Perbandingan Samsung Galaxy S6 dengan HTC One M9

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 03 Mar 2015 | 13:53

Pada 1 Maret yang lalu di ajang MWC, dua pesaing dekat, Samsung dan HTC sama-sama meluncurkan produk high end mereka. Smartphone kelas premium yang mereka luncurkan adalah masing-masing dua varian Samsung Galaxy S6 (Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge) serta HTC One M9. Kedua perangkat premium tersebut dikatakan hampir sama dalam segala sisi, baik hardware maupun fitur-fitur yang dibawanya. Namun Anda tak akan mudah percaya begitu saja tanpa melihat perbandinganya. Baiklah, untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda, berikut ini perbandingan yang dilakukan oleh Engadget untuk Samsung Galaxy S6 dan HTC One M9.

Samsung Galaxy S6 vs HTC One M9

Perbandingan layar

Tak afdol jika tak membandingkan layar dulu. Galaxy S6 dibekali dengan sebuah layar yang sedikit berukuran lebih besar dari One M9, yaitu 5,1 inci, dibandingkan dengan 5 inci pada M9. Satu poin lemah M9 ini rupanya belum cukup karena dalam masalah resolusi HTC M9 juga kalah, bahkan hanya setengahnya saja. Jika Galaxy S6 dibekali dengan layar beresolusi QuadHD 2560 x 1440 pixels maka One M9 hanya FullHD 1920 x 1080 pixels.

Dalam hal kepadatan piksel, HTC One M9 juga kalah telak yaitu hanya 442ppi, sementara Galaxy S6 mempunyai kepadatan piksel 577ppi. Kepadatan piksel yang lebih tinggi menjamin tingkat kecerahan yang lebih tinggi dan detail yang lebih baik.

Layar yang dibawa oleh Galaxy S6 dan HTC M9 juga lain. Galaxy S6 membawa layar jenis Super AMOLED sementara HTC M9 membawa layar Super LCD3. Kedua jenis layar ini tak bisa dibandingkan, namun biasanya gambar yang lebih detail dan jelas disuguhkan oleh layar Super AMOLED, namun kembali lagi kepada selera masing-masing user.

Layar pada Galaxy S6 diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 4 (dan edisi spesial untuk layar S6 Edge), sementara pada HTC M9 belum ada info mengenai proteksi layar, kecuali pada bagian depan kamera yang mempergunakan Corning Gorilla Glass 4.

Perbandingan Dapur Pacu

Hasil uji AnTuTu dari GSMarena

Seperti diketahui, jika sebulan yang lalu Qualcomm tidak mendapat masalah overheat pada Snapdragon 810 terbaru, maka kedua perangkat ini akan membawa prosesor yang sama, namun ternyata masalah timbul dan Samsung memutuskan memakai prosesor yang mereka produksi sendiri yaitu Exynos 7420 sementara HTC One M9 tetap memakai Qualcomm Snapdragon 810 yang rupanya telah selesai diproduksi dan masalah overheat telah dipecahkan, dan keduanya mengusung RAM 3GB.

Kedua chip prosesor tersebut membawa inti octa core yang sama yaitu ARM Cortex-A57 dan Cortex A-53, namun ada sedikit perbedaan yang mendasar pada kedua chip tersebut, yaitu pada Galaxy S6, Cortex-A57 diset pada clock speed 2,1 GHz, sementara pada HTC M9 hanya pada clock speed 2.0 GHz saja. Perbedaan lain yang cukup signifikan adalah teknologi yang dipergunakan untuk merangkai chipset tersebut. Samsung mempergunakan teknologi 14nm untuk merangkai Exynos 7420 miliknya, sementara HTC M9 mempergunakan Snapdragon 810 yang dirangkai dengan teknologi 20nm. Hal ini membuat Exynos menjadi lebih hemat daya, lebih adem, dan juga lebih ngebut.

Perbandingan GPU

Untuk mesin grafis, kedua perangkat mengusung mesin yang berbeda. Samsung Galaxy S6 mengusung ARM Mali-T760 sementara HTC M9 mengusung Adreno 430. Walaupun berbeda pabrikan, namun pada pengujian dengan benchmark memperlihatkan keduanya seimbang. Pada pengujian yang dilakukan oleh Engadget dengan game-game berat, Galaxy S6 lebih lancar dan halus dalam mengeksekusi game tersebut dibandingkan dengan HTC M9, walaupun sebenarnya juga tak ada masalah seperti lag atau non responsive pada M9, jadi hanya selisih sedikit saja.

Perbandingan Media Penyimpanan

Untuk media penyimpanan, Galaxy S6 mungkin menyediakan lebih banyak pilihan internal memori yaitu 32 GB/64 GB /dan 128 GB, sementara HTC One M9 hanya menyediakan 32 GB. Namun Anda tak akan menjumpai slot MicroSD pada galaxy S6. Namun Galaxy S6 menawarkan media penyimpanan cloud di Microsoft One Drive sebesar 115 GB secara gratis selama 2 tahun yang akan membuat Anda bisa mengakses file-file Anda dari berbagai tempat dengan berbagai perangkat yang terkoneksi dengan internet, sementara HTC tidak (jangan khawatir, banyak opsi lain yang bisa Anda dapatkan nanti).

Perbandingan Kamera

Untuk masalah kamera, Samsung Galaxy S6 dibekali dengan kamera belakang 16 MP dan kamera depan 5 MP, sementara HTC mempunyai kamera belakang 20 MP dan kamera depan 4MP UltraPixel . Terlihat kamera Galaxy S6 memang lebih kecil, namun telah dibekali fitur OIS sementara pada HTC M9 tidak ada fitur OIS, untuk kamera depan, Galaxy S6 sedikit lebih  unggul. Kedua kamera belakang S6 dan M9 juga dibekali fitur standar lain yang sama seperti LED flash, autofocus dan lainnya. Kamera kedua perangkat juga mendukung perekaman video 4K.

Perbandingan Baterai

Masalah baterai, Galaxy S6 dibekali dengan baterai 2.550 mAh sementara HTC M9 2.840mAh. Namun hanya Galaxy S6 yang dibekali dengan wireless charging dan fast charging, sementara HTC M9 hanya dibekali dengan fast charging saja. Galaxy S6 dikatakan mampu dipergunakan selama 4 jam hanya dengan charging selama 10 menit. Yang menarik, baterai galaxy S6 menjadi satu dengan body sehingga Anda tak bisa mengganti baterai jika ada kerusakan. Hal ini adalah strategi untuk menjejalkan fitur wireless charging pada Galaxy S6 tanpa harus mengorbankan ukuran menjadi lebih besar.

Perbandingan Dimensi

Pada dasarnya Galaxy S6 sedikit lebih pendek, lebih tipis,namun sedikit lebih lebar dengan dimensi 143,4 x 79,5 x 6,8mm, sementara HTC One M9 berdimensi 144,6 x 69,7 x 9,6mm. ini membuat Galaxy S6 lebih nyaman pada tangan Anda. Selain itu Galaxy S6 dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 4 pada keseluruhan sisi, baik bagian belakang maupun bagian depan, yang membuatnya tahan gores dari apapun juga saat Anda meletakan atau membawanya di kantung baju atau di dalam tas.

Perbandingan Konektivitas

Untuk konektivitas, Galaxy S6 sedikit kalah dari HTC M9 yang tela dibekali dengan LTE kategori 9 yang mampu memberikan koneksi hingga 450 Mbps, sementara Galaxy S6 hanya dibekali dengan LTE kategori 6 saja. Jadi, menurut Anda, lebih baik mana, Samsung Galaxy S6 atau HTC One M9?

Baca juga artikel 

Enam Smartphone Wiko, Warnai Pasar Indonesia

Ingin Tahu Hasil Benchmark Duo Galaxy S6? Inilah Hasilnya

Sony Luncurkan Xperia M4 Aqua dan Xperia Z4 Tablet

Artikel Lainnya

Komentar