Diperbaharui pada Kamis, 26 Maret 2020 | 20:30

Laptop Hilang? Lacak Pake Aplikasi Ini!

Tidak ada orang yang mau kehilangan laptopnya, baik itu akibat kelalaian ataupun akubat kecurian. Tidak hanya kerugian materi saja, tapi kita juga akan mengaalami kerugian lebih jauh karena kita juga akan kehilangan data-data yang ada didalamnya.

Siapa yang bisa mengelak kalau kita sering menyimpan data penting di laptop? Tentu tidak banyak, dengan kapasitas penyimpanan yang besar, kesempatan untuk menyimpan banyak data juga lebih besar.

Memang, risiko dari kehilangan laptop bisa dibilang lebih kecil dari kehilangan hp, mengingat dengan ukurannya yang besar, maka kita akan tidak mudah melupakannya. Tapi, bagaimana kalau suatu saat kita dibegal di jalan atau rumah disatroni maling dan si maling menggondol laptop kita?

Dengan ancaman yang seperti ini, pastinya akan membuat kita merasa cemas dan bingung harus berbuat apa. Apa yang mesti kami lakiukan?

Cara Melacak Laptop yang Hilang

Kita sudah cukup sering membicarakan cara menemukan hp hilang tanpa atau dengan memanfaatkan aplikasi, bahkan kita bisa memfoto si pelaku dengan memanfaatkan aplikasi khusus yang memberi layanan ini ketika hp hilang. Untuk mengetahui cara melacaknya, kamu bisa melihat link artikel di bawah ini.

Tapi apakah laptop hilang juga bisa ditemukan kembali? Tentu bisa. Memang risiko kehilangan laptop lebih kecil dari hp, mengingat ukurannya yang besar. Tapi risiko kehilangan laptop lebih disebabkan oleh aksi kriminalitas seperti pencurian atau perampokan.

Jika jika suatu saat mengalami pencurian atau perampokan yang membuat laptop hilang. Lakukan cara melacak laptop yang hilang ini, dijamin mudah dan cepat:

1. Mengenal Aplikasi Prey

prey

Di sini kami menyarankan kamu untuk menggunakan aplikasi Prey untuk melindungi kamu dari kehilangan laptop. Aplikasi pelacak laptop bernama Prey ini tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS X, Android, iOS, Linux, bahkan Ubuntu.

Prey dapat kamu gunakan secara gratis, tetapi hanya bisa digunakan untuk 3 perangkat dan hanya bisa memakai fitur utama saja. Jika merasa aplikasi ini sangat bermanfaat atau cocok, kamu bisa meng-upgradenya ke paket perlindungan lain dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 65.000 per bulan untuk paket personal, serta sekitar Rp 200.000 per bulan untuk paket home.

Untuk pelaku bisnis juga bisa menggunakannya dengan harga yang bisa dicustom berdasarkan jenis perlindungan yang digunakan.

2. Regristrasi atau Daftar Akun Prey

prey

Aplikasi ini akan membutuhkan sejumlah data kamu untuk bisa dilindungi. Untuk menjadikan laptop kamu terlindungi oleh aplikasi Prey. Kamu perlu melakukan pendaftaran akun Prey dulu. di Login, lalu pilih "don't have an account". Kamu juga bisa mendaftar dengan akun Facebook atau Twitter kamu.

3. Download Aplikasi Prey

prey

Setelah itu, kamu perlu mendownload aplikasi Prey ke komputer kamu. Caranya adalah dengan menekan tombol plus (di samping tulisan Your Devices) lalu pilih OS perangkat yang kamu gunakan.

4. Install Aplikasi Prey

prey

Setelah itu, lakukan install aplikasi Prey. Aplikasi Prey menyediakan berbagai tool yang diperlukan untuk membantu kamu menemukan laptop yang hilang dengan mudah melalui kontrol panel pada website.

Dengan begini, kamu dapat melihat lokasi laptop kamu yang hilang dengan jelas. Selain itu, kamu juga dapat mengunci serta mencegah pencuri bisa mengakses laptop kamu.

5. Lakukan Login Pada Aplikasi

prey

Setelah itu, aplikasi Prey akan meminta kamu untuk memilih apakah menggunakan akun baru atau aun yang sudah ada. Karena tadi sudah mendaftar, maka kamu tinggal pilih "existing user", lalu login dengan memasukkan email dan password yang terdaftar.

6. Keberadaan Laptop Sudah Bisa Ditemukan

prey

Setelah itu, posisi laptop kamu langsung bisa di-track oleh aplikasi ini. Satu lagi, aplikasi ini juga memberikan alamat lengkap dari keberadaan laptop kamu. Semuanya bisa kamu lihat dengan membuka browser dan membuka situs Prey dan login menggunakan akun pribadi kamu.

Kamu bisa memanfaatkan sejumlah fitur seperti membunyikan alarm, memberikan pesan kepada si pencuri, mengunci laptop kamu, menghapus data, dan menyelamatkan data file kamu. Kedua layanan terakhir bisa digunakan jika kamu menggunakan versi berbayar dari Prey. Sangat mudah bukan cara melacak laptop hilang ini?

Laptop Pasti Aman

Itulah cara melacak laptop yang hilang dengan menggunakan aplikasi Prey. Aplikasi ini keren bukan? Namun, tentunya kita berharap tidak akan mengalami kehilangan laptop. Selalu waspada dan jaga laptop kamu baik-baik adalah kuncinya. Jika kamu punya cara melacak laptop yang hilang lain seperti dicuri? Silakan komentar atau share kepada kami caranya.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1633 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.