Diperbaharui pada Kamis, 16 Desember 2021 | 16:01

Cara Memilih Robot Vacuum Cleaner Terbaik

tips memilih robot vacuum cleanerFoto: Pexels

Robot vacuum cleaner termasuk barang elektronik rumah tangga yang tidak murah, makanya penting sekali untuk mengetahui cara memilih yang tepat agar tidak menyesal setelah membeli. Berikut tips memilih robot vacuum cleaner sesuai kebutuhan.

Jenis robot vacuum cleaner ini akan sangat membantu bagi kita yang memiliki jam kerja tinggi dan super sibuk sekali karena pengoperasiannya dikendalikan oleh remote, hingga smartphone.

Cara Memilih Robot Vacuum Cleaner

tips memilih robot vacuum cleanerFoto: Pixabay

Sistem kerja robot vacuum cleaner sangat mudah, hanya cukup ditempatkan di dalam ruangan yang akan dibersihkan, lalu aktifkan dan dan biarkan alat tersebut bekerja secara otomatis.

Robot vacuum cleaner dilengkapi dengan sensor yang akan mencegahnya mengalami benturan ketika sedang bekerja. Vacuum cleaner ini akan secara otomatis menghindari titik-titik benturan dan mencari jalan lain secara otomatis.

Potensi sedot robot vacuum cleaner yang bagus akan membuat kebersihan di rumah lebih maksimal. Bagus dan tidaknya alat ini bisa dilihat dari komponen di bawah ini. Sebelum membeli, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Perhatikan Desain Nozzle

Nozzle merupakan bagian utama dari vacuum cleaner yang letaknya ada di ujung dan berfungsi sebagai penyedot debu. Bagian ini sangat beragam karena bisa disesuaikan dengan kontur area yang akan dibersihkan, ada yang gepeng, pipih, lancip dan kotak. 

Ujung nozzle ini biasanya bisa dicopot untuk mengganti jenis nozzle yang sesuai dengan area lantai yang akan dibersihkan. Dengan model nozzle yang beragam ini lah, kita jadi lebih maksimal dalam membersihkan ruangan. 

Fungsinya mirip dengan rambut sapu tetapi kalau sapu hanya makro saja yang bisa dibersihkan. Sedangkan debu mikro tidak bisa dibersihkan sama sekali karena kuat menempel di permukaan. 

2. Ketahui Jenis Filter yang Dipakai

Ada 2 jenis filter yang umum dipakai dalam robot vacuum cleaner yaitu filter mikro dan filter HEPA. Filter mikro sendiri adalah jenis filter umum atau standar yang ada di semua jenis vacuum cleaner. Filter mikro dapat digunakan secara berulang kali dan kontinyu. 

Sedangkan filter HEPA (High Efficiency Particulate Arresting) yaitu saringan di dalam alat yang fungsinya menyedot dan mengunci debu. Debu yang telah dikunci ini akan tertahan dan tidak bisa keluar, apalgi berterbangan. 

Dengan adanya filter HEPA ini, salah satu manfaat yang dapat kita rasakan adalah kemampuannya untuk mengurangi flek paru-paru pada manusia karena mikroorganisme yang ada di dalamnya terikat sempurna. 

3. Pastikan Daya Listrik Sesuai

Jangan salah dengan anggapan bahwa alat penyedot debu otomatis yang mahal pasti akan mengonsumsi daya yang besar. Tidak selalu, karena merek-merek ternama telah mengadopsi teknologi penghemat daya, walau belum semuanya.

Vacuum cleaner dari merek terbaik dengan kelengkapan alat yang banyak, pada umumnya memiliki daya listrik yang semakin kecil. Vacuum cleaner watt kecil akan sangat menghemat penggunaan listrik.

4. Sesuaikan dengan Ukuran Rumah

Sebelum membeli robot vacuum cleaner, sesuaikan dulu dengan ukuran rumah. Semakin besar jangkauan rumah maka semakin besar pula kebutuhan untuk menyedot debu dan kita tentunya tidak mau kan bolak balik membersihkan debu yang ada di filter. 

Robot vacuum ini praktis, karena dengan bantuan sensor, alat ini bisa bekerja sendiri secara otomatis, membersihkan kotoran dengan detail seperti debu ukuran mikro. Daya sedot yang sangat kuat inilah membuat area sempit menjadi lebih mudah untuk dibersihkan. 

Jenis Vacuum Cleaner Lainnya

tips memilih robot vacuum cleanerFoto: Pixabay

Selain vacuum cleaner robot, terdapat jenis-jenis vacuum cleaner lain di pasaran saat ini, dengan berbagai fitur yang berbeda antara satu dengan lainnya, walaupun semuanya memiliki fungsi utama yang sama untuk menyedot debu.

Perbedaan jenis tersebut pada umumnya akan berpengaruh besar pada harga yang dibanderol oleh pembuatnya. Semakin tinggi teknologi yang digunakan, dan seemakin banyak fiturnya, maka harganya juga akan semakin mahal.

Berikut beberapa jenis vacuum cleaner lain yang bisa ditemukan di pasaran saat ini.

1. Vacuum Cleaner Upright

Jenis vacuum cleaner upright ini multifungsi karena mampu menyedot di permukaan seperti kayu, karpet, dan lantai, serta memiliki bentuk dan desain bodi yang tinggi.

Pengguna dapat mengatur tingginya dan menyesuaikan dengan tubuh, sehingga tidak perlu membungkuk ketika memakainya. Daya serapnya sangat baik dan mampu menyedot debu hingga ke sela-sela serat karpet. 

2. Vacuum Cleaner Barrister

Jenis vacuum cleaner ini serupa dengan jenis upright pada bagian fungsinya, hanya saja memiliki ukuran yang lebih ekonomis dan cocok untuk yang pengguna bertubuh kecil.

Daya serap vacuum cleaner barrister juga baik sekali dan sangat bisa diandalkan untuk membersihkan seluruh ruangan di dalam rumah secara efisien. 

3. Vacuum Cleaner Handheld

Vacuum cleaner handheld sering disebut juga sebagai vacuum cleaner mini atau vacuum cleaner portable, karena ukurannya yang kecil dan tidak memakan tempat untuk menyimpannya.

Namun walau ukurannya kecil, power sedotan yang dihasilkan cukup mumpuni, terlebih desainnya juga fungsional. Jenis ini memiliki kelebihan menghemat listrik.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan robot vacuum yang berkualitas, sangatlah penting untuk membandingkan dahulu semua fitur yang ditawarkan, ukuran dan harganya.

Semakin tinggi spesifikasinya, maka semakin mahal harganya, namun juga terkadang justru semakin hemat listrik juga. Jadi jangan hanya jadikan harga sebagai patokan kualitas, karena harga yang terlalu murah juga pasti kualitasnya meragukan.

Tips paling tepat untuk memilih robot vacuum cleaner adalah dengan memilih merek yang terpercaya, dan yang paling penting, sesuai dengan kebutuhan kita.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.