6 Fitur di  Android Marshmallow yang Buat Kinerja Ponsel Makin Canggih

6 Fitur di Android Marshmallow yang Buat Kinerja Ponsel Makin Canggih

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 17 Nov 2015 | 17:00

Beberapa waktu lalu, Google memang telah resmi menghadirkan sistem operasi terbaru Android 6.0 Marshmallow. Ini memang merupakan update dari Android Lollipop yang sebelumnya hadir dengan visual yang cukup baik. Dalam Android 6.0, Google ternyata menawarkan lebih banyak fitur dan lebih banyak pengembangan dibanding lollipop.

Seiring dengan update Android Marshmallow yang sudah berjalan di beberapa perangkat, ternyata masih banyak pengguna yang belum memahami fitur-fitur ada. Bahkan masih ada beberapa fitur yang jarang diketahui. Penasaran apa saja fitur tersebut, berikut ulasannya.

Voice Control dari Lock Screen

Banyak yang belum tahu bahwa kamu bisa menggunakan voice Control meski smartphone Android Marshmallow dalam kondisi layar terkunci. Pada sistem Lollipop, kamu akan menemukan pilihan ponsel panggilan di bagian pojok bawah kiri. Dalam OS Marshmallow, bagian tersebut digantikan oleh Google Now. Kamu cukup slide bagian ini dan kamu praktis bisa langsung menggunakan voice control.

USB Type C

Bila smartphone Android 6.0 milikmu dibekali fitur USB Type C, kamu kini bisa menggunakan smartphonemu untuk memindahkan data dan mengisi baterai dengan cepat. Kamu bahkan bisa mengisi baterai smartphonemu dengan USB Type C ke komputer atau laptop. Perangkatmu bahkan bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone lainnya.

Mengecek memory ponsel

Dalam Marshmallow, kamu akan menemukan bagian baru di menu pengaturan yakni Memory. Dalam bagian memori ini akan menghadirkan bagian RAM smartphonemu lebih detail sehingga kamu bisa mengetahui aplikasi mana yang boros memori dengan lebih mudah.

Baca juga: Google Maps Android kini Bisa Digunakan Offline, Ini Caranya!

Sistem UI tuner

Ini merupakan fitur yang cukup dinantikan banyak pengguna Android. Dengan fitur ini, kamu bisa mengubah setting status bar, Notification panel dan sistem UI lainnya dengan mudah.

Mengosongkan cache

Membersihkan cache dalam OS Marshmallow terbilang mudah. Kamu hanya cukup menggunakan beberapa kali tap. Pada bagian Setting menu sudah terdapat bagian clear cache. Caranya, masuk ke setting-storage and usb-cached data.

Mengganti aplikasi default

Dalam marshmallow kamu bisa mengganti aplikasi bawaan smartphone dengan mudah. Kamu bisa mengganti browser bawaan, sms bawaan dan aplikasi default lainnya. Caranya masuk ke Settings-applications dan kamu bisa mengganti sesuai selera.

 

Baca juga artikel

Tahukah Kamu? Google Now Voice Search Dibekali Fitur MultiBahasa

Google Play Dapat Update Support Fingerprint Authorization

Google Voice Search Hadir Lebih Cepat dan Lebih Akurat

Artikel Lainnya

Komentar