Diperbaharui pada Selasa, 10 Januari 2023 | 15:55

4 Masalah iPhone XS dan XS Max, Pikir Lagi Sebelum Beli

masalah iphone xs

Apple memang sudah meluncurkan smartphone terbarunya yaitu iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, tapi tidak ada salahnya jika kami sedikit menyinggung tentang iPhone XS dan iPhone XS Max. Ada satu lagi varian lagi dari serial iPhone X atau iPhone 10 ini, yaitu iPhone XR.

Ketiganya sudah menjadi godaan wajib bara para Apple Lovers dan Apple Holic sebelum model terbaru iPhone 11 meluncur. Ketiga smartphone ini merupakan versi update dari iPhone X yang diluncurkan setahun sebelum kemunculan XS, XS Max, dan XR.

Walau tidak mengalami perubahan di sisi desain, namun ketiga smartphone sudah menggunakan chipset terbaru Apple A12 Bionic yang terbukti lebih tangguh dari Snapdragon 845.

Untuk masalah harga, sudah pasti harga iPhone terkenal sangat mahal, di Indonesia hp ini sempat dihargai minimal Rp20 juta, itu pun tidak dengan garansi resmi. Sayangnya, walau merupakan hp mahal, hp iPhone masih tak luput dari masalah kerusakan baik minor maupun kerusakan besar.

Malahan setelah diselidiki, masalah yang timbul terbilang fatal dan tidak hanya satu. Hal ini sangat mengejutkan karena banyak orang baru memilikinya, bahkan di Indonesia belum masuk secara resmi dan baru dua seri yang mulai dipasarkan.

Apa saja masalah-masalah yang sudah muncul dari iPhone X series ini?

1. Tidak Bisa Dicharge

masalah iPhone xs

Ada beberapa laporan tentang iPhone XS dan XS Max yang tidak mau mengisi daya ketika layar mati, bahkan ketika kabel Lightning sudah dicolokkan.

Efeknya, pengguna harus memastikan bahwa kabel sudah terpasang secara benar dulu dan menghidupkan layar secara manual untuk memulai pengisian daya.

Alasan penyebabnya, ada kemungkinan masalah ini ditimbulkan karena adanya bug di iOS 12 versi sebelum iOS 13. Karena, ternyata hal ini tidak hanya terjadi pada iPhone XS dan XS Max saja, tetapi juga terjadi pada perangkat yang lebih lama.

Di mana para pengguna produk Apple lain juga melaporkan masalah serupa terjadi pada produk iPad.

2. Ada Garis Hijau di Layar

masalah iphone xs

Sudah lebih dari setahun sejak Apple mengganti teknologi layarnya ke panel AMOLED dari IPS untuk digunakan pada iPhone kelas atas. Meski layar ini sudah dikenal memiliki pewarnaan yang jauh lebih baik, tetap saja ada masalah yang datang.

Di mana ada seorang pengguna iPhone XS Max terbaru di Australia yang melaporkan bahwa smartphone barunya itu datang dengan layar rusak. Layar hp nya menunjukkan garis hijau yang membentang dari atas ke bawah.

Namun, Apple menyebutkan akan mengganti perangkat iPhone terbaru yang masih dalam masa garansi dan kerusakan tidak terjadi diisebabkan oleh kelalaian pengguna.

3. Beauty Mode Tidak Bekerja dengan Benar

masalah iphone xs

Beberapa pengguna iPhone XS melaporkan adanya masalah pada penerapan 'Beauty Mode' yang dianggap berlebihan saat mengambil foto selfie. Hal ini kabarnya disebabkan karena adanya mode tersembunyi yang terintegrasi dengan fitur Smart HDR baru.

Fitur ini berfungsi untuk menghaluskan kulit atau mempercantik tampilan objek. Meskipun fitur ini sudah hadir di berbagai produk smartphone, namun ini akan sangat memalukan karena masalah semacam ini juga terjadi pada hp sekelas iPhone.

Masalah makin bertambah karena fitur ini tidak dapat dimatikan kecuali pengguna mematikan fitur HDR sepenuhnya.

4. Tidak Bisa Terkoneksi WiFi dan Sinyal Seluler dengan Baik

masalah iphone xs

Pengguna awal iPhone XS atau iPhone XS Max melaporkan adanya koneksi Wi-Fi dan seluler yang buruk. Hal ini terungkap dalam pengetesan laboratorium yang menunjukkan bahwa model iPhone X memiliki kinerja frekuensi radio yang mengecewakan dibandingkan model iPhone sebelumnya.

Menurut WiWavelength, masalah ini ada karena adanya masalah pada antena. Namun, ada kemungkinan hal ini bisa selesai bila Apple melakukan pembaruan iOS atau operator seluler melakukan perbaikan koneksi.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.