Diperbaharui pada Kamis, 4 Oktober 2018 | 11:10

Hasil Foto iPhone XS Max, Dapat Skor Tinggi di DxOMark

hasil foto iphone xs max

Walau tidak terlalu banyak mendapat perubahan dari sisi resolusi kamera, namun Apple berhasil membuat fitur kamera milik produk iPhone terbarunya memiliki kemampuan lebih mutakhir dibanding versi sebelumnya. Salah satu hp baru Apple yang baru diluncurkan adalah iPhone XS Max.

Di mana untuk kamera, Apple masih mempertahankan resolusi dual kamera utama yang masing-masing 12MP. Walau begitu, sensor yang digunakan sudah diganti dan hadir dengan piksel yang lebih besar sampai 1.4μm, naik dari 1.22μm yang dipakai pada iPhone X.

Bukaan lensa utama tetap di f/1.8, sementara untuk lensa telefoto menggunakan bukaan f/2.4 dengan 2x zoom optik dan memiliki OIS. Pada kamera depan, Apple masih mempertahankan resolusi 7MP f/2.2.

Hasilnya terbukti, ketika smartphone ini sudah diuji oleh DxOMark, salah satu situs acuan dalam penilaian kemampuan kamera dari produk smartphone. Sayangnya, walau iPhone XS Max dipastikan memiliki sistem kamera yang hebat, ternyata kemampuan hp ini masih dianggap kalah dari raja DxOMark saat ini yaitu Huawei P20 Pro.

Dari segi skor, skor yang didapat iPhone XS Max sudah sangat tinggi yaitu 105, dan hanya ada 5 smartphone yang mampu melampaui angka 100 di sana. Namun skor ini masih kalah dari Huawei P20 Pro yang mencatat angka lebih mengagumkan yakni 109.

Pertanyaannya, apa yang membuat iPhone XS Max menjadi smartphone terbaik kedua untuk urusan memotret dan merekam video dalam peringkat DxOMark? Sebagai permulaan, pemberian skor oleh DxOMark dihitung berdasarkan beberapa gabungan penilaian foto dan video, yang masing-masing mencatat angka 100 dan 96.

Untuk urusan memotret, iPhone XS Max dianggap berhasil menangkap gambar-gambar hebat dalam cahaya terang, dengan hasil yang terlihat bersih, rendah noise, dan konsisten setelah proses pemotretan.

Sistem autofokus iPhone XS Max juga menjadi salah satu yang terbaik yang pernah diuji DxOMark, sementara di mode Potrait hp ini menunjukkan penangkapan subjek yang sangat baik. Exposure pada gambar di luar ruangan juga sangat tepat, tingkat detail tinggi, dan warnanya ramai.

Di sisi lain, kinerja fitur zoom dianggap butuh perbaikan lebih lanjut dari Apple, walau masih lebih baik daripada iPhone X yang meluncur tahun lalu. Di mana, kita tetap akan mendapatkan gangguan noise dan gambar yang kurang detail.

Di sisi ini, Apple iPhone XS Max dianggap masih kalah oleh Huawei P20 Pro dan Samsung Galaxy Note 9. Untuk perekaman video, iPhone XS Max juga dianggap bisa melakukannya dengan sangat baik, dengan dynamic range yang lebar, warna yang hidup, stabilisasi gambar yang sangat baik, serta autofocus yang cepat dan akurat.

Dalam cahaya terang, kita akan mendapatkan tingkat detail gambar yang tinggi, tetapi ada penurunan yang signifikan dalam kondisi cahaya rendah, di mana sekali lagi cukup banyak noise yang muncul.

Bagi kamu yang ingin melihat hasil tes foto dari DxOMark, berikut ini diantaranya:

hasil foto iphone xs max
Foto dengan backlight

hasil foto iphone xs max
Foto di kondisi cahaya terang

hasil foto iphone xs max
Pewarnaan foto pada iPhone XS Max

hasil foto iphone xs max
Foto malam hari dengan iPhone XS Max

hasil foto iphone xs max
Foto bokeh iPhone XS Max

hasil foto iphone xs max
Foto zoom iPhone XS Max

Belum Masuk Secara Resmi ke Indonesia

Pertanyaannya sekarang, kapan Apple akan memasarkan perangkat terbarunya secara resmi di Indonesia? Nampaknya konsumen di Indonesia harus bersabar hingga beberapa bulan ke depan. Hal ini berkaca dari kehadiran iPhone X lalu, dimana rilis September 2017 dan mulai resmi di jual di Indonesia pada Desember 2017.

Jika tidak sabar menunggu, beberapa layanan e-commerce di Indonesia sudah banyak yang menawarkan pre order iPhone XS dan XS Max. Tapi dalam pengamatan kami harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dari harga resmi yang dipatok Apple, bahkan harga termahal sampai menembus angka Rp 30 jutaan.

Untuk lebih jelasnya silakan membaca artikel di tautan ini. Jadi, tertarik punya iPhone XS Max?

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts