Adu Ponsel Baru 2016, Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3

Adu Ponsel Baru 2016, Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 13 Apr 2016 | 15:04

Dua smartphone tangguh generasi ketiga lahir di 2016 ini. Sebut saja Xiaomi Redmi 3 dan Lenovo Lemon 3. Keduanya layak dipinang, tetapi manakah yang pantas untuk kamu?

Tahun 2016 ini dimulai dengan kehadiran beberapa smartphone harga terjangkau dari beberapa produsen Tiongkok. Untuk kamu yang mencari produk smartphone kelas menengah, dua smartphone baru dari Xiaomi dan Lenovo tersebut patut kamu perhitungkan.

Sejak pertama kali dihadirkan, kedua smartphone ini memang menarik perhatian, apalagi kedua ponsel menggunakan bahan metal pada kedua bodinya. Menariknya, kedua smartphone ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 1,7 jutaan untuk Xiaomi Redmi 3 dan Rp 1,4 jutaan untuk Lenovo Lemon 3. Lalu, seperti apa perbandingan spesifikasi keduanya? Berikut ulasannya.

Perbandingan Spesifikasi Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3

Xiaomi Redmi 3 Spesifikasi  Lenovo Lemon 3
LTE Jaringan LTE
5.0 inh, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5.0, inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Android OS, v5.1 (Lollipop) OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 Chipset  Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616
Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 CPU  Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Adreno 405 GPU  Adreno 405
16GB/2GB Internal/RAM  16GB/2GB 
13MP & 5MP Kamera  13MP & 5MP
Non-removable Li-Ion 4100 mAh Baterai Removable Li-Po 2750 mAh battery

Desain

Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3
Xiaomi Redmi 3

Xiaomi Redmi 3 hadir dengan desain elegan dan minimalis. Sekilas mirip seri Xiaomi Redmi Note 3 yang dirilis pada November 2015 lalu. Dibagian bawah layar, terpasang 3 tombol kapasitif, lalu pada bodi belakang, dilengkapi tekstur berlian yang nyaman dan tampak mewah dibanding milik Lenovo. Oh iya kamu juga bisa cek halaman daftar harga Xiaomi Redmi Series untuk rekomendasi lainnya.

Disisi lain Lenovo menghadirkan smartphone kelas menengah, Lemon 3 dengan bodi berbahan metal. Tak jauh berbeda, tampilannya elegan dan minimalis. Dibagian cover belakang, Lenovo hanya menambahkan kamera dan logo Lenovo saja sehingga tampak bersih.

Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3
Lenovo Lemon 3

Dari sisi dimensi, Lenovo hadir lebih tipis dengan ukuran 142 x 71 x 8 mm dengan berta 142 gram, sedangkan Xiaomi Redmi 3 memiliki dimensi 139,3 x 69,6 x 8,5 mm dengan berat 144 gram. Untuk bagian ini tentu saja kamu memiliki selera yang tidak bisa dipaksakan, jadi terserah kamu mana yang lebih menarik untuk kamu pakai.

Baca juga Harga Smartphone Xiaomi Terbaru

Layar

Beranjak ke bagian layar, Xiaomi Redmi 3 hadir dengan layar berukuran 5 inci. Layar ini sudah mendukung teknologi IPS dan resolusi layar HD 1280 x 720 pixels hingga dilengkapi anti gores Corning Gorilla Glass. Berbeda dengan ponsel Lenovo Lemon 3 yang menggunakan layar 5 inci. Layar ini sudah dibekali teknologi IPS dan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels dilengkapi anti gores biasa.  

Meski sama-sama 5 inci, tampak Lenovo lebih unggul di sisi layar dengan hadirnya resolusi layar yang lebih besar. Alhasil pengguna bisa menikmati tampilan yang lebih jelas dan tajam di Lemon 3 dibanding Redmi 3.

Mesin

Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3

Kedua smarthone baik Xiaomi Redmi 3 maupun Lenovo Lemon 3 mengusung prosesor serupa yakni chipset Qualcomm 616. Prosesor Octa-core berteknologi 64-bit ini disokong RAM 2GB dan GPU Adreno 405. Performa mesin ini sangat memadai untuk penggunaan harian. Pengguna bisa membuka aplikasi dan game dengan lebih lancar apalagi kedua smartphone menggunakan RAM 2GB.

Sementara itu, dibagian sistem operasi, Xiaomi dan Lenovo menggunakan OS Android Lollipop 5.1. Bedanya, Lenovo menggunakan UI Vibe, sedangkan Xioami menggunakan MIUI. Kedua antarmuka ini menghadirkan tampilan yang minimalis. Bedanya, MIUI tampil lebih halus dibanding Vibe UI. Kamu juga bisa cek halaman perbandingan spesifikasi Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3.

Memori

Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3

Pada bagian memori, Xiaomi dan Lenovo menggunakan memori internal 16GB. Perbedaan terletak pada slot microSD. Xiaomi menghadirkan slot microSD berkapasitas 128GB yang terletak bersamaan dengan SIM 2, sedangkan kapasitas slot microSD Lenovo Lemon 3 hanya 32GB.

Baca juga Harga Smartphone Lenovo Terbaru

Kamera

kamera xiaomi redmi 3
Kamera Xiaomi Redmi 3

Resolusi yang dipasangkan pada kamera utama Redmi 3 sebesar 13MP, ini lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Untuk bukaan lensa kameranya dipasangkan diafragma  f/2.0.  Untuk melengkapi kamera utama, berbagai kelengkapan dan fitur dipasangkan mulai dari LED Flash, touch focus, hingga phase detection autofocus. Sedangkan dikamera depan terpasang f/2.2 untuk selfie.

Lenovo juga memasang kamera yang tidak jauh berbeda. Lenovo memasang kamera utama 13 MP dengan f/2.0. LED Flash, Touch Focus, Face Detection. Pada bagian depan terpasang kamera 5 MP dengan f/2.2.

Kedua kamera mumpuni untuk merekam video Full HD. Namun, mengingat Lenovo hadir dengan keunggulan aperture yang lebih baik sehingga mumpuni untuk kondisi low-light. Sedangkan Xiaomi unggul pada sistem autofocus yang lebih cepat.

Baterai

Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3

Xiaomi meningkatkan baterai dengan memasang baterai 4100 mAh yang sayangnya tidak bisa dibongkar pasang. Lenovo juga menggunakan baterai dengan kapasitas 2750 mAh. Keduanya memang menghadirkan performa yang signifikan. Menariknya, Lemon 3 memiliki kapasitas yang kecil, namun menggunakan Layar resolusi Full HD. Sementara Redmi 3 hadir dengan baterai besar namun layar masih beresolusi HD. Tentu secara kasat mata, Redmi 3 lebih awet untuk penggunaan harian.

Kesimpulan

Sejatinya, kedua smartphone kelas menengah ini mengusung performa yang sama seperti camera, memori internal dan chipset. Dari sisi desain tentu Xiaomi Redmi 3 yang unggul karena tampil lebih kompak dan mewah. Tak hanya itu, ponsel ini hadir dengan baterai yang lebih besar. Sayangnya smartphone ini hanya menggunakan resolusi HD.

 

Baca juga artikel
Ini Beda Xiaomi Redmi 2 Dari Redmi 3 Kalau Mau Upgrade Ponsel
Tablet Xiaomi Mi Pad 2 Versi Windows 10 Resmi Dirilis
Lenovo VIBE P1 Turbo, Solusi Android Boros Baterai 

Artikel Lainnya

Komentar