Keduanya Berbodi Metal, Kamu Pilih Samsung Galaxy A8 atau Galaxy A7?

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 30 Jul 2015 | 21:46

Saat ini tren ponsel kelas menengah tengah diramaikan dengan tren baru. Tak hanya menghadirkan perangkat yang ramping, beberapa produsen smartphone mulai menghadirkan ponsel dengan bodi metal untuk mengisi pasar kelas menengah. Sebut saja Samsung yang beberapa waktu lalu merilis Samsung A8 yang digadan-gadang sebagai penerus Samsung A7. Lalu apa saja perbedaan dua ponsel Samsung ini? Berikut perbandingannya.

Desain Samsung A8 dan A7

Seperti yang dijelaskan di atas, Samsung menghadirkan desain bodi metal yang minimalis dan terkesan mewah. Tak hanya itu, Samsung juga menawarkan desain bezel yang tipis. Untuk bentuk, keduanya masih mengandalkan desain mengkotak dengan sudut melengkung khas Seri Galaxy. Walaupun mengusung bodi metal, ponsel Android terbaru ini cukup nyaman digunakan.

Baca juga: Samsung Siapkan Update Android v5.1.1 Lollipop Galaxy S6 dan S6 Edge

Yang berbeda, Samsung A8 hadir dengan desain yang cukup tipis yakni hanya 5,9 mm. Sedangkan Samsung A7 hanya mengusung ketebalan 6,3 mm. Kedua ponsel juga masih mengandalkan satu tombol home di bawah layar.

Layar

Samsung menghadirkan layar yang lebih lebar pada seri A8. Samsung menggunakan layar sentuh berukuran 5,7 inci dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi Full HD serta pelindung anti gores Gorilla Glass.

Sementara itu, Samsung A7 menggunakan layar sentuh berukuran 5,5 inci dengan teknologi Super AMOLED dengan Resolusi Full HD dan pelindung anti gores Gorilla Glass.

Hardware dan Software

Menengok ke bagian dapur pacu, Samsung Galaxy A8 menggunakan chipset Snapdragon 615 besutan Qualcomm pada ponsel Android 4G terbarunya. Untuk prosesornya menggunakan empat inti prosesor, dan kinerjanya di dukung kapasitas RAM 2GB dan pengolah grafis Adreno 405. Sedangkan Samsung Galaxy A7 mengusung prosesor octa-core, dengan chipset Exynos 5. Untuk kelancaran dalam membuka berbagai aplikasi dalam tubuh Galaxy A7 dipasangkan RAM berkapasitas 2GB dan mesin pengolah grafis GPU Adreno 405.

Sementara itu, untuk sistem operasi pada Samsung Galaxy A8 telah menggunakan Android 5.1 Lollipop, sedangkan Galaxy A7 menggunakan sistem operasi yang lebih rendah yakni Android 4.4 KitKat, tapi bisa di upgrade ke Android 5.0 Lollipop.

Baca juga: Kencan Singkat Bersama ‘Si Cantik” Samsung Galaxy S6

Kamera

Pada bagian kamera ada peningkatan pada resolusi kamera, khususnya dibagian depan yang kini telah menggunakan resolusi 16MP dari sebelumnya Galaxy A7 hanya menggunakan kamera 13MP. Untuk kebutuhan selfie, keduanya sama-sama mengusung kamera beresolusi 5MP.

Kesimpulan

Dilepas dengan harga Rp 7 jutaan, Samsung Galaxy A8 menawarkan desain yang ramping, memori yang besar dan kamera yang lebih mumpuni. Bandingkan dengan Galaxy A7 yang seharga Rp 6,5 juta, dengan prosesor Octa-core, dual kamera mumpuni. Tampaknya, bila kamu punya uang lebih, Samsung A8 layak kamu miliki.

 

Baca juga artikel

Lupa Password Lock screen Galaxy S6? Ini Cara Atasinya

Samsung Galaxy S6 Mini Akan Bermesin Snapdragon 808?

Arti Warna Baru di Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Artikel Lainnya

Komentar