Diperbaharui pada Selasa, 15 Maret 2022 | 14:24

10 Marketplace NFT Terbaik yang Bisa Cuan Jutaan

cara jual nftFoto: Pixabay

Akhir-akhir ini banyak orang membahas NFT. Ada yang pro, tapi tidak sedikit juga yang kontra. Namun yang paling membuat orang tertarik dengan NFT adalah, kabarnya bisa menghasilkan uang, tidak tanggung-tanggung, mulai dari jutaan hingga milyaran bila dirupiahkan.

Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan NFT dan kenapa bisa menghasilkan uang? NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token, yaitu aset digital yang diperdagangkan dengan menggunakan teknologi blockchain.

Rekomendasi Marketplace NFT Terbaik

cara menjual nftFoto: Pixabay

Terdapat berbagai jenis aset NFT yang beredar di dunia maya saat ini, mulai dari gambar, foto, musik, hingga item-item yang didapatkan dari bermain game P2E. Aset-aset ini pada umumnya sangat unik, karena alasan tersebut, banyak menjadi incaran kolektor NFT.

Kepemilikan NFT dianggap unik karena jejak digitalnya akan terekam di blockchain. Pembeli NFT akan memiliki sertifikat yang membuktikan bahwa dia adalah pemilik yang sah satu-satunya.

Bila memiliki aset-aset NFT atau karya seni buatan sendiri yang ingin dijual sebagai NFT, maka cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui marketplace khusus untuk NFT, untuk menghasikan uang.

Namun jangan lantas terjun ke dunia NFT tanpa tahu seluk-beluknya, ya. Walau banyak kolektor NFT dan kreator seni yang sukses meraup jutaan dolar dari hasil penjualan NFT, tidak sedikit juga yang gagal dan merugi. Jadi, pelajari terlebih dahulu konsepnya.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa transaksi NFT dilakukan dengan uang crypto yang jenisnya sangat beragam dan banyak sekali, dengan nilai yang juga beragam, tergantung dari mana didapatkan.

Kalau sudah yakin dan mantap, berikut daftar rekomendasi marketplace NFT terbaik saat ini.

1. OpenSea

Membahas NFT tidak lengkap tanpa menyebutkan OpenSea. Sebagai pelopor sekaligus pemimpin marketplace NFT di dunia saat ini, OpenSea menghadirkan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk melakukan jual beli NFT secara online, langsung dari perangkat hp atau laptop.

OpenSea banyak menjadi pilihan para kreator seni digital untuk menjual NFT karya mereka karena kemudahan dalam penggunaannya. Selain itu, tampilan antarmuka yang simpel juga menjadi alasan lainnya. Semua jenis NFT bisa ditemukan di OpenSea.

Saat ini, OpenSea mendukung lebih dari 150 jenis token atau uang crypto yang ada di pasaran, salah satunya adalah Ethereum (ETH) yang mencapai puncak popularitasnya sejak tahun 2021 lalu. OpenSea juga kini mendukung Polygon blockchain.

Untuk menggunakan OpenSea, kamu perlu memiliki crypto wallet atau dompet crypto yang fungsinya untuk menyimpan uang crypto milikmu. Beberapa dompet yang didukung oleh OpenSea diantaranya; MetaMask, Coinbase Wallet, TrustWallet, WalletConnect, dan banyak lagi.

2. Nifty Gateway

Rekomendasi marketplace NFT terbaik lainnya adalah Nifty Gateway yang memiliki kelebihan yang jarang dimiliki oleh kebanyakan marketplace NFT yang ada saat ini, yaitu jual beli NFT menggunakan uang fiat yang resmi digunakan di setiap negara sebagai alat pembayaran yang sah.

Ya, selain transaksi menggunakan uang crypto, kita juga bisa melakukannya menggunakan kartu kredit yang dikeluarkan secara resmi oleh bank. Kelebihan ini yang membuat Nifty Gateway jadi salah satu marketplace NFT terpopuler saat ini.

Seakan menambah reputasi positifnya, Nifty Gateway mencapai rekor penjualan NFT tertinggi pada bulan Desember 2021 lalu melalui penjualan NFT Crossroad karya Beeple dan The Merga karya Pak, yang secara total terjual dengan harga $91.8 juta, atau sekitar Rp 3.1 triliun.

3. Axie Marketplace

Bagi kamu yang gemar bermain game P2E bernama Axie Infinity, pastinya sudah familiar dengan Axie Marketplace yang bisa diakses melalui game tersebut. Ya, banyak sekali game yang menggunakan NFT sebagai aset yang bisa dikoleksi, dan Axie Infinity adalah salah satunya.

Marketplace NFT ini menjadi populer seiring dengan kepopuleran dari gamenya itu sendiri, sehingga menarik minat dari non gamer untuk mencobanya, demi untuk mengumpulkan NFT yang nantinya bisa dijual. Token yang digunakan adalah Axie Shards yang bisa dikonversi menjadi Ethereum.

4.  Crypto.com

Crypto.com tergolong baru dalam ranah marketplace NFT, namun dengan reputasinya sebagai situs trading crypto, layanan NFT terbaru mereka ini dengan cepat menjadi salah satu tempat jual beli aset NFT yang populer di kalangan kreator, seniman, dan kolektor NFT.

Selain itu, Crypto.com menggunakan mata uang crypto yang juga sangat populer saat ini, yaitu Ethereum (ETH). Melalui halaman marketplace-nya, kita bisa menjual berbagai jenis NFT mulai dari karya seni digital, item gaming, kartu koleksi olahraga atau foto selebritas, hingga musik.

Dari sisi pembeli, selain transaksi menggunakan uang crypto, kita juga bisa melakukan pembelian NFT menggunakan kartu debit atau kartu kredit yang berlaku secara internasional. Seluruh transaksi di Crypto.com gratis, alias tidak dipungut biaya admin apapun.

5. Foundation

Bicara soal maketplace yang sangat simple baik decara tampilan antarmuka dan cara bertransaksi, maka Foundation adalah yang pertama terlintas di pikiran. Marketplace NFT yang menggunakan uang crypto Ethereum (ETH) ini juga menjadi salah satu tempat jual beli aset NFT yang cukup populer.

Meski usianya masih muda, karena baru pertama kali diluncurkan di tahun 2021 lalu, Foundation langsung mendapatkan kepercayaan dari komunitas NFT dunia, baik itu penjual, maupun pembeli. Untuk bertransaksi, kamu harus memiliki crypto wallet yang menerima ETH.

Walau begitu, marketplace NFT ini memiliki kekurangan, terutama bagi kreator NFT pemula, karena menjual karya melalui Foundation terkenal cukup sulit, karena format yang digunakan. Selain itu, bukan tidak mungkin juga kamu akan sangat lama sekali menemukan pembeli yang pas.

cara jual nftFoto: Pixabay

6. Rarible

Bila kamu ingin menjual aset NFT di marketplace dengan pasar yang cukup luas, maka Rarible adalah salah satu rekomendasi kami. Pada marketplace NFT ini, sangat mudah sekali ditemukan berbagai aset NFT mulai dari gambar seni, foto, musik, hingga kartu koleksi dan item game.

Kalau kamu yakin memiliki karya NFT yang beda dan menonjol di antara yang lainnya, maka tidak ada salahnya mencoba untuk menjual NFT tersebut di Rarible. Kenapa begitu? Karena kalau NFT kamu tergolong biasa-biasa saja, maka jangan harap bisa bersaingan dengan NFT milik brand besar.

Marketplace NFT yang dibuat menggunakan blockchain Ethereum ini juga cukup dikenal di kalangan brand-brand besar dunia yang ikut terjun ke ranah NFT untuk menjual produk mereka. Ini membuat persaingan di Rarible menjadi sangat ketat. Namun bila kamu berhasil menjual NFT buatanmu, penghasilan jutaan dolar bukan sesuatu yang mustahil.

7. Mintable

Kalau kamu suka membuat musik atau memotret, maka marketplace NFT Mintable ini adalah yang paling kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin menjual hasil karya tersebut. Ya, marketplace ini cukup populer di kalangan musisi dan fotografer.

Selain menjual karyamu, kamu juga bisa membali karya-karya musik dan foto dari berbagai kreator di seluruh dunia. Seluruh transaksinya menggunakan uang crypto Ethereum (ETH), jadi pastikan kamu sudah memiliki wallet yang mendukung ETH sebelum memutuskan untuk menggunakan Mintable.

Selain menjual langsung hasil karyamu, Mintable juga punya reputasi sebagai salah satu marketplace NFT terbaik untuk melakukan lelang NFT. Semakin unik hasil karya yang kamu buat, maka semakin tinggi juga bid yang diberikan.

8. SuperRare

Seperti namanya, marketplace NFT ini menawarkan karya-karya NFT yang langka dan jarang ditemukan di marketplace lainnya. Hal ini karena kebanyakan kreator yang menjual karyanya di SuperRare, tidak menjual karya mereka di marketplace NFT lainnya. Artinya, mereka hanya bisa ditemukan di SuperRare.

Alasan tersebut membuat SuperRare menjadi terkesan eksklusif, karena pada umumnya kreator memiliki beberapa akun di marketplace NFT untuk menjual karya mereka, namun tidak berlaku untuk anggota SuperRare. Seleksi anggota yang ketat juga menjadi alasan lainnya.

SuperRare tidak atau jarang menerima kreator dengan karya yang biasa-biasa saja, jadi yang mereka jual harus unik dan one of a kind. Makanya, para kreator dan seniman yang menjual NFT di SuperRare, pada umumnya sudah memiliki nama besar di dunia seni.

9. WAX

Sebagai salah satu marketplace tertua yang ada saat ini (pertama kali meluncur di 2017), WAX masih menjadi salah satu marketplace NFT yang populer di kalangan kreator dan kolektor aset NFT.

Mengemban reputasi sebagai yang tertua, tentunya membuat WAX memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh marketplace NFT yang ada di pasaran saat ini, terutama dalam hal dukungan brand.

WAX lebih dikenal di kalangan kolektor NFT, sekaligus juga sebagai gamer, yang mendominasi transaksi pada platform mereka. Apalagi kolektor dapat minting NFT dari brand besar seperti Atari atau Sony.

Jadi bagi pare gamer yang ingin menjual aset-aset NFT dari hasil bermain game, maka marketplace NFT WAX adalah tujuan pertama yang bisa kamu pilih.

10. MakersPlace

Pekerja seni bisa menjual karya seni mereka dan meraup untung yang besar di marketplace NFT MakersPlace, dengan catatan, karya yang dijual memiliki nilai seni yang tinggi, dengankeunikan yang tidak bisa ditemukan di marketplace lainnya.

MakersPlace memang tempatnya menjual dan membeli hasil karya seni yang nilai koleksinya sangat tinggi, mulai dari lukisan digital, hingga goresan artwork. Penjualnya pun kebanyakan adalah seniman terkenal, atau setidaknya sudah punya nama di industri.

Untuk menjaga eksklusifitas dan reputasinya, setiap karya seni yang dijual di MakersPlace akan dibubuhi dengan tanda tangan digital dari kreatornya, sehingga nilainya jadi berlipat-lipat kali lebih mahal ketika dijual ulang. 

Kalau kamu cukup percaya diri dengan hasil karya senimu, maka MakersPlace adalah salah satu marketplace NFT yang bisa kamu coba.

Konsistensi, Unik dan Kualitas

Mendapatkan keuntungan hingga jutaan dolar dengan menjual karya NFT bukan sesuatu yang mustahil. Sudah banyak sekali contoh kreator dan seniman yang sukses di ranah ini. Namun tentunya semua hal tersebut bukan sesuatu yang instan.

Terdapat tiga poin penting bagi kamu yang ingin terjun ke dunia NFT, yaitu, konsistensi dalam berkarya, keunikan karya yang dihasilkan, dan kualitas yang terjaga. Ketiganya menjadi faktor penting lakunya NFT yang kamu jual.

Semoga artikel ini bisa menjadi pemacu semangat kamu untuk berkaya dan menjual NFT, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.