Adu Kecepatan Mesin iPhone 6s dan Samsung Galaxy Note 7, Siapa Pemenangnya?

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 23 Agu 2016 | 13:09

Image via TechRadar

Persaingan Samsung dan Apple sepertinya tidak akan pernah usai. Hal ini tampak dengan terus bermunculan produk terbaru dari dua produsen tersebut. Kedua produsen bahkan saling bersaing menghadirkan produk yang terbaik dikelasnya hingga membuat beberapa pengguna kian terpuaskan dengan inovasi yang ditawarkan.

Terhitung semenjak Apple merilis ponsel premium dalam iPhone, Samsung juga merilis seri Galaxy. Bahkan kini, Samsung sudah lebih dulu merilis ponsel Android premium terbarunya, Samsung Galaxy Note 7. Sementara, iPhone masih berkutat dengan rumor iPhone 7. Walaupun demikian, Apple tetap percaya diri bahwa produk ponsel premium lamanya, iPhone 6s masih layak bersaing dengan ponsel Android premium lainnya.

Lalu, bagaimana jika Apple iPhone 6s ditandingkan dengan Samsung Galaxy Note 7? Manakan ponsel yang memiliki kecepatan mesin terbaik?

Sekadar informasi, iPhone 6s sendiri merupakan produk ponsel premium yang dirilis tahun lalu. Ponsel Apple ini hadir dengan spesifikasi cukup baik dari sisi mesin dan kamera. Dibagian layar, Apple menggunakan iPhone ini menggunakan layar resolusi HD 1334 x 750 pixels. Apple juga memasang prosesor dual core chipset Apple A9. Prosesor ini akan disokong RAM 2 GB hingga iOS 9.3.4

Sedangkan Samsung Galaxy Note 7 hadir dengan desain premium dan unggul dibagian layar lengkung dan anti air. Samsung sudah menggunakan layar lebar dengan resolusi Quad HD 2560 x 1440 pixels.  Untuk dapur pacu, Samsung mengandalkan chipset Snapdragon 820. Prosesor ini akan disokong RAM 4 GB hingga sistem Android 6.0.

Kedua ponsel premium ini pun diadu untuk mengetahui performanya. Kedua ponsel akan dipaksa membuat beberapa game dan aplikasi seperti Gameloft Asphalt Airbone 8 dan Rovio Angry birds. Setelah itu, kedua ponsel Samsung dan Apple ini akan dipaksa membuka aplikasi edit video. Tidak hanya itu, kedua smartphone juga harus membuka aplikasi Netflix dan ESPN.

Menariknya, dalam tes tersebut Samsung Galaxy Note 7 sedikit terhambat saat membuka game pertama sehingga mempengaruhi hasil tes berikutnya.

Hasil tes kecepatan mesin ponsel premium ini pun cukup menarik. Pasalnya, iPhone 6s menjadi pemenang melawan Samsung Galaxy Note 7. Ponsel Android premium ini hanya bisa menyelesaikan tes pertama dengan waktu 2 menit 5 detik saja dan tes kedua dalam waktu 2 menit 50 detik.

Sedangkan Apple iPhone 6s memiliki waktu yang lebih cepat. Ponsel iOS ini bisa menyelesaikan tes pertama dalam waktu 1 menit 21 detik dan tes kedua dalam waktu 1 menit 51 detik.

Baca juga artikel:
Mana yang Layak Dipilih, Samsung Galaxy S7 Edge VS Galaxy Note 7
HTC 10 VS Samsung Galaxy S7, Mana Yang Lebih Unggul?
HTC 10 VS LG G5, Mana yang Lebih Superior?

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 23 Agustus 2016 - 16:35
gilak jauh banget speednya, tp ini kan 2 OS yang berbeda kayanya ga bisa apple to apple deh hmmm