Diperbaharui pada Rabu, 18 Juli 2018 | 18:15

Samsung Galaxy J6 vs Huawei Nova 2 Lite, Duel Hp 2 Jutaan Spesifikasi Bersaing

Pasar hp kelas menengah di kisaran harga Rp2 jutaan semakin ramai di tahun ini. Kerasnya persaingan dari hp-hp di kisaran harga tersebut terbukti dari banyaknya produk hp dari berbagai merek yang dijual.

Beberapa merek bahkan sudah cukup menguasai pasar hp di kelas ini dengan mengandalkan spesifikasi mumpuni dan dibarengi dengan harga yang murah. Sebut saja Xiaomi melalui produk Redmi Seriesnya, lalu ASUS dengan mengandalkan Zenfone Max Pro M1 baru-baru ini.

Selain keduanya, dua pabrikan besar juga ikut persaingan di pasar smartphone 2 jutaan yaitu Samsung dan Huawei. Samsung mengandalkan produk Galaxy J6 yang baru diluncurkan baru-baru ini, sementara Huawei mengandalkan Nova 2 Lite yang tampil kekinian.

Masing-masing dari kedua hp dari dua pabrikan ini memiliki keunggulan yang berbeda. Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah perbedaan spesifikasi dari Samsung Galaxy J6 dan Huawei Nova 2 Lite:

Desain

Samsung Galaxy J6 sendiri dikemas dengan desain Infinity Display dengan rasio layar 18.5:9. Dengan demikian, Galaxy J6 ini tampil elegan dengan mendukung tren desain layar kekinian, sekaligus memberikan pengalaman mengesankan saat dipakai menonton konten video.

Sementara pesaingnya, walau bepredikat sebagai hp entry level, tapi Huawei mengemas Nova 2 Lite dengan balutan desain yang mewah dan punya rasio layar sedikit lebih kecil yaitu 18:9. Bobot dari Nova 2 Lite bisa dibilang cukup ringan, yaitu 155 gram saja.

Layar

Samsung membenamkan kualitas layar premium Super Amoled, Samsung Galaxy J6 hadir dengan desain Infinity Display berukuran 5,6 inch. Kualitas layar Super Amoled yang dimilikinya memberikan kenyamanan saat dipakai nge-game atau menonton saat siang hari di luar ruangan dan dalam keadaan minim cahaya di dalam ruangan.

Sementara Huawei Nova 2 Lite menggunakan menggunakan layar ukuran layar yang lebih besar yaitu 5,99 inch berteknologi IPS LCD dan punya resolusi HD+ 720 x 1440 pixel. Sayangnya, panel yang digunakan masih IPS LCD.

Walau begitu, dengan layar yang lebih luas, tentu akan membuat pengalaman menggunakan smartphone Nova 2 Lite menjadi lebih puas, terutama ketika bermain game.

OS

Dari segi OS, baik Samsung dan Huawei menggunakan versi OS yang sama. Di mana Samsung menggunakan OS Android 8.0 Oreo dan Huawei menggunakan OS Android yang sama dan mendapat sentuhan kustom dari EMUI 8.0. Dengan OS yang sudah cukup update, tentu akan mendukung performa dari keduanya.

Performa

Mengikuti jejak banyak hp Samsung lainnya, Galaxy J6 juga akan ditenagai prosesor milik Samsung, yaitu Exynos. Untuk Galaxy J6, prosesor yang diberikan adalah Exynos 7870 octa-core clocking 1.6 GHz yang disandingkan dengan pengolah grafis Mali-T830 MP1. Chipset ini disokong oleh memori RAM 3GB dan ROM 32GB yang bisa diperluas hingga 256GB melalui slot microSD.

Spesifikasi ini lebih unggul dari yang dimiliki oleh Huawei Nova 2 Lite yang mengandalkan dapur pacu yang diotaki oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 bersama GPU Adreno 505. Untuk mendampingi prosesor ini, terdapat RAM 3GB dan ROM 32GB.

Walau begitu, ketika kami mereview hp ini, Nova 2 Lite mampu melibas cukup banyak game maistream dengan baik. Reviewnya bisa dilihat di tautan ini.

Kamera

Galaxy J6 memiliki kamera belakang beresolusi 13MP dengan bukaan lensa (aperture) f1.9 berkemampuan low light baik untuk dapat menghasilkan gambar bagus saat kondisi minim cahaya. Untuk kamera depan beresolusi 8MP dan juga dilengkapi Front LED Flash yang bisa diatur sesuai dengan kondisi pencahayaan.

Sementara Nova 2 Lite menawarkan dua kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan. Untuk resolusinya, dual kamera di bagian belakang beresolusi 13 MP F2.2 PDAF + 2 MP dan kamera depannya beresolusi 8MP.

Dilihat dari spesifikasi keduanya, walau Nova 2 Lite memiliki keunggulan di fitur dual kamera, tapi teknologi yang dipakai cukup seimbang. Mengenai hasil, kita harus mengetes langsung keduanya.

Baterai

Baik samsung dan Huawei, keduanya kompak menggunakan baterai berkapasitas 3000 mAh pada Galaxy J6 dan Nova 2 Lite. Baterai kapasitas 3000 mAh sendiri cukup standar dipakai di hp harga 2 jutaan.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Samsung Galaxy J6 (2018) RAM 3GB ROM 32GB Rp 1.759.000 5.7 inch 7870 8 3 GB 32 GB Mali-T830 13 MP 3300 mAh
Huawei Nova 2 Lite RAM 3GB ROM 32GB Rp 2.750.000 6 inch Snapdragon 430 8 3 GB 32 GB Adreno 505 13 MP 3000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Di beberapa sektor, bisa dibilang Samsung lebih unggul dalam hal prosesor dan teknologi layar. Tapi Huawei juga memiliki fitur layar yang lebih besar dan dual kamera yang tidak kalah dari J6. Secara umum, keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan dari segi harga Samsung dijual sedikit lebih mahal sekitar Rp300 ribu dari Nova 2 Lite.

Namun, yang perlu diketahui, perbedaan spesifikasi yang disebutkan di atas hanya sebatas di atas kertas saja. Pada kenyataannya, kedua pabrikan mungkin telah melakukan sentuhan khusus untuk membuat performa kedua hp menjadi lebih baik. Jadi, mana hp yang kamu pilih?

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts