Diperbaharui pada Kamis, 16 Desember 2021 | 15:40

Perbedaan Magic Com, Rice Cooker dan Magic Jar, Biar Ga Salah Beli

perbedaan rice cooker magic com magic jar
Dengan bentuk yang nyaris serupa, masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara magic com, rice cooker dan magic jar. Ketiga perangkat elektronik ini memang identik dengan nasi, namun fungsi utamanya tidak sama.

Perkembangan teknologi juga menjadi salah satu hal yang membuat konsumen sedikit kesulitan untuk membedakan diantara ketiganya. Sehingga sebagian besar salah saat membeli.

Sebelumnya rice cooker hanya digunakan sebagai alat penanak yang mampu mengubah beras menjadi nasi dalam waktu tertentu. Hanya saja, rice cooker umumnya tidak bisa untuk menghangatkan.

Jadi untuk menghangatkan nasi bisa menggunakan magic jar. Berbanding terbalik, magir jar ini hanya digunakan untuk menghangatkan nasi saja bukan untuk menanak.

Namun, saat ini rice cooker mulai menambahkan fungsi untuk menghangatkan nasi. Hingga muncul magic com yang memiliki fungsi lengkap. Mulai dari memasak hingga menghangatkan nasi, bahkan bisa digunakan untuk mengukus.

Untuk lebih jelasnya, Pricebook akan uraikan perbedaan antara magic com, rice cooker dan magic jar. Simak ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Magic Com vs Rice Cooker vs Magic jar

Berikut ini perbedaan fungsi antara magic com, rice cooker dan magic jar.

Magic Com

magic comFoto: Yong Ma

Magic com memiliki fungsi yang lebih lengkap dari rice cooker, karena selain untuk menanak dan menghangatkan nasi, bisa juga untuk memasak sayur, membuat kue, sampai merebus air.

Bisa dibilang, magic com terbaik dari semua jenis alat menanak nasi yang ada di pasaran. Praktis dalam satu wadah menjadi idaman ibu rumah tangga untuk menghemat waktu di dapur.

Apalagi di dalam alat ini sudah terdapat kelengkapan ekstra untuk membuat kue atau merebus makanan. Hanya dengan satu magic com saja, kebutuhan memasak bisa terpenuhi.

Beberaoa merk magic com yang punya kualitas bagus seperti Yong Ma, Miyako, Cosmos dan lain-lain.

Rice Cooker

rice cooker murahFoto: Philips

Rice cooker adalah alat pemasak nasi yang mampu mengubah beras menjadi nasi dalam waktu tertentu. Meskipun bukan fungsi utamanya, rice cooker juga bisa digunakan untuk merebus dan mengukus.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini rice cooker juga bisa digunakan untuk menghangatkan nasi. Namun proses penghangatan nasi di rice cooker tidak bisa bertahan lebih dari 24 jam. 

Jadi ketika memasak nasi lalu dihangatkan harus perlu pengawasan. Karena jika nasi matang dan didiamkan dalam waktu lama, maka resiko yang dihadapi adalah nasi berbau serta benyek atau berair. 

Beberapa merk rice cooker yang bisa dicoba adalah Philips, Miyako, Cosmos dan lainnya.

Magic Jar

magic jarFoto: Miyako

Magic jar memiliki fungsi utama hanya sebagai penghangat nasi saja. Poin ini  yang harus diingat, magic jar tidak bisa digunakan untuk menanak nasi.

Penggunaan magic jar yaitu Anda memasak nasi dilakukan secara terpisah, dan setelah matang pulen, baru dipindahkan ke magic jar untuk proses penghangatan saja.

Meski terkesan merepotkan, namun kelebihan dari magic jbanyak ibu rumah tangga

Lama penghangatan ini ini pun hanya 24 jam saja, karena kalau terlalu lama, nasi menjadi lembek atau benyek, dan beberapa butiran di bagian bawah dan pinggiran akan menjadi kering dan menempel di panci magic jar.

Dengan fungsi rice cooker yang semakin canggih, produk magic jar kini sudah jarang terlihat di pasaran. Beberapa merk magic jar yang populer di Indonesia adalah magic jar Yong Ma, magic jar Miyako, Cosmos dan lainnya.

Tips Memilih Magic Com, Rice Cooker dan Magic Jar

1. Pilih Kapasitas yang Sesuai

Untuk keluarga kecil dengan 1 atau 2 anak, memilih rice cooker, magic com, atau magic jar ukuran sedang adalah pilihan yang tepat. Ukuran ini umumnya bisa menampung hingga kapasitas 2 liter. Tapi jika jumlah anggota keluarga lebih banyak, pilih yang 3 liter.

2. Pilih yang Terbaik dan Berkualitas

Memilih yang terbaik dan berkualitas artinya membandingkan berbagai merek rice cooker, magic com, atau magic jar yang ada di pasaran.

Pastikan merek yang dipilih adaah yang terbaik dan sudah cukup punya nama. Harga juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.

Semakin banyak fungsi dan teknologi yang ditawarkan, maka semakin mahal juga harganya. Pastikan dulu apa kah semua fungsinya akan terpakai. Bila tidak, maka pilih saja yang harganya lebih murah.

Khusus untuk magic jar, perlu perhatian khusus, karena fungsinya hanya menghangatkan nasi saja. Cek berapa waktu maksimum untuk menghangatkan nasi.

Biasanya jika digunakan dalam waktu kurang lebih 30 menit, nasi sudah cukup panas, dan bila terlalu lama, akan mengering.

3. Pastikan ada Garansi Resmi

Ini salah satu hal yang terpenting agar saat ada kerusakan karena kesalahan dari pabrik terjadi, kita bisa segera kembalikan lagi ke toko untuk diperbaiki atau ditukar dengan yang baru.

Hal ini sebenarnya jarang terjadi pada merek ternama, tapi untuk amannya saja, pastikan ada garansi resminya.

4. Banyak Service Center

Beli merek rice cooker, magic com, atau magic jar yang memiliki tempat service banyak, atau setidaknya yang terdekat di kota kita berdomisili. Ini cukup penting karena saat masa garansi habis dan terjadi kerusakan, kita tidak perlu bingung mencari tempat service. 

5. Lihat Daya Listrik

Lihat juga sistem kerja dan daya listrik alat. Ada jenis rice cooker, magic com, atau magic jar yang bagus dan hemat listrik, walau biasanya sedikit lebih mahal.

Daya listrik ini erat sekali kaitannya dengan tagihan listik bulanan, agar tidak membengkak. Dengan membayar sedikit lebih mahal, namun dengan keuntungan jangka panjang seperti menghemat tagihan listrik, kenapa tidak?

Tapi pastikan juga budget yang tersedia cukup dan tidak memotong budget untuk kebutuhan rumah tangga lainnya.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan magic com, rice cooker dan magic jar lengkap dengan tips saat membeli. Jadi Anda tidak salah beli.

Semoga dengan mengetahui perbedaan magic com, rice cooker dan magic jar, Anda bisa menentukan mana produk penanak nasi yang paling sesuai dengan kebutuhan rumah tangga.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.