Diperbaharui pada Jumat, 19 Juni 2020 | 16:15

Tips Mudah Memotret Pakai Drone

Oleh Imam Ali

image via dronesglobe

Terkadang ide kreatif untuk menciptakan sebuah foto udara terbaik melalui drone kerap jarang didapat karena terbentur masalah teknis.

Sebut saja seperti jenis kamera drone yang dimiliki atau bisa juga terbentur dengan cara menerbangkan yang belum bisa stabil menyesuaikan angle atau sudut bidik yang diinginkan.

Nah, untuk beranjak menuju profesional tentu banyak hal yang perlu disiapkan, diantaranya rela merogoh kocek cukup dalam karena tak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk membeli drone profesional dengan kemampuan terbang stabil dan memiliki kamera cukup baik.

image via fstoppers

Terlepas dari soal teknis serta harga, ulasan trik membuat foto udara dengan kamera drone lebih kreatif akan menjadi pemantik proses kreatifitas Anda.

Karena ide itu muncul tak harus melalui perangkat canggih atau harga mahal dari alat penunjang yang digunakan, termasuk ketika membuat foto udara dengan kamera drone.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk mendapatkan foto udara yang baik ternyata tak perlu perlengkapan tata lampu luar ruang, dan tak perlu juga software editing khusus.

Cukup dengan drone yang memiliki resolusi kamera minimal 5MP dan mampu terbang di ketinggian 60 meter diatas permukaan tanah. Sebagai finishing touch, software umum dan kebanyakan orang gunakan untuk editing foto yakni photoshop.

Langkah Sederhana Foto Udara dengan Kamera Drone Dan Photoshop

Beberapa langkah ini bisa menjadi percobaan Anda untuk berkreatif melakukan foto udara dengan kamera drone menggunakan software photoshop. Gambar di bawah hanya contoh yang kami kutip dari situs eyeaboveuav.

Anda bisa mendapatkan objek berupa jalan di tempat terdekat atau destinasi yang telah ditentukan dan menurut Anda pas untuk dijadikan objek foto udara.

Sebelumnya, tentu siapkan perangkat kamera drone dan pastikan dalam keadaan full charge, memori kamera terpasang dan jangan lupa, software photoshop untuk post processing.

Berikut langkas sederhana saat melakukan foto udara dengan kamera drone:

1. Posisikan Drone di Ketinggian 10 Meter

Tips pertama foto udara dengan kamera drone. Pada posisi ini Anda bisa memotret di ketinggian kurang lebih 10 meter, jangan melebihi ketinggian karena dalam fase lanjutan kamera drone akan mengabadikan di ketinggian yang berbeda atau lebih tinggi. Pastikan drone dan objek jalan lurus sejajar atau persisi diatas jalan lurus.

2. Posisikan Di Ketinggian 30 Meter

Di posisi yang sama, usahakan tidak berubah titik terbang dan stabilkan untuk naik di ketinggian 30 meter kurang lebih.

Tetap diatas jalanan lurus yang menjadi objek, posisi yang sama akan mempermudah untuk mengarahkan kamera drone ke angle foto udara yang ditentukan pada bidikan pertama yakni di ketingian 10 meter.

3. Naik Di Ketinggian 60 Meter

 

Untuk naik di ketinggian 60 meter di atas permukaan tanah dengan titik koordinat yang sama tentu bukan hal yang mudah, apalagi semakin tinggi maka hempasan angin akan semakin kuat.

Meski begitu, untuk mendapatkan foto udara dengan kamera drone yang baik, usahakan tetap stabil dan naikkan drone dengan perlahan.

Setelah menentukan posisi maka arahkan kembali kamera drone sesuai dengan agle bidik jalan lurus sebagai objek.

Objek lain seperti truk yang melintas ini merupakan bonus saat melakukan foto udara dengan kamera drone dan tidak sengaja terekam.

Tetapi jika Anda mampu menahan posisi drone hingga terdapat objek lain yang menarik kemudian di foto maka tidak mengalami masalah.

Atau Anda melakukan setting dengan menyuruh rekan untuk melintas menggunakan kendaraan kemdian rekam dengan kamera drone di ketinggian 60 meter.

4. Potret Vertikal Di Ketinggian 60 Meter

Di ketinggian 60 meter arahkan kamera drone Anda tegak lurus kebawah, jika direntangkan maka jarak jalanan sekiatr kurang lebih 120 meter, usahakan untuk tetap berada di posisi yang sama atau titik yang sama.

5. Penggabungan Foto Via Photoshop

Setelah Anda mengambil 4 gambar tersebut maka tibalah Anda untuk memasukkan data foto ke software photoshop, gambungkan 4 foto udara tersebut sesuai dengan urutan, kemudian usahakan untuk menyesuaikan lebar objek jalan.

Salah satu memutuskan untuk memilih objek sekitar tanah lapang dengan jalanan ditengah tentu agar mempermudah dalam melakukan penyamaan komposisi dengan gambar lain ketika akan digabungkan dengan gambar lain.

6. Sesuaikan Masing-masing Gambar

Dimulai dengan foto paling bawah, pada photoshop Anda bisa mengggunakan bantuan garis simetris dan memperlebar bagian paling bawah sehingga seperti piramid yang mengecil di bagian atas atau depan yang sedikit diperkecil.

Maksud dari trik ini adalah memudahkan untuk merubah perspektif sudut bidik seolah-olah menggunakan lensa wide.

7. Sesuaikan Garis Lengkung

Lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya yakni mensejajarkan atau membuat jalan dari 4 gambar ini menyatu secara natural dengan menyesuaikan garis lengkung lewat bantuan kurva.

Dalam tahap ini manipulasi gambar diperlukan ketelitian untuk mendapatkan presisi sangat diperhatikan. Untuk itu perhatikan setiap gambar detil ketajaman ataupun bagian blur dari objek yang memang harus ada sebagai pertanda bahwa itu merupakan foto udara dari kamera drone yang natural tanpa olah digital.

8. Pastikan Keselarasan Gambar

Jika langkah sebelumnya memperhatikan presisi dan simetris, maka untuk tahap akhir ini adalah memperhatikan keselarasan setiap potongan gambar yang telah disesuaikan dan mengacu pada garis lengkung sehingga membuat perspesktif gambar seperti menggunakan kamera drone dengan lensa wide.

9. Memperhalus Layer

Setelah semua terpasang sesuai, simetris dan juga selaras dari setiap foto, maka untuk mendapatkan manipulasi editing hingga menjadikan satu kali jepretan melalui kamera drone.

Hal tersebut adalah langkah untuk memperhalus setiap layer dengan menggunakan teknik masking dan wrap tool. Sedangkan untuk memperhalus setiap transisi layer Anda bisa menggunakan soft brush smooth.

Menggunakan teknik masking tentu bisa membantu menyembunyikan garis tempel sehingga gambar terlihat membaur dan terlihat natural.

Proses adjusment lewat curves dan Hue/ Saturation bisa membantu Anda melakukan pembauran antar foto sehingga terlihat halus.

10. Koreksi Saturasi Warna

Setelah semu terlihat membaur dan pas, maka hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah saturasi warna, pilih yang sesuai dan senatural mungkin seperti ketika mengambil menggunakan kamera drone dengan bantuan lensa lengkung sehingga terlihat lebih dramatis.

11. Penyesuaian Warna

 

Ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda lakukan saat melakukan foto udara dengan kamera drone, yakni menyesuaikan warna secara keseluruhan.

Berbagai cara bisa Anda lakukan dan biasanya juru foto kerap memiliki trik masing-masing agar secara keseluruhan warna dari gambar yang disatukan menjadi sama dengan yang lain dan memiliki komposisi yang baik.

Itulah langkah sederhana yang bisa Anda coba untuk mendapatkan foto udara dengan kamera drone dan software photoshop.

Anda bisa merubah beberapa gambar menjadi sebuah gambar menarik, meskipun hasil manipulasi namun proses kreatif ini bisa memicu ide segar lain yang akan muncul dengan memanfaatkan perangkat yang ada.

 

Like us!

Komentar