Diperbaharui pada Kamis, 19 November 2020 | 12:35

10 Modem 4G LTE Tercepat dan Terbaik buat Internetan Selama WFH

Oleh Restu Aji Siswanto

modem 4g lte terbaikFoto: Pexels

Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan modem wifi, yaitu sebuah perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Perangkat ini menghubungkan laptop / komputer ke jaringan internet.

Modem 4G LTE yang cepat menjadi solusi bagi kamu yang sekarang sedang menjalankan work from home sesuai dengan anjuran pemerintah di tengah pandemi covid-19. 

Modem 4G LTE Terbaik Rekomendasi Kami

1. Huawei E5673 

huawei e5673
Modem keluaran Huawei ini mendukung beberapa sistem operasi sekaligus, seperti Windows, MacOS, juga Android dan iOS. Huawei E5673 tersedia dalam berbagai jaringan, baik 2G, 3G dan 4G. Kecepatan uploadnya 50 Mbps, dan download 150 Mbps. Dengan menggunakan modem, kita bisa berbagi sinyal Wifi dengan 16 pengguna sekaligus. 

Huawei E5673 berbentuk rounded di semua sisi. Modem ini bisa support semua provider, jadi kamu bisa memasangkan kartu apapun, seperti XL, Telkomsel, Indosat, Axis dan lain-lain. Ini adalah salah satu modem termurah dengan garansi 3 tahun. Jadi, jika kamu ingin berhemat sekaligus memperoleh modem berkualitas tinggi, bisa pilih modem ini.

2. Huawei E5577

e5577
Huawei memang cukup terdepan kalau soal produk modem terbaik. Salah satunya adalah Huawei E5577 ini. Produk keluaran tahun 2014 ini juga memiliki desain minimalis. Berikut ini fitur dan kelebihan dan kekurangan modem Huawei ini.

  • Material yang tebal menjadi pembeda dengan perangkat sebelumnya. 
  • Sudah support jaringan 4G dengan kecepatan mencapai 150 Mbps. 
  • Daya tahan baterai hanya bertahan 4-6 jam, tapi ini bukan masalah karena kita bisa melakukan bypass. 
  • Modem ini digunakan oleh Telkomsel, jadi tidak perlu khawatir dengan jaringannya.

3. Huawei E5573

huawei e5573
Huawei E5573 dirilis pada tahun 2014. Modem ini didesain dengan bentuk yang sangat simpel dan dimensi sedikit lebih besar dibandingkan tipe E5577. Walau begitu, bentuk minimalis ini membawa keuntungan. kamu tidak perlu banyak ruang untuk meletakkannya. 

Didukung oleh jaringan 4G yang sudah banyak digunakan oleh perangkat lainnya, modem ini memiliki kecepatan download hingga 150 Mbps. Modem ini bisa diakses oleh maksimal 10 perangkat sekaligus. Untuk menemani kerja di rumah, tentunya modem ini lebih dari cukup.

Cara menggunakannya juga mudah, cukup dengan menekan bagian tengah dan kamu akan langsung terhubung dengan internet. Harga modem Huawei E5573 ada di kisaran Rp 500 ribuan. Modem ini friendly dengan semua provider loh! Jadi kamu bisa menggunakan kartu apa saja. 

4. Huawei Mifi M2P 

huawei mifi m2p
Modem Huawei Mifi M2 ini hanya mendukung jaringan 4G LTE, jadi sebelum membelinya, kamu harus memastikan bahwa daerah tempat tinggal sudah terjangkau oleh jaringan 4G. Karena jika tidak, maka modem ini tidak bisa digunakan secara maksimal. Kelebihan dari Huawei Mifi M2P antara lain:

  • Mampu digunakan pada 32 perangkat sekaligus. 
  • Memiliki kapasitas baterai 1500 mAh yang tahan lama, hingga 300 jam.
  • Dapat digunakan untuk internetan hingga 6 jam.
  • Harga modem Andromax ini berkisar di Rp 300-400 ribuan.

5. TP-Link M7350

tp-link m7350
TP-Link M7350 merupakan modem dual band pertama di Indonesia, dengan koneksi wifi 2,4Ghz dan 5Ghz. Dengan adanya koneksi 5Ghz ini, maka perangkat yang kamu gunakan mampu terhubung dengan bandwith yang cukup besar, sehingga kecepatan transfer data menjadi lebih cepat.

Tapi sayangnya, tidak semua perangkat mendukung jaringan wifi 5Ghz, karena mayoritas masih berada di 2,4Ghz. Perumpamaannya jalan Wifi 5Ghz bagaikan jalan tol yang bebas hambatan. Sedangkan 2,4Ghz diibaratkan jalan sehari-hari. Lebar tapi banyak penggunanya sehingga kemungkinan macet menjadi lebih besar.

Kecepatan internet dengan modem ini sendiri sudah mencapai 150 Mbps. TP-Link M7350 dilengkapi dengan baterai 2550 mAh. Koneksi 4G yang digunakan didukung oleh provider Indosat Ooredoo.

6. TP-Link M5350 

tp-link m5350
TP-Link M5350 adalah modem GSM yang berbagi jaringan 3G secara nirkabel. kamu bisa langsung menggunakannya dengan memasukkan kartu SIM 3G apapun pada bagian belakang perangkat. Kelebihan dan fitur yang dimiliki oleh modem ini antara lain:

  • Kecepatan internetannya mencapai 21,6 Mbps dengan download 5,76 Mbps. 
  • Bisa digunakan pada 10 perangkat secara bersamaan. 
  • Kapasitas baterai 2000 mAh, jadi aman untuk dipakai seharian. 
  • Mendukung HSPA dengan Wifi kecepatan tinggi. 
  • MicroSD Card hingga 32 GB. Jadi kamu bisa menggunakannya sebagai USB memory stick eksternal.
  • Tampilan OLED nya mampu menyediakan infromasi seperti kekuatan jaringan, pesan, mode auto dan statistik trafik. 
  • Desain cobble stone sehingga diberi julukan “pebble” yang artinya adalah batu laut yang terkikis.
  • Kekurangan dari desainnya adalah eksterior yang sedikit kasar dengan kombinasi bentuk melengkung. 

7. Smartfren Mifi Andromax M3S

Smartfren Mifi Andromax M3S
Jika kamu menginginkan perangkat laptop dan smartphone terkoneksi modem wifi secara bersamaan, maka modem Smartfren Mifi Andromax M3S ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kelebihannya adalah cakupan area Smartfren cukup luas, sehingga kamu tidak perlu khawatir bahkan ketika bepergian di tempat yang terpencil sekalipun. 

Salah satu kelebihan modem ini adalah ketika kuota kosong, masih bisa memanfaatkan sinyal wifi gratisan. Smartfren Mifi Andromax M3S bisa digunakan pada 32 perangkat sekaligus. Kapasitas baterainya cukup besar, 3000 mAh. Modem ini bisa dibeli dengan harga RP 300 ribuan saja.

8. Smartfren Andromax M5

Smartfren Andromax M5
Apabila kamu membeli modem Smartfren Andromax M5, maka akan mendapatkan seperangkat unit mifi beserta kartu perdana Smartfren. Sayangnya, kamu tidak akan mendapatkan adapter, sehingga harus membelinya lagi secara terpisah. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari modem Smartfren Androman M5.

  • Desain yang sangat solid dan material bahan yang cukup kuat.
  • Mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama karena memiliki kapasitas baterai 3250 mAh. 
  • Bisa digunakan pada maksimum 2 smartphone dan 1 laptop.
  • Didukung dengan aplikasi myLink untuk mengecek kuota, password Wifi dan lain sebagainya.
  • Kekurangannya, speed akan turun ketika digunakan oleh lebih dari 3 perangkat.

9. Prolink PRT7011L 

prolink prt7011L
Modem Prolink PRT7011L memiliki desain minimalis seperti modem pada umumnya, dengan warna khas biru putih, sederhana tanpa layar LED. Pada sisi yang lain terdapat port pengisian daya dengan dua buah tombol yaitu WPS dan power. Cover belakang bisa dibuka tutup untuk kartu SIM, storage dan mengakses baterai. Modem cepat anti lemot ini dijual dengan harga Rp 400 ribuan.

10. ZTE MF910

zte mf910
Modem ZTE Indihome tipe MF910 ini sudah mendukung jaringan 4G LTE dan menjadi salah satu modem terpopuler saat ini. Tampilannya sangat elegan dengan LCD berukuran 1,44 inci yang menyediakan informasi mengenai baterai, status dan lainnya. Modem ZTE MF910 termasuk salah satu modem cepat dengan harga yang cukup murah, mulai dari Rp 300 ribuan. 

Itu dia 10 rekomendasi modem 4G tercepat yang bisa menjadi pilihan kamu ketika harus WFH di masa pandemi Covid 19 ini. Semoga pekerjaan kamu selalu lancar dan wabah ini segera berakhir ya. Jangan lupa untuk selalu membersihkan hp dan layar laptop sebelum digunakan.

Like us!

Komentar