Diperbaharui pada Jumat, 2 Desember 2016 | 09:19

Kamera GoPro yang Bisa Merekam Video 4K

Nama GoPro masih menjadi jargon untuk action camera yang berkualitas tinggi, disusul oleh Xiaomi yi dan beberapa kamera aksi lainnya. Dengan kualitas bersaing, saat ini para konsumer sudah mulai menginginkan kualitas gambar yang mencapai 4K, bukan lagi full HD seperti pada 2 tahun sebelumnya.

GoPro yang menjadi market leader untuk urusan action camera pun mulai berbenah dan menghadirkan deretan action camera dengan resolusi 4K. Meskipun memiliki harga yang tergolong mahal, namun kamera aksi ini tentunya menawarkan kualitas yang tidak bisa dianggap remeh.

Bagi anda yang hendak membeli action camera GoPro dengan resolusi 4K untuk digunakan pada liburan akhir tahun, silahkan ikuti ulasan berikut, karena kami akan menghadirkan deretan kamera GoPro dengan resolusi 4K.

1. GoPro Hero 3 Black Edition

Produk terbaru dari lini Hero 3 ini menawarkan banyak sekali upgrade, yakni ukuran kamera yang lebih kecil, lebih ringan, dan memiliki frame rate yang lebih tinggi. Versi Black juga menawarkan resolusi 4K untuk fitur rekaman video.

Sebagai catatan Anda tidak bisa membedakan kualitas 4K untuk hasil video GoPro Hero3 dan kualitas di bawahnya, keculi anda memiliki satu set TV yang bisa menayangkan siaran video dengan resolusi 4K. Bahkan, monitor komputer rata-rata pengguna mungkin tidak mencapai ukuran yang diperlukan yakni 3840 x 2160 untuk menampilkan 4K secara full-size.

Anda jangan lupa, karena kualitas 4K juga membawa ukuran file yang besar dan memaksa Anda untuk mengisi kantong Anda dengan kartu memori tambahan.

Untuk urusan konektivitas, GoPro Hero 3 Black ini memiliki kecepatan WiFi  yang lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya, kamera ini dihargai sekitar Rp4,8 jutaan di situs online Blibli.com. Mau yang lebih murah, kamu bisa mengunjungi penjual di Bukalapak, yang menawarkan GoPro Hero 3 Black Rp4,7 jutaan.

Pilihan GoPro ini mungkin cukup sesuai dengan kebutuhan Anda, namun jika hanya membutuhkan action camera untuk merekam moment sehari-hari, anda disarankan untuk membeli action camera yang lebih murah.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 12 MP
Wide Field of View 170 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. GoPro Hero 4 Silver Edition

Jenis action camera GoPro yang mampu menghadirkan kualitas 4K berikutnya adalah GoPro Hero 4 Silver Edition. Action camera ini memiliki desain yang sangat simpel, hanya berbentuk kotak. terlebih GoPro Hero4 Silver Edition ini juga merupakan kamera pertama GoPro yang telah dilengkapi dengan fitur layar sentuh.

Dengan layar sentuh ini Anda bisa mengubah pengaturan kamera, membidik gambar, hingga memutar ulang video yang sudah direkam hanya dengan menyentuh layar belakang action camera ini.

Berbicara mengenai resolusi sendiri, meskipun ukurannya kecil, namun kemampuan kamera ini sangat besar, GoPro Hero4 Silver Edition dilengkapi dengan lensa bersensor 12 MP yang mampu digunakan untuk mengambil gambar dan merekam video hingga beresolusi 4K.

Konektivitas, action camera ini juga telah dibenamkan fitur konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth, sehingga Anda bisa menghubungkan GoPro Hero4 Silver Edition dengan aplikasi GoPro App, Smart Remote, dan juga gadget kesayangan Anda tentunya.

Ketika menghubungkan kamera ini dengan smartphone atau tablet, maka Anda juga bisa mengubah smartphone dan tablet tersebut menjadi sebuah wireless remote control. Berbicara mengenai harga, action camera ini dihargai pada angka Rp5 jutaan di situs jual beli online Lazada. Yang lebih murah, harga GoPro Hero4 Silver Edition dijual di Tokopedia yakni Rp4,5 juta.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 8 MP
Wide Field of View 180 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. GoPro Hero 4 Black

Sebelum GoPro Hero 5 Black diluncurkan, Hero 4 Black duduk sebagai action camera flagship dari GoPro. Dia adalah GoPro pertama yang mendukung 4K pada 30fps, dimana sebelumnya ini terbatas pada 15fps saja. 

Action camera ini memiliki warna gambar yang baik, dengan gambar yang lebih halus karena 60Mbits / sec 4K bit rate. Modus 240fps 720p yang dimiliki juga cukup mengesankan.

Namun perlu dicatat bahwa GoPro Hero 4 tidak memiliki image stabilization (IS), yang mulai dihadirkan pada action camera dari beberapa produsen lain seperti Sony. Sementara IS tidak akan sangat efektif dalam olahraga ekstrim dengan gerakan yang sangat cepat, itu akan berguna untuk merekam situasi yang cukup kondusif seperti acara wedding dan merekam langit serta panorama.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 8 MP
Wide Field of View 180 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. GoPro Hero 5 Black

Ini merupakan varian terbaru dari action camera GoPro, keluarga Hero 5 juga menjadi action camera milik GoPro yang paling premium dibandingkan seri GoPro Hero lainnya. Fitur unggulan yang pasti hadir pada action camera ini adalah mampu merekam video dengan resolusi 4K dengan kecepatan 30 frame per second (fps).  

Selain itu, GoPro Hero 5 Black juga dilengkapi dengan fitur voice command yang memungkinkan Anda untuk memberikan perintah suara kepada action camera ini. Anda hanya perlu mengucapkan perintah tertentu seperti (contohnya) “GoPro, take a photo!” atau “GoPro, shoot burst!” maka GoPro Hero 5 ini akan merekam video atau mengambil foto secara Otomatis.

GoPro Hero 5 Black juga sudah mendukung tujuh bahasa dan memiliki Microphone Stereo internal, namun tentunya jika menginginkan audio yang lebih baik, Anda perlu membeli microphone eksternal.

Hadir pula salah satu fitur yang sangat dinanti oleh pengguna yaitu fitur Image Stabilization yang belum pernah ada di GoPro sebelumnya. Jadi, hasil perekaman menjadi lebih halus meskipun perekaman dilakukan saat banyak getaran atau guncangan.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 12 MP
Wide Field of View -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. GoPro Hero 5 Session

Action camera dari GoPro ini merupakan satu keluarga dengan Hero 5 Black. karena satu keluarga, maka action camera ini memiliki spesifikasi dan keunggulan yang nyaris sama dengan Hero 5, seperti resolusi 4K, fitur Voice Command, Microphone stereo serta Image Stabilization yang menjadi salah satu upgrade terbaik untuk seri GoPro ini.

Namun, GoPro Hero 5 Session hanya dilengkapi sensor kamera 10 megapixel yang menjadi versi spec-down dari GoPro Hero 5 Black. Bukan hanya itu, Hero 5 Session ini juga tidak dilengkapi layar LCD, tanpa GPS, RAW, dan WDR.

Sedangkan, jika disinggung mengenai harga, GoPro Hero 5 Session berada di harga Rp 4.356.000,00. Di Tokopedia, harga GoPro Hero 5 Session cuma beda Rp6000 ribu dari harga yang ada di Blibli.com.

Action Camera ini menjadi salah satu alternatif yang cukup baik bagi anda yang hendak membeli action camera dari GoPro dengan resolusi 4K. Selain karena harganya murah, Action Camera ini juga memiliki spesifikasi dan banyak fitur unggulan.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 12 MP
Wide Field of View -
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Action Cam GOPRO Hero 5 Black dan GOPRO Hero 5 Session Resmi Diperkenalkan
Generasi Kedua Xiaomi Yi Action Camera Kini Bisa Rekam Video 4K
4 Action Camera Murah di Bawah Rp 1 Juta dengan Fitur Terbaik
Like us!
Kusnadar

Contributor

43 Posts