Diperbaharui pada Rabu, 11 November 2020 | 11:19

Perbedaan Rice Cooker, Magic Com dan Magic Jar, Jangan Salah Beli!

Oleh Restu Aji Siswanto

perbedaan rice cooker magic com magic jar
Dengan bentuk yang nyaris serupa, masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara magic com, rice cooker dan magic jar. Ketiga alat ini memang identik dengan memasak nasi, namun fungsi utamanya tidak sama. Berikut ini cara membedakan ketiganya.

Perbedaan Rice Cooker, Magic Com, dan Magic jar

Rice Cooker

rice cooker murahFoto: Philips

Rice cooker adalah alat pemasak nasi yang mampu mengubah beras menjadi nasi dalam waktu tertentu. Setelah nasi matang, rice cooker umumnya tidak bisa untuk menghangatkan, jadi nasi yang ada didalamnya hanya bisa bertahan kurang dari 24 jam saja.

Meskipun bukan fungsi utamanya, rice cooker juga bisa digunakan untuk merebus dan mengukus. Pada awalnya, panic rice cooker tidak dilengkapi dengan lapisan anti lengket, sehingga nasi dibagian bawah menjadi sedikit gosong atau menguning. 

Seiring dengan kemajuan teknologi, produk seperti rice cooker Philips HD-3132 terbaru sudah memiliki lapisan anti lengket.

Namun ketika memasak nasi, masih perlu pengawasan, Karena jika nasi matang dan didiamkan dalam waktu lama, maka resiko yang dihadapi adalah nasi benyek atau berair. 

Magic Com

magic comFoto: Yong Ma

Magic com memiliki fungsi yang lebih lengkap dari rice cooker, karena selain untuk menanak dan menghangatkan nasi, bisa juga untuk memasak sayur, membuat kue, sampai merebus air.

Bisa dibilang, magic com terbaik dari semua jenis alat menanak nasi yang ada di pasaran. Praktis dalam satu wadah menjadi idaman ibu rumah tangga untuk menghemat waktu di dapur.

Apalagi di dalam alat ini sudah terdapat kelengkapan ekstra untuk membuat kue atau merebus makanan. Hanya dengan satu magic com saja, kebutuhan memasak bisa terpenuhi.

Salah satu magic com terpopuler adalah Yong Ma.

Magic Jar

magic jarFoto: Miyako

Magic jar adalah alat penghangat nasi saja dan tidak bisa digunakan untuk menanak nasi. Memasak nasi dilakukan secara terpisah, dan setelah matang pulen, baru dipindahkan ke magic jar untuk proses penghangatan saja.

Salah satu merek magic jar yang populer di Indonesia adalah magic jar Miyako.

Lama penghangatan ini ini pun hanya 24 jam saja, karena kalau terlalu lama, nasi menjadi lembek atau benyek, dan beberapa butiran di bagian bawah dan pinggiran akan menjadi kering dan menempel di panci magic jar.

Dengan fungsi rice cooker yang semakin canggih, produk magic jar kini sudah jarang terlihat di pasaran.

Kelebihan Rice Cooker, Magic Com, dan Magic Jar

Ketiga penanak dan penghangat nasi ini memiliki kelebihan dibandingkan menanak nasi dengan peralatan masak tradisional.

Kualitas nasi yang dihasilkan pun lebih baik dan terasa lebih pulen. Saat ini pun, teknologi penanak nasi sudah lebih baik ketimbang dulu. Hal ini paling terasa dengan hadirnya produk magic com yang serba bisa.

Selain dapat menghemat waktu ketika memasak di dapur, kita jadi tidak perlu menggunakan banyak peralatan dapur untuk melakukan kegiatan memasak lainnya, karena cukup cuci dan bilas saja pancinya untuk digunakan lagi.

Perlu diperhatikan ketika menggunakan magic com atau magic jar untuk menghangatkan, jangan sampai nasi terlalu banyak nasi yang menempel ke panci nasi, karena butir-butir nasi ini akan menempel dan susah untuk dibersihkan karena sudah mengeras.

Tips Memilih Rice Cooker, Magic Com, dan Magic Jar

1. Pilih Kapasitas yang Sesuai

Untuk keluarga kecil dengan 1 atau 2 anak, memilih rice cooker, magic com, atau magic jar ukuran sedang adalah pilihan yang tepat. Ukuran ini umumnya bisa menampung hingga kapasitas 2 liter. Tapi jika jumlah anggota keluarga lebih banyak, pilih yang 3 liter.

2. Pilih yang Terbaik dan Berkualitas

Memilih yang terbaik dan berkualitas artinya membandingkan berbagai merek rice cooker, magic com, atau magic jar yang ada di pasaran. Pastikan merek yang dipilih adaah yang terbaik dan sudah cukup punya nama. Harga juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.

Semakin banyak fungsi dan teknologi yang ditawarkan, maka semakin mahal juga harganya. Pastikan dulu apa kah semua fungsinya akan terpakai. Bila tidak, maka pilih saja yang harganya lebih murah.

Khusus untuk magic jar, perlu perhatian khusus, karena fungsinya hanya menghangatkan nasi saja. Cek berapa waktu maksimum untuk menghangatkan nasi.

Biasanya jika digunakan dalam waktu kurang lebih 30 menit, nasi sudah cukup panas, dan bila terlalu lama, akan mengering.

3. Pastikan ada Garansi Resmi

Ini salah satu hal yang terpenting agar saat ada kerusakan karena kesalahan dari pabrik terjadi, kita bisa segera kembalikan lagi ke toko untuk diperbaiki atau ditukar dengan yang baru.

Hal ini sebenarnya jarang terjadi pada merek ternama, tapi untuk amannya saja, pastikan ada garansi resminya.

4. Banyak Service Center

Beli merek rice cooker, magic com, atau magic jar yang memiliki tempat service banyak, atau setidaknya yang terdekat di kota kita berdomisili. Ini cukup penting karena saat masa garansi habis dan terjadi kerusakan, kita tidak perlu bingung mencari tempat service. 

5. Lihat Daya Listrik

Lihat juga sistem kerja dan daya listrik alat. Ada jenis rice cooker, magic com, atau magic jar yang bagus dan hemat listrik, walau biasanya sedikit lebih mahal.

Daya listrik ini erat sekali kaitannya dengan tagihan listik bulanan, agar tidak membengkak. Dengan membayar sedikit lebih mahal, namun dengan keuntungan jangka panjang seperti menghemat tagihan listrik, kenapa tidak?

Tapi pastikan juga budget yang tersedia cukup dan tidak memotong budget untuk kebutuhan rumah tangga lainnya.

Kesimpulan

Ketika memilih rice cooker, magic com, atau magic jar, maka harus disesuaikan ukuran dan daya listrik yang dipakai untuk memasak atau menghangatkan.

Jika dalam 1 keluarga anggotanya cukup banyak maka belilah yang ukuran 2 liter agar cukup untuk sekali masak dalam sehari. 

Membeli penanak nasi yang ukurannya kecil, dengan anggota keluarga banyak, akan membuat proses menanak nasi menjadi berulang kali dalam sehari, dan ini dapat menyedot daya listrik cukup besar.

Tentunya akan mempengaruhi tagihan listrik di akhir bulan. Soal harga, perlu diakui juga, semakin mahal harga penanak nasinya, maka semakin baik kualitasnya.

Pernyataan ini ada benarnya, karena penanak nasi yang bagus terbuat dari bahan panci anti lengket, anti gores dan anti pecah. Ini yang umumnya menjadi fitur utama penanak nasi yang lebih mahal.

Nah, semoga artikel ini bisa membantu untuk menentukan mana produk penanak nasi yang paling sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Jangan lupa untuk merawatnya setiap kali selesai pemakaian, agar awet, ya.

Like us!

Komentar