Volkswagen Golf GTI Clubsport Edition 40 Hanya Ada 1,000 Unit di Dunia

Oleh Adam Rizal updated Selasa, 3 Jan 2017 | 02:40

Volkswagen melalui jaringan Volkswagen Inggris meluncurkan VW Golf GTI Clubsport Edition 40 untuk menyambut perayaan produksi ke-40 tahun. Yang cukup menarik, mobil besutan VW ini berbeda dengan versi biasa.

Karena terbilang spesial, Volkswagen pun memutuskan hanya memproduksi Golf GTI Clubsport Edition 40 sebanyak 1,000 unit saja.

Perubahan kental terasa pada bagian warna, terlihat balutan seluruh bodinya berwarna hitam. Pada bagian eksterior, perbedaan mobil spesial itu terlihat dari sisi bumper depan, diffuser serta buritan yang dibuat lebih sporty. Untuk memberikan kesan berbeda, Volkswagen menambah lis merah pada bagian luar serta penggunaan pelek yang berwarna hitam dan sporty.

Image via AutoCar

Tidak hanya bagian warna, Volkswagen juga memberikan perbedaan di bagian interior serta mesin Golf GTI Clubsport Edition 40. Di bagian kabin, jok bucket Golf GTI Clubsport Edition 40 dibuat dengan balutan kulit alcantara serta beberapa bagian lain. Sementara untuk memberikan perbedaan, di bagian dashboard disematkan emblem berlogo 'Honeycomb 40'.

Untuk menambah kesan spesial, produsen otomotif asal Jerman itu juga membungkus lingkar kemudi dengan alcantara. Bagian kabin didominasi oleh warna hitam dan aksen merah serupa dengan eksterior.

Untuk jantung pacu, VW Golf itu menggendong mesin yang lebih besar dibanding Golf GTI biasanya yaitu mesin TFSI turbocharged berkapasitas 2,0-liter. Mesin itu mampu menghasilkan daya 265 tenaga kuda dengan torsi 350 Nm. Tenaganya meningkat sekitar 39 hp lebih dibanding mobil GTI biasa.

Image via AutoCar

Model itu juga mempunyai mode overboost yang bisa meningkatkan tenaga menjadi 286 hp hanya dalam waktu 10 detik saja. Mesin EA888 yang bersemayam di kap mesin Golf itu mempunyai pendingin cair khusus untuk mendinginkan turbocharger.

Volkswagen Golf GTI Clubsport Edition 40 mempunyai akselerasi 0-100 km/jam sekitar 6,3 detik dan kecepatan puncaknya 250 km/jam seperti dilansir Carscoops.

Dengan demikian, kehadiran VW Golg GTI Clubsport akan menjadi ancaman bagi mobil lainnya yang menyasar pada segmen sama. Beberapa pesaing terberatnya yaitu Corsa OPC Nürburgring Edition, Peugeot 308 R, dan Ford Focus RS.

Image via AutoCar

VW Golf merupakan salah satu penyumbang penjualan terbesar Volkswagen. Kehadiran Golf GTI memiliki daya magis unutk mendongkrak penjualan. Bahkan, mobil itu berhasil memegang gelar sebagai hatchback penggerak depan terkencang di sirkuit Nurburgring-Nordschleife.

Pada awalnya GTI merupakan proyek yang tidak resmi dan berjalan secara rahasia. Direkayasa sebagai proyek antusias dan kemudian menjadi jelas pada 1976. Setelah melewati tujuh generasi, Golf GTI menjelma menjadi ikon Volkswagen di seluruh dunia.

VW Golf GTI Clubsport Editon 40 itu akan hadir pada tahun 2017 dengan performa dan teknologi tercanggih. Urusan harga, VW membanderol GTI edisi spesial itu senilai Rp 510,7 jutaan.

Baca juga artikel:
Volvo Akan Pasangkan Aplikasi Skype di Mobil
Lamborghini Urus, SUV Lamborghini Pertama Berteknologi Hybrid
Bocoran Spesifikasi dan Harga Innova Venturer

Artikel Lainnya

Komentar