Diperbaharui pada Selasa, 3 Oktober 2017 | 13:59

ASUS Zenfone 4 Max Pro VS Lenovo K6 Note, Dua Hp dengan Baterai Jumbo

Di bulan September 2017, ASUS memboyong koleksi hp anyarnya ke Indonesia. Hp ini adalah ASUS ZenFone 4 Max Pro yang dipasarkan dengan bandrol di Rp2 jutaan. Membawa konsep desain modern, hp satu ini tawarkan keunggulan utama di sektor baterai dan kamera.

Dibandrol dengan harga jual tak jauh berbeda, di pasaran terdapat hp merek lain yang juga tampil menonjol dan membawa spesifikasi tidak jauh berbeda. Hp ini adalah Lenovo K6 Note yang juga tawarkan baterai berkapasitas besar dengan tambahan sederet fitur canggih lainnya.

Dengan budget dibawah Rp 3 juta, manakah hp yang layak kamu miliki? Buat kamu yang bingung memilih antara ASUS Zenfone 4 Max Pro dan Lenovo K6 Note, yuk kita simak dulu komparasi lengkapnya berikut ini!

Desain

Dimulai dengan ASUS ZenFone 4 Max Pro, hp ini mengusung konsep unibody dengan dimensi fisik berukuran 154 x 76.9 x 8.9 mm dan berat 181 gram. Meskipun desain yang ditampilkannya tergolong standar dan mirip desain hp lain yang ada di pasaran, namun ZenFone 4 Max Pro memberikan kesan solid saat di genggam berkat penggunaan material metal. Di pasaran, hp ini tersedia dalam varian warna Deepsea Black, Sunlight Gold, serta Rose Pink.

Sementara itu, pesaingnya Lenovo K6 Plus hadir dengan dimensi fisik berukuran 151 x 76 x 8.4 mm dengan berat 169 gram. Meskipun desain yang diadopsi hp ini sangatlah standar, namun Lenovo K6 Note memiliki build quality yang cukup baik berkat penggunaan material metal. Mengenai variasi warna, ia menawarkan tiga varian berbeda seperti Silver, Gold, dan Dark Grey.

Mengenai tampilan, sejatinya tidak ada hal unik yang ditawarkan kedua hp ini. Perbedaannya sendiri terletak pada penempatan sensor sidik jari, dimana  ASUS ZenFone 4 Max Pro menyematkan fitur keamanan tersebut di bagian depan bawah layar, sedangkan Lenovo K6 Note menempatkan fingerprint sensor di bagian belakang bodi.

Layar

Kedua hp ini sama-sama mengadopsi panel IPS seluas 5,5 inch. Perbedaannya terletak pada ketajaman warna yang ditampilkan, dimana ASUS ZenFone 4 Max Pro hanya menggunakan resolusi HD 720 x 1280 pixels dengan kerapatan 267 ppi, sementara Lenovo K6 Note tampil lebih unggul berkat penggunaan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 401 ppi.

Hardware

Saat pertama kali diluncurkan, ASUS ZenFone 4 Max Pro sudah didukung dengan OS Android 7.1 Nougat. Sementara itu, Lenovo K6 Note didukung dengan OS yang lebih lama yakni Android 6.0 Marshmallow.

Meskipun penggunaan sistem operasi pada kedua hp ini berbeda, namun keduanya memasang konfigurasi hardware yang sama. Di dalam kedua hp ini terdapat chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dengan prosesor Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU dari Adreno 505.

Selain menyuguhkan performa yang tidak jauh berbeda, kedua hp ini pun didukung dengan RAM berkapasitas sama yakni 3GB, termasuk dukungan memori internal yang sama-sama memiliki kapasitas 32GB.

Sementara itu, perbedaannya adalah penggunaan slot hybrid pada Lenovo K6 Note yang mengharuskan kamu memilih untuk menggunakan dua buah SIM card 4G LTE atau satu SIM card 4G LTE dengan kartu microSD hingga 256GB, sedangkan ASUS ZenFone 4 Max Pro menggunakan slot terpisah sehingga kamu bisa mengaktifkan dua kartu SIM dan kartu microSD secara bersamaan.

Kamera

Di sektor kamera, ASUS ZenFone 4 Max Pro tawarkan konfigurasi dual kamera belakang beresolusi 16 MP dengan bukaan lensa f/2.0, dimana salah satu lensanya memiliki angle luas hingga 120 derajat sehingga ideal untuk dipakai memotret dalam mode landscape.

Tidak hanya itu, kamera belakang pada hp ini turut disertai fitur phase detection autofocus, LED flash dan Electronic Image Stabilization (EIS) sehingga bisa dipakai merekam video secara stabil. Berlanjut ke bagian depan, kamu pun bisa menggunakan kamera beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 yang sudah dilengkapi fitur LED flash.

Soal kemampuan fotografi, pesaingnya Lenovo K6 Note hanya dilengkapi dengan satu buah kamera belakang dengan resolusi 16 MP yang disertai fitur phase detection autofocus dan dual-LED (dual tone) flash. Sementara di sisi depan, terdapat kamera berukuran 8 MP untuk dipakai berfoto selfie.

Baterai

Mengenai suplay daya, kedua hp ini menawarkan dukungan baterai berkapasitas besar. Untuk ASUS ZenFone 4 Max Pro, ia didukung dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim sanggup bertahan hingga 40 jam waktu stand-by. Di lain sisi, pesaingnya Lenono K6 Note hadir dengan baterai 4.000 mAh. Soal kemampuan, baterai tersebut dapat bertahan selama 31 jam waktu stand-by.

Fitur Tambahan

Khusus Lenovo K6 Note, hp ini sudah disertai dengan speaker stereo berteknologi Dolby Atmos untuk menjamin audio yang dikeluarkan memiliki kualitas tinggi. Selain itu, ada pula tambahan fitur VR Mode sehingga bisa memutar konten virtual reality untuk meningkatkan pengalaman dalam multimedia.

Sama-sama menawarkan desain mirip, layar seluas 5,5 inch, performa setara dan baterai berkapasitas jumbo, kedua hp ini menyasar segmen berbeda. Dijual dengan bandrol mulai Rp2.710.000, ASUS Zenfone 4 Max Pro secara khusus ditujukan untuk kamu yang mengutamakan fitur fotografi dan bisa mengaktifkan dua kartu SIM secara bersamaan tanpa harus mengorbankan penggunaan kartu microSD.

Sementara Lenovo K6 Note bisa kamu beli dengan harga jual mulai Rp2.195.000, sangat cocok dipakai untuk menikmati konten multimedia berkat adanya dukungan VR Mode, layar berdefinisi tinggi dan audio berkualitas.

Nama Harga di Pasaran Ukuran Layar Detail Prosesor OS Version RAM Memori Internal GPU Resolusi Kamera Belakang Kapasitas Baterai
Lenovo K6 Note RAM 3GB belum ada harga 5.5 inch MSM8937 Snapdragon 430 6 3 GB 32 GB Adreno 505 16 MP 4000 mAh
ASUS Zenfone 4 Max Pro ZC554KL 3GB Rp 1.599.000 5.5 inch Snapdragon 430 7 3 GB 32 GB Adreno 505 16 MP 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:

ASUS ZenFone Live VS Lenovo K5 Plus, Adu Hp 5 Inch Bandrol Rp1,6 Jutaan

Xiaomi Redmi 4a VS Vivo Y53, Duo Hp 4G Murah untuk Anak Muda

Xiaomi Redmi Note 4 VS Wiko UPulse, Duel Hp Rp2 Jutaan Terbaik

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts