Harga dan Perbedaan Asus ZenFone 5 Lite Dari Zenfone 5

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 19 Nov 2014 | 15:38

Asus telah mengumumkan smartphone baru di Filipina (17/11). Disebut-sebut sebagai ZenFone 5 Lite dengan nomor model A502CG. Memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari ZenFone 5 yang diresmikan pada bulan Januari dan sudah dijual sejak April lalu.

Smartphone ini dibanderol senilai $124 atau sekitar Rp1,5juta seperti dikutip dari GSMarena. Selisihnya tidak terlalu jauh bila dibandingkan dengan harga Asus ZenFone 5 (RAM 1 GB) yang saat ini memiliki harga Rp1,8juta.

Tidak ada informasi apakah seri ini akan dipasarkan ke negara lainnya seperti Indonesia. Dari prediksi Kami mungkin saja akan masuk ke pasar Tanah Air karena fans Asus ZenFone cukup besar di sini.

Penasaran apa saja perbedaannya, ini diantaranya.

Desain

Pesona Asus ZenFone 5 sudah terlihat dari luar tubuhnya, ramping dan ringan. Seri terbaru memiliki dimensi 148.2 x 72.8 x 10.8 mm. Jika diperhatikan, yang berbeda hanya pada ketebalan, yang bertambah 5mm dari sebelumnya yang hanya 5,5mm.

Perbedaan tersebut, mengakibatkan handset seri terbaru ini mengalami penambahan berat 15g. Kalau dulu hanya 145g, kini tubuhnya semakin bongsor dengan bobot 160g. Asus ZenFone 5 Lite juga memiliki slot dua kartu dan dapat mengakses jaringan 3G untuk kecepatan akses data yang lebih baik.

Layar

Dengan dimensi yang tetap sama pada panjang dan lebarnya,maka ukuran layar pun tak diubah oleh sang produsen. Asus tetap membekali seri terbaru ini dengan ukuran 5.0 inch. Hanya saja, resolusi mengalami pemangkasan. Dari sebelumnya,720x1280 pixels kini menjadi 540x960 pixels yang menghasilkan pixel per inch-nya sebesar 220ppi.

Asus mengganti Gorilla Glass 3 dengan Oleophobic Coating yang jelas kualitasnya berada di bawah anti gores besutan Corning tersebut. Oleophobic Coating yang juga digunakan oleh Sony Xperia Tablet S, Samsung Google Nexus S, dan Galaxy Nexus I9250, selain tahan terhadap goresan juga akan meminimalisir minyak dan kotoran.

Memori

Asus ZenFone 5 memiliki dua versi di pasar. Pertama ialah yang menggunakan memori internal 8 GB dengan RAM 1 GB, dan yang kedua, ruang memorinya lebih besar yakni 16 GB pada internal-nya dengan dukungan RAM sebesar 2 GB.

Sementara diseri yang terbaru, Zenfone 5 Lite hanya ada satu versi dengan memori internal 8 GB dan 1 GB RAM serta tambahan memori dengan kartu microSD yang up to 64 GB.

Kamera

Jika Anda penggemar selfie, mungkin seri ZenFone 5 Lite ini tidak cocok untuk Anda karena kamera depannya hanya beresolusi VGA. Resolusi 2 MP pada kamera depan seri Zenfone 5 terdahulu dipangkas habis, tetapi tidak untuk 8 MP pada kamera belakangnya. Tetap sama dengan dukungan fitur dan LED flash seperti sedia kala.

Software dan hardware

Asus ZenFone 5 Lite mengusung Android v4.4.2 KitKat dan bukan lagi Android v4.3 Jelly Bean. Untuk antarmuka juga tetap menggunakan Asus ZenUI yang dipakai pada seri-seri terdahulu.

Bekerjasama dengan Intel telah membawa seri ZenFone pada puncak kesuksesan yang luar biasa di Tanah Air. Untuk itu Asus tak ingin melepaskan ujung tombak kesuksesan tersebut pada generasi kedua Zenfone di tahun 2015 mendatang.

Seri ZenFone 5 lite di penghujung tahun ini juga tetap mengusung chipset besutan Intel yakni Intel Atom Z2520, dua inti prosesor dengan clock speed 1,2 GHz. Ini lebih rendah dari pendahulunya tetapi diklaim tetap bertenaga.

Koneksi

Pada bagian ini, Asus tidak memberikan gubahan sama sekali. Tetap berpatokan pada seri terdahulu. Asus Zenfone 5 Lite mampu mengakses jaringan HSPA dengan kecepatan 42Mbps, dan dilengkapi koneksi nirkabel seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0, A2DP, EDR dan koneksi kabel microUSB v2.0.

Baterai

Dengan mengusung desain unibody, baterai Asus Zenfone 5 Lite tidak dapat dibongkar pasang seperti seri Zenfone sebelumnya kecuali Zenfone 4. Kapasitas baterai lebih besar yakni 2500 mAh dari sebelumnya hanya 2110 mAh.

Baca juga artikel:

Kapasitas Baterai Marathon M2 Kalahkan Motorola Droid Turbo

Infografis Android Dari Masa ke Masa

Nexus 4 Mulai Kebagian Update Android 5.0 Lollipop

 

Artikel Lainnya

Komentar