Diperbaharui pada Selasa, 6 Februari 2018 | 12:00

Harga dan Spesifikasi Datsun Cross 2018, Mobil Crossover Keren Tapi Murah!

Sejak meluncur kembali ke pasar Indonesia di tahun 2014, Datsun diposisikan sebagai merek mobil dengan divisi kelas menengah ke bawah. Kala itu, mobil Datsun GO dan Datsun GO Panca menjadi debut sebagai mobil yang berada di kategori LCGC (Low Cost Green Car). Harga kedua mobil Datsun ini sangat terjangkau untuk keluarga kecil di Indonesia.

Datsun sendiri merupakan merek mobil yang dimiliki oleh Nissan Motor Company. Dalam operasional perusahaan, Datsun lebih menyasar pasar kelas menengah bawa sedangkan Nissan menyasar kalangan menengah atas. Di Indonesia sudah tersedia beberapa varian mobil Datsun dalam model Datsun GO dan Datsun GO+.

Dan di tahun 2018 ini, Datsun kembali membuat gebrakan melalui hadirnya crossover pertama yang sekaligus meningkatkan kelas merek Datsun di Indonesia. Bernama Datsun Cross, merek satu ini menawarkan mobil dengan tampilan gagah melalui crossover.

Secara garis besar, Datsun Cross 2018 menawarkan format yang cukup mirip dengan Datsun GO+ Panca yang memiliki 5+2 seater. Tersedia dalam dua opsi transmisi yaitu manual dan matic. Khusus untuk mobil Datsun matic memiliki tenaga lebih tinggi di 78 PS dan 6.000 rpm dengan torsi 104 Nm di 4.400 rpm.

Lantas, apa saja fitur yang ditawarkan oleh Datsun Cross 2018 ini? Berikut harga dan spesifikasi lengkap mengenai Datsun Cross 2018.

Eksterior Datsun Cross 2018

Disebut mengambil format Datsun GO+ Panca, faktanya Datsun Cross 2018 membawa sederet penyegaran sehingga desainnya sesuai dengan konsep Datsun crossover yang diusung. Tampilkan desain yang keren sekaligus gagah, Datsun Cross 2018 memberikan kesan muka yang padat dengan desain lampu terbaru berbentuk lebih pipih ketimbang GO Panca. Tak hanya itu, bagian jeroan lampu tersebut semakin keren karena menggunakan projector lens dan LED positioning.

Masih di bagian depan, posisi lampu kabut pun ditempatkan Datsun secara berdekatan dengan lampu utama. Tampil beda dengan crossover kebanyakan, tentunya penempatan ini membuat mobil Datsun terbaru di 2018 ini semakin unik. Kemudian, Datsun pun tak lupa menyematkan body kit crossover di bagian depan yang dipadukan dengan front protector silver, plastic cladding hitam dan modifikasi ala carbon fiber.

Ubahan lain pada Datsun Cross 2018 terletak pada bagian ground clearance yang memiliki tinggi 200 mm, hampir sama dengan Honda BR-V dengan ground clearance berukuran 201 mm. Tentunya, konsep ini berhubungan dengan penempatan velg dan ban lebih tebal, dimana velg standar yang ditawarkan berukuran 15 inch dengan material alloy.

Mobil Datsun Cross 2018 memiliki gril hexagonal yang memberikan ciri tersendiri dari Datsun keluaran baru. Tak hanya itu, 1 buah wiper untuk seluruh jendela pun membuat mobil ini sama seperti Datsun GO Panca.

Jika dilihat dari pinggir, Datsun Cross 2018 memang terlihat mengambil konsep dari GO+ Panca. Akan tetapi, Datsun menambahkan side moulding dan side skirt baru sehingga penampilannya sedikit berbeda. Diluar dari itu, mobil ini masih menggunakan rem cakram di bagian depan, tromol di bagian belakang, namun sudah dipasangkan dengan stability control bertajuk VDC (Vehicle Dynamic Control), ABS, BA dan EBD.

Masih di bagian eksterior, Datsun Cross 2018 juga memiliki roof rail yang diklaim sanggup menahan beban hingga 30 kilogram, roof spoiler yang dihias dengan material plastik hitam, wiper untuk kaca belakang, serta sepasang sensor parkir yang ada di bagian belakang.

Interior Datsun Cross 2018

Dari sisi interior, Datsun Cross 2018 menyematkan dashboard dengan desain baru, fitur auto headlamp dan setir dengan bahan plastik mirip Datsun GO yang hanya dibekali tombol klakson saja. Selain adanya auto headlamp yang sebelumnya digunakan oleh Toyota Rush, Datsun Cross 2018 juga memiliki lampu berfitur follow me home, dual airbags yang bersiap siaga dibalik dashboard, serta jok mobil yang jauh lebih empuk meskipun menggunakan bahan yang tipis.

Fitur lain di bagian interior adalah panel instrumen baru bermotif carbon fiber yang sudah disertai dengan takometer analog, penggunaan jok yang kini terpisah dan tidak menyambung, serta rem tangan yang kini berpindah diantara kedua jok depan sehingga jauh lebih modern.

Upgrade lainnya terdapat pada bagian pintu pengemudi. Jika keberadaannya tidak terdapat pada Datsun GO Panca, kini akan ditemukan 4 buah tombol power window untuk mengatur semua jendela di mobil. Selain itu, terdapat pula tombol power stability control yang memang jarang dimiliki oleh varian mobil murah.

Sementara itu, bagian kontrol AC masih sama dengan Datsun GO yang hanya dilengkapi dengan dua buah kenop putar, glovebox yang ukurannya masih minim, serta head unit touch screen dengan ukuran 6,75 inci yang dilengkapi fitur standar seperti AUX, Bluetooth serta port USB.

Lanjut ke baris kedua, ruangan ini tergolong ideal untuk orang dewasa karena ruang kepala dan ruang kaki berukuran cukup lega. Kekurangannya, Datsun tidak menyematkan headrest sungguhan sehingga kurang nyaman jika penumpang kursi belakang ingin beristirahan dan menyandarkan kepala.

Terakhir adalah baris ketiga yang bisa diakses melalui one touch tumble. Sayangnya, kursi di baris ketiga sangat tidak cocok untuk ditempati orang dewasa karena ruang yang tersedia sangatlah sempit. Idealnya, baris ketiga hanya cocok ditempati oleh anak-anak.

Spesifikasi Datsun Cross 2018

Soal spesifikasi, Datsun Cross 2018 menggunakan mesin 1.200 cc dengan 3 silinder yang identik dengan Datsun GO. Untuk varian manual, tenaga yang sanggup dihasilkan berada di angka 68 PS dan 5.000 rpm dengan torsi 104 NM di 4.000 rpm, sedangkan varian CVT memiliki tenaga lebih tinggi di 78 PS dan 6.000 rpm dengan torsi 104 Nm di 4.400 rpm.

Sayangnya, finishing pada ruangan mesin Datsun Cross 2018 sangat mirip dengan LCGC karena tidak memasang peredam pada kap mesin. Memiliki kapasitas tangki hingga 35 liter yang bisa diisi dengan bensin jenis RON 90, pengecetan pada bagian mesin pun terkesan sangat asal dan tidak maksimal. Ini bisa menjadi kelemahan Datsun Cross 2018 yang mungkin bisa mengurangi nilai jualnya.

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 1198 cc
Tenaga Maksimal 67
Bahan Bakar Bensin
Mesin 1.2 L
Jenis Penggerak FWD
Jumlah Silinder 3
Katup per Silinder 4
Gearbox 5 Speed
Steering Gear Type Rack & Pinion EPS
Konfigurasi Katup DOHC
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Harga Datsun Cross 2018

Sudah mulai dipasarkan di Indonesia, harga Datsun Cross 2018 varian manual dijual dengan banderol Rp163 juta.  Sedangkan harga Datsun Cross 2018 matic ditawarkan dengan harga Rp175 juta.

Kesimpulan

Kehadiran Datsun Cross 2018 ini memberikan opsi pada konsumen, terlebih Datsun membawa desain yang keren serta fitur keselamatan andal berkat adanya dual airbags, ABS, stability control serta fitur-fitur baru yang sebelumnya tidak terdapat pada Datsun GO seperti power window untuk keempat jendela. Nah, setelah mengetahui fitur dan harga yang ditawarkan, apakah tertarik untuk membeli Datsun Cross 2018 ini?


Baca juga artikel :

Mau Beli Mobil Honda? Kenali Tipe dan Harga Mobil Honda Terbaru 2018 

Niat Beli Mobil Baru, Ini Harga Mobil Murah dan Mahal Toyota di 2017 

Cari Harga Mobil Daihatsu? Ini Daftar Harga Terbarunya 

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts