Diperbaharui pada Senin, 24 Juli 2017 | 18:40

Action Camera Murah dengan Review Terbaik dari User


Pilihan action camera dibawah ini memiliki harga yang terjangkau namun memiliki kemampuan yang bisa memuaskan penggunanya.  

Meski pasar action camera tidak seramai smartphone, namun kehadirannya cukup diminati terutama para traveler hingga vlogger untuk aktivitas mereka. Kelebihan dari action camera memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, perangkat ini juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan kualitas yang baik dari kamera pocket. Action camera lebih banyak digunakan untuk aktivitas luar ruangan atau outdoor.

Di pasar action camera kelas entry level, berbagai macam merek sudah tersedia di pasaran saat ini. Sebut saja Kogan, Xiaomi, Brica dan lainnya. Untuk itu, kami akan sajikan beberapa action camera murah yang bisa Anda miliki. Dan pilihan action camera dibawah ini didasarkan pada review dari member Pricebook yang sudah menggunakan perangkat secara langsung.

Bcare B-Cam X-3 WiFi

"Ini dia kamera aksi saya yang selalu menemani aktivitas hunting yaitu Bcare B-Cam X-3 Wifi yang mana kamera aksi ini merupakan action camera terbilang mewah namun dibandrol harga murah. Memiliki resolusi kamera yang besar dengan pengaturan mulai dari 2MP, 8MP, 12MP, dan maksimal hingga 16MP. Kualitas gambar yang baik serta unik dengan wide angle 170 derajat.

Action camera ini juga dapat mengabadikan momen saya dalam format video hingga 4K atau Ultra HD sehingga sangat mendukung saat saya gunakan dalam setiap mengabadikan momen berharga. Bahkan saya juga dapat merekam gambar dengan mode slow motions. Memiliki layar 2 inci dapat mengontrol kamera aksi ini secara langsung tanpa harus menggunakan smartphone.

Didukung fitur cukup lengkap dengan harga terjangkau seperti tahan air hingga kedalaman 30 meter, dilengkapi dengan LED Flash, dan didukung penyimpanan microSD hingga 64GB. Hanya saja untuk baterai kamera aksi ini masih terbilang kurang mendukung karena hanya memiliki kapasitas sebesar 900mAh dan hanya mampu bertahan hingga 90 menit dalam keadaan mode video."

Review lengkap BCare B-Cam X3 Wifi dari Angga Suryana Putra bisa baca disini.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 3.54 MP
Wide Field of View 150 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Vivan V-Pro 1


"Tak mau ketinggalan dengan produsen lainnya Vivan juga mengeluarkan action camera yakni Vivan V-Pro 1. Vivan vpro1 memiliki resolusi penangkapan gambar hingga 12 megapixel dan mampu merekam video hingga resolusi full HD 1080P. Selain itu vivan vpro1 memiliki desain yang unik dan dipadukan warna yang menarik hitam dengan kombinasi warna biru muda yang cocok untuk kaula muda. 

Vivan vpro1 memiliki desain yang berbeda dari action camera lainnya yang biasanya hanya beberntuk  kotak persegi 4, lain halnya dengan vivan vpro1 yang memiliki desain persegi 8 dengan motif lekukan sudut dibagian depan. Hasil kamera dari Vivan V-Pro 1 dengan lensa wide 170 dapat mengambil gambar hingga 12 megapixel hasilnyapun cerah dan bersih saat digunakan di cahaya redupun mampu menghasilkan gambar yang minim noise.

Sementara untuk video Vivan V-Pro1 mampu merekam video hingga resolusi full hd 1080p dengan 30 flips dan untuk resolusi hd 720 p tersedia 2 pilihan yang dapat kita pilih sesuai selera yakni 30 flips dan 60 flips. Hasil videonya pun bersih dan tidak patah-patah saat digunakan untuk motovlog dan kamera di tempel di body motor guncangan pada video dapat diredam dengan baik berkat keberadaan stabilizer yang ada telah disematkan.  

Vivan vpro1 juga memiliki fitur loop recording yang dapat diatur 1s, 5s, dan 10s. Pada vivan vpro1 kita dapat mengatur iso dan ekspour secara manual jika di rasa kurang terang maupun keterangan. Vivan vpro1 telah diasupi battery sebesar 900mah yang dapat bertahaan 1jam 30 menit saat merekam video full hd 1080p. Sementara saat terhubung dengan wifi daya tahan battreynya sedikit boros dapat bertahan hingga 45 menit, untungnya vivan menjual battery original vivan vpro1 sebagai aksesoris tambahan."

Review lengkap Vivan V-Pro 1 dari A Danun Saputro bisa baca disini.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 12 MP
Wide Field of View 170 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kogan 1080p Wi-Fi


"Banyak orang melihat kualitas dari harganya, padahal perbedaan harga tidak menjamin adanya perbedaan kualitas yang signifikan. Banyak action camera yang memiliki kualitas sejenis namun lebih mahal. Menurut saya, merk Kogan termasuk yang berkualitas. Desainnya menarik, kualitas gambarnya bagus, portabilitasnya memadai, fiturnya sudah canggih, dan tentu saja harganya yang terjangka. Untuk yang ingin memiliki action camera, Kogan adalah salah satu merk yang patut diperhitungkan!" Brigitta Defira Anjassari

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 12 MP
Wide Field of View 170 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Isaw EDGE


"Inilah cam action yang harganya sangat masuk akal, harga terjangkau tapi hasilnya bisa diadu. Isaw Edge, dilengkapi format perekam 4k dengan frame 120fps dan resolusi tampilan 720p . Video yang dihasilkan sangat menawan walau didalam air dan ruangan yang kurang cahaya.

Isaw Edge memiliki body yang tipis, simple namun solid. Dibalut dengan casing anti airnya, kamera ini dapat merekam hingga kedalaman 40meter. Tombol perekamnya juga mudah dioperasikan, termasuk tombol menu untuk men-setting kamera ini.

Bagi yang aktif di media sosial atau vloger, kamera ini dilengkapi dengan wifi sehingga memberikan kemudahan dalam mengakses foto dan video yang dihasilkan dengan menggunakan aplikasi viewer di smartphone. Dan yang terpenting adalah layar LCD yang terdapat dikamera ikut memudahkan kita untuk melihat hasil foto dan video tersebut. Terdapat juga tiga port di samping kamera yaitu slot micro memory, port USB dan port HDMI untuk akses ke monitor.

Dengan dibenamkan sensor Sony Exmor CMOS dengan resolusi 16MP pada kamera ini, memberikan hasil foto dan video yang tajam. Untuk batterynya, kamera ini mampu bertahan hingga 100 menit. Kamera ini sangat recommended." Rian Tangkepadang

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 16 MP
Wide Field of View 170 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Xiaomi Yi 2 Xiaoyi 4K Sport Camera


"Pernah dengar Yi? Bukan, bukan tulisan typo dari kata 'Ya', tapi Yi. Salah satu pabrikan dari Tiongkok yang juga ikut meramaikan pasar action camera. Apalagi salah satu action cameranya yang bisa dibilang 'racun'. Seperti action camera lainnya, bentuk dari Yi 4K Action Camera memiliki bentuk yang compact, mungil dan sedikit mencolok. Resolusi layarnya memiliki ukuran 640 x 360 yang cukup jelas dan memiliki brightness yang terang dan tajam untuk mengambil gambar.

Prosesor yang dimiliki Yi 4K Action Camera memang sama dengan yang digunakan oleh GoPro Hero4, yaitu Ambarella A9SE yang dikenal memiliki performa handal dan irit baterai yang membuatnya mampu merekam hingga 4K. Bahkan juga resolusi kameranya pun sama sebesar 12 megapixels dengan teknologi CMOS. Oh iya, Yi 4K Action Camera juga dilengkapi EIS atau Eletronic Image Stabilization untuk menstabilkan video atau foto agar tak goyang ketika mau di abadikan.

Soal video, Yi 4K Action Camera ini bisa merekam hingga 4K dalam 30 fps. Bisa juga merekam dalam berbagai ukuran dan fps mulai dari 2.5K, 1440p, 1080p, 960p dan 720p. Digadangkan juga bahwa hasil videonya setara atau bahkan lebih dari GoPro Hero4. Kameranya merupakan buatan dari Sony yaitu IMX 377 12 megapixels dengan aperture F2.8 dan lebar lensa sebesar 155 derajat.

Video yang dihasilkan 4K cukup bagus dengan sedikit bantuan EIS, karena video tak secara maksimal stabil oleh EIS sehingga masih ada goyangan ketika merekam video, main didalam air juga tak jauh berbeda dengan hasil di darat dengan bantuan water poof case yang sangat pas dengan Yi 4K. Atau—kamu ingin mengambil foto juga tinggal mengubahnya dengan cepat.

Xiaomi Yi menyematkan baterai sebesar 1400 MAh untuk Yi 4K. Daya tahan baterainya dalam merekam 4K bisa menembus 2 jam lebih seperti pada bagian sisi samping box. Atau lebih kurang 1 jam lebih 47 menit, karena Yi 4K akan menunjukan bahwa baterainya akan habis dengan LED yang berubah lagi hingga akhirnya benar-benar mati karena daya baterai sudah kosong."

Review lengkap Xiaomi Yi 4k dari Aditya Abbdu Syukur bisa baca disini.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 12 MP
Wide Field of View 160 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Brica B-Pro 5 Alpha Edition


"Pada bulan kemarin tepatnya bulan November saya memutuskan untuk membeli sebuah ation kamera, karena saya suka iri dan kepengen punya action camera seperti teman-teman saya yang telah memilikinya. Saya membeli Brica AE1 dengan pilihan paket komplit extreme seharga 925ribu entah paketan ini dari bricanya sendiri atau dari seller. Brica Ae memiliki desain yang bikin saya suka dan jatuh cinta padanya berbentuk kotak dengan logo fullhd timbul chrome yang memberikan kesan mewah.

Wah yang ini yang saya suka dari si Brica AE1 hasilnya benar-benar cemerlang dan bersih apalagi kalau foto pemandangan warna laingitnya jadi biru tajam saya suka warna yang dihasilkan karena tampak hidup dan tidak pucat. Oh iya brica ae1 ini aslinya mempunyai sensor 5 megapixel tetapi bisa diinterpolasi hingga 12 megapixel meskipun begitu hasilnya tetap bagus ko ya walaupun sedikit pecah kalau di zoom jika memakai resolusi 12 megapixel.

Resolusi yang dapat diambil dengan bpro ae 1 yakni 1 M, 2M, 3 M,4 M,5 M, 8M, 10M, & 12M sedangkan resolusi video yang bisa diambil dengan brica ae 1 HD 720 30flips/60 flips dan fhd 1080 30 flips. Action camera Brica AE1 memiliki battery sebesar 1000mah cukup besar untuk sebuah kamera kecil menurut saya. Cuman saat saya menggunakannya terasa boros meskipun sudah mempunyai battery 1000mah.

Untuk pengambilang langsung tanpa terhubung wifi dapat bertahan hingga 1 jam 30 menit saat merekam video kualitas full hd sedangankan saat terhubung dengan wifi daya tahan battreynya sangat boros hanya bertahan 30 menitan saja. Mungkin keberadaan lcd 1,5 inch menjadi factor borosnya battery tapi tenang saja ko jika kita ingin membeli battery cadangan mudah ko dapatkan selain itu battreynya juga bisa pake battery sjcam 4000."

Review lengkap Brica AE-1 dari Alzulin Olvica Saputri bisa baca disini.

Kriteria Spesifikasi
Kategori Kamera Action
Camera Resolution 5 MP
Wide Field of View 170 °
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Liveman C1, Action Camera 4K Terbaru dari LeEco Pesaing GoPro 
3 Action Camera Nikon yang Siap Bersaing dengan GoPro 
Tips Merawat Kamera Action Cam Agar Tidak Mudah Rusak 
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.