Tips Menjaga Kualitas Laptop Bagi Pemula

Tips Menjaga Kualitas Laptop Bagi Pemula

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 29 Des 2015 | 15:35

Laptop menjadi perangkat yang diburu di musim liburan. Untuk membantu kamu yang baru memiliki laptop baru, Pricebook sajikan beberapa tips untuk pemula guna meningkatkan kualitas laptop.

Hati-hati dalam men–charge

Mungkin ini adalah yang sepele. Namun, bagi pemula disarankan untuk berhati-hati dalam mengisi ulang power laptop. Perhatikan saat memasang dan mencabut colokan charger laptop, pasalnya lubang charge terhubung langsung ke motherboard.

Maka selalu lepas dan pasang charger ke laptop dengan lembut sehingga tidak merusak konektor yang ada di dalamnya. Selain itu, sebaiknya selalu gunakan charger bawaan laptop karena setiap charger memiliki tegangan yang berbeda. Bila kamu salah menggunakan charger bisa-bisa motherboard dan power supply laptopmu akan rusak.

Jangan Gunakan laptop di atas kasur tempat tidur

Hal ini sering dilakukan oleh anak-anak ataupun pengguna orang dewasa. Laptop memiliki lubang ventilasi dibagian bawah. Maka bila laptop diletakkan di atas kasur yang memiliki permukaan yang lembut, lubang ventilasi bisa tertutup. Maka selalu gunakan laptop dipermukaan yang keras seperti meja, agar aliran udara bisa melewati celah dan mendinginkan mesin laptop.

Matikan laptop dan cabut baterai

Bila makanan atau tumpahan minuman, sebaiknya segera matikan laptop atau cabut baterai. Keringkan laptop selama 24 lebih jika tumpahannya cukup banyak.

Baca juga: Laptop Terbaru Layak Tunggu di Tahun 2016

Bersihkan layar

Layar laptop menjadi bagian yang penting. Kamu bisa membersihkan layar laptop agar kamu bisa bekerja dan bermain dengan laptop lebih baik. Namun, kamu harus hati-hati dalam menggunakan laptop. Sebaiknya jangan sembarang gunakan cairan pembersih untuk layar. Pasalnya, layar saat ini dibekali anti gores dan fitur lainnya yang sensitive terhadap cairan.

Pasang Anti VirusBila kamu selalu menggunakan laptop untuk browsing dan bermain game online atau kegiatan lain yang terhubung dengan internet, sebaiknya segera pasang anti virus. Anti virus dalam laptop cukup penting untuk mengamankan program dan sistem dari virus, malware hingga spyware.

Update selalu Windows

Microsoft selalu merilis update sistem operasi setiap minggunya. Dalam update tersebut, Microsoft biasanya tawarkan perbaikan baik sistem dan keamanan. Kamu bisa mulai mengupdate sistem sehingga performa laptopmu semakin baik.

Baca juga artikel
Ini Dia Game Apple of The Year 2015
Razer Leviathan Mini, Speaker Bluetooth Bersuara Super
Microsoft Surface Pro 4 Versi Update Resmi Dirilis

Artikel Lainnya

Komentar