Diperbaharui pada Selasa, 15 November 2016 | 14:17

Duel Phablet Android 5,5 Inci, Samsung Galaxy J7 Prime dan Oppo F1 Plus

Samsung Galaxy J7 Prime akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia. Smartphone ini akan menjadi penantang serius di pasar kelas menengah. Pasalnya, Samsung menghadirkan desain yang cukup solid dengan spesifikasi hardware yang tangguh.

Di kelas menengah ini, sudah ada Oppo F1 Plus yang hadir dengan spesifikasi kamera selfie berkualitas. Hp Oppo ini pun langsung mencuri perhatian banyak pengguna gadget Indonesia. Pasalnya, Oppo menggunakan kamera depan resolusi besar sehingga bisa menghasilkan foto selfie kian jernih.

Lalu, bagaimana bila kedua ponsel dibandingkan spesifikasinya, mana yang terbaik diantara keduanya, Samsung atau Oppo? Berikut ulasannya.

Desain

Samsung Galaxy J7 Prime vs  Oppo F1 Plus

Samsung Galaxy J7 Prime hadir dengan desain rangka premium yang berbahan metal. Hal ini membuat ponsel kian kokoh dan tampak mewah. Desain hp Samsung ini memang masih mirip dengan desain Samsung Galaxy J series lainnya, dengan dominasi layar lebar, dua buah tombol kapasitive yang mendampingi tombol Home fisik. Tombol Home ini juga sudah dibekali sensor fingerprint sensor.

Samsung Galaxy J7 Prime vs  Oppo F1 Plus

Oppo F1 Plus sendiri hadir dengan desain bodi metal yang juga nampak mewah. Oppo juga menempatkan dua antena band dibagian belakang agar sinyal 4G makin terbaca dengan baik. Pada bagian depan, kamu akan menemukan sebuah tombol Home yang cukup besar di bawah layar. Hadir dengan desain bezels tipis membuat smartphone Oppo ini tampak lebih atraktif dibanding desain Samsung.

Untuk dimensi, Oppo F1 Plus hadir dengan dimensi yang cukup tipis yakni hanya 6,6 mm, sedangkan Samsung J7 Prime hanya setebal 8 mm.

Layar

Kedua smartphone Samsung dan Oppo tersebut menggunakan layar berukuran 5,5 inci. Layar ini akan menggunakan resolusi full HD 1920 x 1080 pixels. Hal ini membuat layar bisa menampilkan gambar dan video cukup detail.

Nama Ukuran Layar Screen Resolution Technology
OPPO F1 Plus RAM 4GB ROM 64GB 5.5 inch 1920 x 1080 Pixel AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F 32GB 5.5 inch 1920 x 1080 Pixel PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors

Layarnya yang luas membuat pengguna bisa menonton video, bermain game, surfing dunia maya hingga mengerjakan tugas kantoran dengan nyaman. Perbedaan layar justru tampak pada jenis panel dimana Samsung menggunakan panel PLS TFT dan Oppo menggunakan panel AMOLED.

Mesin

Samsung Galaxy J7 Prime vs  Oppo F1 Plus

Samsung Galaxy J7 Prime menggunakan mesin kelas menengah yang cukup menjanjikan performa tinggi. Samsung memasang chipset Exynos 7870. Ini merupakan prosesor octa-core yang akan disokong RAM 3 GB dan GPU Mali T830. Performanya tentu sangat cepat saat multitasking. Bahkan saat di tes melalui AnTuTu Benchmark, ponsel ini menghasilkan skor 44.000. Untuk memori penyimpanan, Samsung menghadirkan memori internal 16 atau 32 GB. Samsung juga sudah menggunakan sistem operasi yang lebih baru yakni Android 6.0 Marshmallow.

Nama RAM Memori Internal Tipe Memori Eksternal Jumlah Core Kecepatan CPU OS Version
OPPO F1 Plus RAM 4GB ROM 64GB 4 GB 64 GB microSD Octa Core 2 GHz 5.1
Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F 32GB 3 GB 32 GB microSD Octa Core 1.6 GHz 6.0.1

Menengok bagian mesin pada Oppo F1 Plus, pengguna akan merasakan mesin yang gahar untuk kebutuhan harian. Pasalnya, Oppo memasang chipset mediatek Helio P10. Prosesor ini akan disokong RAM 4 GB dan GPU Mali T860. Performanya sangat cepat dan mantap untuk bermain game maupun multitasking.

Samsung Galaxy J7 Prime vs  Oppo F1 Plus

Bahkan ketika melakukan pengujian di AnTuTu, ponsel Android Oppo ini berhasil meraih angka 50.000. Untuk memori penyimpanan, Oppo menggunakan memori internal 64 GB. Untuk sistem operasi, sayangnya Oppo masih menggunakan sistem operasi Android Lollipop.

Kamera

Samsung Galaxy J7 Prime dibekali kamera utama 13 MP dengan aperture f/1.9. Kamera ini dibekali autofocus, LED Flash hingga HDR. Kamera belakang ini juga bisa merekam video Full HF pada 30fps dengan baik. Untuk berselfie, Samsung hanya menyediakan kamera depan 5 MP.

Nama Resolusi Kamera Belakang Video Resolusi Kamera Depan
OPPO F1 Plus RAM 4GB ROM 64GB 13 MP 1080p@30fps 16 MP
Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F 32GB 13 MP 1080p@30fps 8 MP

Untuk Oppo F1 Plus menggunakan kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2. Kamera ini dibekali Phase detection autofocus, LED Flash dan HDR. Kamera belakang ini juga bisa merekam video Full HD pada 30 fps. Yang menjadi daya tarik ponsel Android oppo ini ialah kamera selfie. Oppo memasang kamera selfie 16 MP.

Secara garis besar, kamera belakang Samsung Galaxy J7 Prime cukup unggul dibanding Oppo. Namun, bila kamu mencari ponsel selfie tentu saja Oppo F1 Plus menjadi pilihan terbaik saat ini.

Baterai

Samsung Galaxy J7 Prime vs  Oppo F1 Plus

Samsung Galaxy J7 Prime menggunakan baterai yang cukup solid berkapasitas 3300 mAh. Baterai ini mampu bertahan seharian sebelum harus diisi ulang kembali. Oppo F1 Plus hanya menggunakan baterai berkapasitas 2850 mAh. Menariknya, Oppo membenamkan fitur quick charge.

Kesimpulan

Samsung Galaxy J7 Prime menawarkan hardware yang solid, rangka yang berkualitas hingga kamera belakang yang mumpuni. Di sisi lain, Oppo F1 Plus menggunakan kamera depan yang lebih baik, chipset yang lebih bertenaga dan desain yang lebih atraktif.

Nama Harga di Pasaran
OPPO F1 Plus RAM 4GB ROM 64GB Rp 3.000.000
Samsung Galaxy J7 Prime SM-G610F 32GB Rp 2.750.000

Sayangnya secara harga Oppo F1 Plus sedikit lebih mahal dibanding samsung Galaxy J7 Prime. Untuk kamu pecinta selfie, tentu Oppo F1 Plus menjadi ponsel terbaik saat ini yang bisa kamu pilih. Namun, bila kamu bukan pecinta selfie, Samsung Galaxy J7 Prime tetap layak dipilih mengingat desainnya yang cukup mewah dan baterai yang tahan lama.

Baca juga artikel
Dual Ponsel Premium, Apple iPhone 7 vs LG G5, Mana yang Jadi Jawara?
Mana yang Paling Unggul, Oppo A37 vs Vivo Y55?
Duel Ponsel Premium terbaru, Google Pixel vs Xiaomi Mi 5s, Mana yang Terbaik?
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts