Kawasaki Supernaked Z900 Resmi Diluncurkan di Indonesia, Harganya?

Oleh Daynis updated Senin, 6 Mar 2017 | 02:53

Trend model naked yang belakangan menjadi pendamping dari peluncuran model sport belakangan selalu menjadi andalan para produsen sepeda motor. Tak terkecuali PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang baru saja meluncurkan produk supernaked Z900, di Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Kawasaki Z900 tampil dengan tampang yang lebih sangar dan cukup banyak diminati konsumennya. Tak hanya itu, tunggangan supernaked sangat mudah pengendaliannya, khususnya di jalan ibukota yang padat.

"Model supernaked itu memiliki aura yang sangat gahar dibanding supersport, pengendaliannya juga lebih mudah saat dikemudikan di jalan padat seperti ibukota." ujar Sucipto Wijono, line head research development & design marketing division KMI.

Kawasaki Z900 sendiri merupakan generasi penerus dari model Z800 yang sebelumnya sudah disuntik mati oleh KMI pada Desember tahun lalu. Hadir dengan berbagai keunggulan di luar kapasitas mesin yang tentunya lebih besar dari model naked Z800 sebelumnya. Kawasaki Z900 hadir sebagai supernaked yang diklaim memiliki pengendalian lebih mudah jika digunakan di jalan perkotaan yang padat.

Berdasarkan data spesifikasi yang dirilis KMI, Kawasaki Z900 sendiri dikembangkan menggunakan sasis dan frame baru dimana sasisnya di desain menggunakan besi padat yang bobotnya mencapai 13,5 kg. Membuat tunggangan ini sangat mudah dikendalikan di jalan macet. Secara keseluruhan berat kosong Z900 mencapai 210 kg atau lebih ringan 10 kg dari model Z800.

Posisi duduk Z900 yang rendah diklaim membuat pengontrolan kendaaran menjadi lebih mudah. Jarak terendah motor ke tanah 130 milimeter, ketinggian jok 795 mm, dan jarak sumbu roda 1.450 mm. Karenanya tunggangan ini juga memberikan kenyamanan bagi pengendaranya saat melibas jalan perkotaan, tak heran jika supernaked ini selain memiliki tenaga yang besar namun tetap jinak ditengah kemacetan.

Sektor Pacu

Dari sektor pacu, Kawasaki Z900 dikembangkan menggunakan platform mesin milik Kawasaki Z1000, tipe 4 silinder in-line four , Double OverHead Camshaft (DOHC), dengan kapasitas 948 Cc. Mesin tersebut mampu meletupkan tenaga mencapai 125 Ps pada 9.500 rpm sedangkan putaran mesin bawahnya mencapai 98,6 Nm di 7.500 rpm. Dengan system fuel injection berukuran 36 mm x4, memungkinkan suplai bahan bakar lebih maksimal di setiap putaran tenaga mesin.    

Dengan karakter tersebut, Kawasaki Z900 juga menjanjikan tenaga maksimal baik putaran bawah maupun tinggi, yang memungkinkan pengendara bisa melakukan ekplorasi di setiap putaran mesinnya. Artinya tunggangan naked ini bisa dibawa santai ataupun kencang dengan tenaga buasnya. 

Fitur Kawasaki Z900

Fitur pada sector suspensi bagian depan menggunakan sokbreker upside down berdiameter 41 mm yang memiliki setelan tension di sisi kiri atas. Sedangkan shock belakang menggunakan uni-track yang juga bisa diatur dengan posisi horizontal yang memiliki keunggulan tidak mudah berubah karena jauh dari leher knalpot akibat panas. 

Fitur lainnya ada pada spidometer yang kali ini Kawasaki menggunakan tipe negative display yang membuat tampilan lebih menarik, namun tetap memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan pengendara terhadap kondisi sepeda motor.

Harga Kawasaki Z900

PT KMI membanderol model supernaked terbarunya ini dengan harga mencapai Rp225 juta, harga tersebut lebih mahal Rp13 juta dibanding model Z800 sebelumnya.  Sedangkan model terdekatnya yakni Z1000 saat ini memiliki harga mencapai Rp328 juta. 

Jika membandingkan dengan pesaingnya dengan Yamaha MT09 yang dibanderol dengan harga Rp250 juta, Kawasaki Z900 jauh lebih murah. Begitu pula perbandingan spesifikasinya, dimana Yamaha MT09 hanya dipersenjatai dengan mesin 3 silinder berkapasitas 847 Cc dengan tenaga 115 Ps serta torsi 87,5 Nm.

KMI sendiri menargetkan penjualan supernaked terbarunya hanya 25 unit sebulan, dengan total target penjualan pertahunnya mencapai 300 unit. Seluruh model yang dipasarkan di Indonesia di datangkan langsung dari Thailand.

Baca juga artikel:
Ninja H2 2017 Versi Carbon Dirilis, Indonesia Hanya Dapat 5 Unit Saja
Harga Motor Naked Bike Yamaha MT-25 Lengkap dengan Spesifikasi
Yamaha Permak Tampang MT-25

Artikel Lainnya

Komentar