu lama.

Model itu memiliki ruang kaki dan kepala yang cukup lebar dengan deretan kursi yang bisa diatur sedemikian rupa serta bisa dilipat sehingga bisa membawa barang yang besar.

Untuk fitur kenyamanan, Toyota Calya 2017 menawarkan sistem audio dan video hingga port USB untuk mendukung kebutuhan konektivitas gadget. Di dalam Toyota Calya 2017, ada 2 speaker untuk model E dan 4 speaker untuk model G yang memberikan kenyamanan untuk fitur audionya. Model itu juga memiliki MID Digital yang akan selalu siap memberikan data realtime kendaraan kepada pengemudinya.

Untuk fitur keselamatan, Toyota Calya 2017 juga mempunyai seatbelt 3 point dengan sistem pengereman canggih. Model varian E mengandalkan rem cakram. Sedangkan, untuk rem belakang masih mengandalkan rem tromol. Sedangkan, varian G sudah menggunakan rem ABS. Toyota Calya 2017 juga mengusung fitur immobilizer dan remote alarm.

Harga Toyota Calya 2017

Toyota sangat antusias menyambut program pemerintah terkait produk mobil LCGC, menyusul Toyota memiliki dua mobil LCGC yaitu Toyota Agya dan Toyota Calya. Mobil LCGC menyasar pembeli mobil pertama atau pelanggan yang sudah bosan dengan sepeda motor dan ingin beralih ke mobil. Toyota Calya menawarkan harga yang terjangkau untuk ukuran mobil murah.

Toyota Calya 2017 tipe E dibanderol mulai dari Rp132 juta - Rp145 juta. Sedangkan, Toyota Calya tipe G dibanderol Rp138 juta - Rp150 juta. Harganya sangatlah bersahabat, mengingat Toyota Calya 2017 menawarkan kapasitas kabin 3 seat dengan kapasitas 7 penumpang.

Jangan ragukan masalah purna jual Toyota, menyusul layanan diler Toyota menyebar di seluruh dunia. Untuk ketersediaan aksesoris pun sangat mudah lantaran Toyota Calya 2017 asli buatan Indonesia dan diproduksi di Indonesia. Hebatnya, konten lokal Toyota Calya 2017 sebesar 80 persen.

Nama Harga di Pasaran
Toyota Calya E AT belum ada harga
Toyota Calya E MT belum ada harga
Toyota Calya G AT belum ada harga
Toyota Calya G MT Rp 169.300.000

Perbedaan Tipe Toyota Calya 2017

Perbedaan Toyota Calya 2017 tipe E dan G hanya terdapat dari aksesorisnya saja. Karena, teknologi yang digunakan pada tipe E maupun G seperti kunci immobilizer, dual SRS Airbag, rem ABS, sensor parkir, isofix, sampai 3 point seatbelt adalah sama.

Toyota menggarap tipe G dengan beberapa tambahan di sisi eksterior, seperti fog lamp dengan ornamen krom di sekelilingnya, kemudian rear combination lamp. Part terakhir ini membuat tampilan lampu belakang terkesan lebar dan berkarakter modern. Tak luput, Toyota mempercantik sisi interior tipe G dengan multilayer dashboard yang mengkombinasikan warna keemasan di panel tengah dashboard yang diapit panel berkelir hitam. Sementara itu, konsol tengahnya mengadopsi warna silver.

Segala pernak-pernik tersebut tidak tersedia pada tipe E yang mengisi dua varian terbawah. Kemudian, sistem audio double DIN pada tipe E tak punya fitur Bluetooth yang digunakan untuk memutar lagu dan telepon.

Baca juga artikel:
Harga dan Spesifikasi SUV Toyota Rush Februari 2017
Niat Beli Mobil Baru, Ini Harga Mobil Murah dan Mahal Toyota di 2017
Toyota Resmi Luncurkan Innova Termewah Venturer di Indonesia
Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts